Mahasiswa KKN Undip Tim II 2024 Berikan Pelatihan Pembuatan Mineral Blok dan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Mineral bagi Tubuh Ternak



Campusnesia.co.id - KKN TIM II Tahun 2024 Universitas Diponegoro melakukan pelatihan dalam pembuatan mineral blok dan sosialisasi mengenai pentingnya mineral bagi tubuh ternak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Cangakan, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar (Sabtu, 20 Juli 2024). Kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan wujud pengabdian kepada Masyarakat khususnya untuk kelompok peternak di Kelurahan Cangakan. 

Kekurangan mineral bagi ternak dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan bagi ternak. Masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kekurangan mineral bagi tubuh ternak diantaranya adalah nafsu makan menurun, pertumbuhan terhambat, masalah reproduksi, dan penurunan daya tahan tubuh. Kekurangan mineral tersebut jika dibiarkan akan mengakibatkan kerugian ekonomi bagi pelaku usaha peternakan. 

Kurangnya pengetahuan mengenai manfaat mineral bagi tubuh ternak menjadi penyebab beberapa ternak memiliki bobot badan kurang standar dan kurangnya efisiensi pakan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2024 mengadakan pelatihan pembuatan mineral blok dan sosialisasi mengenai pentingnya mineral bagi tubuh ternak di salah satu rumah peternak tepatnya di Kelurahan Cangakan RT 03/RW 09 pada tanggal 20 Juli 2024 guna memaparkan kepada para peternak akan pentingnya mineral bagi tubuh ternak. 


Saat menjelaskan dan demonstrasi pelatihan pembuatan mineral blok, mahasiswa juga menjelaskan bahan-bahan dan manfaat mineral blok. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mineral blok yaitu garam, semen putih, ultra mineral, molase, dan air secukupnya dengan perbandingan 4:1:1:1. Kemudian, manfaat mineral untuk ternak yaitu meningkatkan pertumbuhan ternak, produksi daging, reproduksi, dan imunitas. 


Selain melakukan demonstrasi pembuatan mineral blok, mahasiswa juga membagikan beberapa mineral blok yang sudah jadi kepada beberapa peternak untuk diberikan kepada hewan ternak. Sosialisasi dihadiri oleh beberapa pengelola kandang ternak di Kelurahan Cangakan dan penjelasan dilengkapi dengan penjelasan melalui poster yang turut dibagikan kepada para peserta.



Penulis: 
Mahasiswa Jurusan Peternakan
Fakultas Peternakan dan Pertanian

KKN TIM II 2024, Kelurahan Cangakan
Kecamatan Karanganyar, Kelurahan Karanganyar

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon