Pasardesaku.com Platform Listing UMKM Desa Tegalharjo Pati Inovasi Promosikan Usaha Kecil Lewat Website

 


Campusnesia.co.id - Di tengah kemudahan berjualan di toko online, hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha adalah kebijakan bisnis toko online yang bisa tiba-tiba berubah. Kita harus belajar dari apa yang dialami TikTok Shop atau perubahan besaran biaya admin di Shopee. Idealnya memang setiap pemilik usaha punya website toko onlinenya masing-masing sebagai toko utama.

Namun membangun toko online bukanlah hal yang mudah, membuat websitenya adalah satu hal, mendatangkan pengunjung hal berikutnya dan merawat adalah tantangnya lainnya.

Ngomongin jual beli online bagi warga desa bahkan belum semua pemilik usaha dan jasa paham akan hal itu. Apalagi harus membuat toko di toko online seperti Tokopedia, Shopee apalagi membuat website toko online sendiri.

Berbekal latar belakang tersebut, Nandar warga Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Jawa Tengah mencoba membuat sebuah proyek sosial platform listing UMKM bernama Pasardesaku.com yang sudah sejak Juni 2020 lalu saat pandemi coba ia rintis.

Tahap awal proyek ini sederhana yaitu membuat data direktori warga yang punya usaha baik memproduksi barang, menjual barang atau membuka jasa tertentu, kemudian menyusunnya jadi sebuah listing sehingga mudah ditemukan dan dicari lewat internet.

Visi jangka panjangnya, platform Pasardesaku.com bisa menjadi tempat jual beli bagi warga desa dengan warga desa lainnya juga jadi tempat untuk sharing tentang tips dan trik mengembangkan usaha khususnya UMKM. Dari hal yang sederhana bagaimana membuat kemasan yang menarik, tips berjualan, tips mengatur keuangan dan sebagainya dalam bentuk artikel, podcast audio dan video.

"Warga yang punya usaha bisa mendaftarkan diri dan kami tampilkan di website dalam bentuk listing secara gratis tidak dikenakan biaya, untuk transaksi bisa memilih mencantumkan nomor telpon, whatsapp dan sosial media atau bisa juga sistem datang langsung mempertimbangkan kesiapan dan keamanan jual beli bagi warga juga"
 jelas Nandar saat dihubungi Campusnesia.

Walau secara teknologi masih sangat sederhana, kehadiran platform listing UMKM Pasardesaku.com bisa dibilang sebuah terobosan mengingat hal serupa belum dimiliki oleh desa lain di Kecataman Trangkil bahkan mungkin Kabupaten Pati. 

Sobat yang penasaran bisa mengunjungi situsnya di sini Pasardesaku.com, demikian postingan kita kali tentang  Pasardesaku.com Platform Listing UMKM Desa Tegalharjo Pati Inovasi Promosikan Usaha Kecil Lewat Website, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Mumun

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon