Peningkatan Kesehatan Melalui Edukasi: Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Gencarkan Pelatihan Cuci Tangan dan APD di Desa Bendo

 

Campusnesia.co.id - Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen (29/07/2024), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, Danisha Humaira dari jurusan Kedokteran Umum dibawah bimbingan Bu Riza Susanti, S.T., M.T melaksanakan kegiatan pelatihan praktis cuci tangan dan pemakaian APD yang bertujuan untuk mengurangi risiko penyakit dalam pengolahan sampah. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesehatan saat melakukan aktivitas pengolahan sampah. Dalam Kegiatan ini mahasiswa mengajarkan teknik-teknik dasar cuci tangan yang baik dan benar serta penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) secara efektif.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN memberikan sesi pelatihan praktis cuci tangan dan pemakaian APD kepada ibu-ibu PKK di Balai Desa Bendo. Pelatihan ini melibatkan praktik langsung di lapangan mengenai Teknik cuci tangan yang benar serta pemakaian APD. Selain itu, terdapat penyampaian mengenai bahaya penyakit yang dapat ditularkan melalui tangan yang kotor serta penjelasan mengenai jenis-jenis APD yang sesuai untuk pengolahan sampah, seperti sarung tangan dan masker. 

Peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka aktif dalam melaksanakan praktik langsung tentang teknik cuci tangan dan penggunaan APD yang benar. “Kami senang dengan pemaparan materi yang sangat bermanfaat dan harapannya nanti kami bisa menyampaikan pengalaman yang kami dapatkan hari ini ke warga Desa Bendo lainnya, ” ujar salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan praktis mengenai cuci tangan dan APD untuk mengurangi risiko penyakit dalam pengolahan sampah di Desa Bendo berjalan dengan sukses dengan dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah desa dan masyarakat Desa Bendo. Para peserta diberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kebersihan dan keselamatan kerja. 

Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan KKN kali ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan kebersihan lingkungan.



Penulis : 
Danisha Humaira

Editor:
Achmad Munandar
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon