Dari Tidak Rapi ke Terstruktur, Mahasiswa Undip Sukses Berikan Solusi Kearsipan di Balai Desa Bendo

 


Campusnesia.co.id - Untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip di Balai Desa Bendo, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (Undip) Tahun 2022/2023 melaksanakan kegiatan pengenalan dan pendampingan terkait kearsipan kepada para pengelola arsip di Ruang Sekretaris Desa, Balai Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen pada Rabu (31/07/2024). Kegiatan ini diikuti oleh empat pengelola arsip, yaitu Bapak Nanang sebagai Sekretaris Desa, Bapak Slamet sebagai pengelola arsip Tata Usaha Desa, Ibu Yunita sebagai pengelola arsip Keuangan Desa, dan Ibu Siti sebagai pengelola arsip Perencanaan Pembangunan Desa.

Pendampingan dilakukan berdasarkan modul yang disusun oleh Alifah Humaira, seorang mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2023/2024 bimbingan Ibu Riza Susanti, S.T., M.T. dari program studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Modul tersebut mencakup berbagai aspek pengelolaan arsip, khususnya kategori arsip dinamis baik yang masih aktif maupun inaktif. Selain memberikan panduan, mahasiswa dan para pengelola arsip juga melakukan sesi tanya jawab mengenai berbagai aspek kearsipan untuk memastikan pemahaman yang baik.

Keberhasilan kegiatan ini diukur dari tingkat pemahaman dan antusiasme para pengelola arsip di Balai Desa Bendo dalam mengelola arsip dasar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pengelolaan arsip di Balai Desa Bendo dapat menjadi lebih efektif dan efisien, serta dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi pengelolaan arsip desa.

“Saya merasa terbantu dengan adanya materi serta pendampingan yang diberikan karena di Balai Desa Bendo sendiri masih belum tersusun secara rapi dan detail sesuai dengan standar. Semoga kedepannya bisa diterapkan untuk kebaikan di Balai Desa Bendo,” Ucap Ibu Yunita.

 
Demikian ulasan program “Optimalisasi Pengelolaan Arsip” yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2022/2023 di Balai Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon