Campusnesia.co.id - Pekalongan (06/08/2024) – Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2023/2024 menyelenggarakan pengenalan dan pemanfaatan digital marketing dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi AI kepada beberapa pelaku usaha di Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan tersebut, dilaksanakan dengan menemui langsung pelaku usaha mulai dari BUMDES hingga para pelaku UMKM. Kegiatan tersebut dilakukan dari tanggal 29 Juli 2024 hingga tanggal 5 Agustus 2024. Pada kesempatan tersebut, dikenalkan adanya teknologi terbaru yang dapat menunjang kegiatan perekonomian para pemilik usaha yakni artificial intelligence atau kecerdasan buatan oleh Devian Rozaan Zadid, mahasiswa program studi ekonomi.
Teknologi AI memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat tergantung cara pemanfaatannya. Salah satu cara memanfaatkan teknologi AI agar dapat memberikan pengaruh positif di masyarakat yaitu dengan menggunakan AI untuk menunjang kegiatan perekonomian mereka. Terdapat banyak cara penggunaan AI untuk digunakan pada kegiatan perekonomian, salah satunya pada kegiatan pemasaran sebuah kegiatan bisnis. Tidak dipungkiri di era digital ini, kehadiran online bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keharusan bagi setiap bisnis. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan bisnis di era digital dapat dengan memanfaatkan teknologi AI untuk kegiatan pemasaran mereka. Oleh karena itu, penting bagi seorang pebisnis untuk mengetahui bagaimana teknik marketing secara online dan juga penggunaan AI dalam kegiatan pemasaran mereka.
Konsumen saat ini menghabiskan banyak waktu mereka di internet, mencari informasi, terhubung dengan brand, dan melakukan pembelian. Di sinilah peran digital marketing menjadi penting. Sebagai pembuka, Devian selaku narasumber mengenalkan teknik marketing secara online. Pengenalan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kemampuan para pelaku bisnis di Desa Kedungjaran dalam memasarkan produk dan jasa mereka secara online. Dalam kegiatan ini, Devian selaku narasumber memberikan materi tentang berbagai strategi digital marketing, seperti penggunaan media sosial, SEO, dan email marketing. Selain itu, para mahasiswa juga mengenalkan teknologi AI yang dapat membantu para pelaku usaha UMKM dalam mengoptimalkan strategi digital marketing mereka.
Kegiatan pengenalan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha di Desa Kedungjaran untuk meningkatkan daya saing mereka di era digital. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengetahuan masyarakat tentang teknologi harus terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi itu sendiri. Mari mulai memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendapatkan hidup yang lebih sejahtera!!
Oleh :
Devian Rozaan Zadid
Editor :
Achmad Munandar
Achmad Munandar