Mahasiswa KKN Undip Tim II 2024 Berikan Edukasi Mengenai Sanitasi Kandang Dengan Melakukan Penyemprotan Desinfektan Guna Mencegah Penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Kelurahan Cangakan



Campusnesia.co.id - KKN TIM II Tahun 2024 Universitas Diponegoro melakukan pendampingan sanitasi kandang kambing di Kelurahan Cangakan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Cangakan, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar (Sabtu, 20 Juli 2024). Kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan wujud pengabdian kepada Masyarakat khususnya untuk kelompok peternak di Kelurahan Cangakan. 

Kandang Kambing yang berada di Kelurahan Cangakan masih menggunakan model kandang tradisional. Kandang tersebut kebersihannya kurang diperhatikan, sehingga dapat mengganggu kesehatan ternaknya dan menimbulkan pencemaran lingkungan. Kandang yang berada di RT 03/ RW 09 tersebut memiliki jarak yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

Standar minimal dari pendirian kandang adalah 500 M sampai 1 KM dari pemukiman. Pendirian kandang yang dekat dengan pemukiman dapat menyebabkan sumber pencemaran dan penyebaran penyakit. Maka dari itu, sejalan dengan protokol dan standar yang telah ditetapkan, mahasiswa KKN yang bernama Najla Martiza dari jurusan Peternakan Angkatan 2021 memberi edukasi akan pentingnya sanitasi kandang dengan penyemprotan desinfektan dan memberi edukasi mengenai penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku).
       
Maraknya kasus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia dikarenakan masih kurangnya pengetahuan peternak akan pentingnya sanitasi. Ciri-ciri dari penyakit PMK yang dialami pada ternak ruminansia umumnya demam, luka lepuh, pincang, penurunan berat badan, air liur mengalir banyak dan infeksi bakteri. Penyakit tersebut jelas merugikan para peternak, khususnya bagi peternakan kecil di Kelurahan Cangakan. 


Oleh karena itu, dilakukan materi sanitasi dan materi sosialisasi mengenai penyakit PMK. Materi sanitasi dilakukan dengan melakukan penyemprotan kandang menggunakan desinfektan yang berbahan aman bagi kandang ternak, sedangkan materi sosialisasi mengenai penyakit PMK dilakukan dengan penjelasan dengan metode leaflet

Dengan adanya sanitasi kadang dapat menjamin ternak lebih sehat dan mencegah bibit penyakit. Selain itu dilakukan pembagian cairan desinfektan dan seprotan desinfektan kepada kelompok peternak. Kelompok peternak di Kelurahan Cangakan pun menyambut baik program ini, karena beberapa peternak mengaku malas dalam hal sanitasi kandang.


Penulis: 
Mahasiswa Jurusan Peternakan
Fakultas Peternakan dan Pertanian

KKN TIM II 2024, Kelurahan Cangakan
Kecamatan Karanganyar, Kelurahan Karanganyar

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon