Review Drama Korea The Whirlwind Tentang Intriks Politik dan Strategi Politikus Mempertahankan Kekuasaan

 


Campusnesia.co.id - Netflix baru saja merilis sebuah series terbatas drama asal korea selatan berjudul The Whirlwind berjumlah 12 episode yang sudah tayang semua sejak 28 Juni 2024 kemarin dan bisa dinonton secara marathon. Jika sobat suka tipikal drama tentang politik dan hukum seperti The Secret Forest maka saya yakin The Whirlwind akan sangat sobat sukai karena penuh dengan plot twist dan layers of conflict yang berlapis.

Drama ini bercerita tentang karakter Park Dong-Ho mantan jaksa yang menjadi Perdana Menteri Republik Korea Selatan. Ia mati-matian berusaha naik jabatan jadi presiden untuk bisa memberantas korupsi, kolusi, nepotisme dan oligarki yang sudah mengakar bahkan tidak diberantas oleh sang presiden yang dulu dibantu menduduki kursi kekuasaan dengan menjadi juru kampanyenya.

Perjuangan Park Dong-Ho tidak mudah, ia harus beradu strategi politik untuk melawan banyak pihak sekaligus yaitu saingan utamanya sang mantan Wakil Perdana Menteri yang juga mengincar jabatan Presiden dengan sagala cara, oligarki konglomerasi yang punya uang tak berseri, penegak hukum yang korup serta politikus dari dalam partainya sendiri dan partai oposisi yang semua punya dosa masing-masing.

Intensitas drama yang dihadirkan sangat intens, sekian detik penonton dibawa pada suasana yang penuh harapan sang protagonis akan menang namun seketika dibalikan dengan langkah antagonis yang ternyata punya strategi lain. Demikian sebaliknya ketika sudah hopeless bakal kalah, ada saja langkah kuda oleh Park Dong-Ho untuk kembali menguasai keadaan dan menuju target yang ia kejar.

Berbeda dari darama kebanyakan The Whirlwinder dari awal tidak mebuat sang protagonis menjadi sosok malaikat yang tak tersentuh dosa. Dengan sadar ia menjalani semua skenarionya dengan membawa dirinya yang berlumuran darah dengan tujuan yang jelas Zero Sum Game, jika diperlukan jatuh bersama dengan musuhnya asal kepentingan nasional dan rakyat menang untuk menciptakan kehidupan bernegara yang adil dan sejahtera, naif memang tapi ya begitulah drama korea.

Naskah drama The Whirlwind ditulis oleh Park Kyung-Soo orang yang sama yang menulis skenario drama Punch yang juga bertema tentang pemberantasan korupsi dengan plot yang sangat menarik.

Sepanjang 12 episode yang dihadirkan saya bergumam dalam hati bahwa dalam beberapa hal nampaknya politik di Indonesia dengan segala strategi para politikusnya belum ada apa-apanya dibanding yang ditampilkan dalam drakor The Whirlwind. Sepertinya para politikus tanah air perlu menyempatkan diri nonton drama ini untuk mendapat inspirasi, tapi yang baik-baik saja ya karena banyak sekali fenomena-fenomena yang ditangkap dari realita dan sangat kejam.



Tentang drama korea politik The Whirlwind

Park Dong-Ho (Sol Kyung-Gu) adalah perdana menteri Korea Selatan. Dia ingin menghukum presiden korup, yang berkolusi dengan perusahaan milik keluarga berkuasa yang disebut chaebol, dan mengubah dunia politik. Untuk itu, Park Dong-Ho memutuskan untuk membunuh presiden. Jeong Su-Jin (Kim Hee-Ae) adalah wakil perdana menteri. Dia menghadapi Park Dong-Ho dan perselisihan politik yang sengit pun terjadi.


Pemeran drama korea politik The Whirlwind

Sol Kyung-Gu sebagai Park Dong-Ho 
Kim Hee-Ae sebagai Jeong Su-Jin
Kim Mi-Sook sebagai Choi Yeon-Sook
Kim Hong-Fa sebagai President Jang Il-Jun
In Gyu-Sik sebagai Kim Il-Hwan
Kim Young-Min sebagai Kang Sang-Un
Park Geun-Hyung sebagai  Chairman Kang
Choi Sung-Jae sebagai Kang Sang-Jin
Lim Se-Mi sebagai Seo Jeong-Yeon
Park Kyung-Chan sebagaiSeo Gi-Tae 
Kang Sang-Won sebagai Lee Man-Gil
Lee Hae-Young sebagai Han Min-Ho
Jeon Bae-Su sebagai Lee Jang-Seok
Jung Hae-Kyun sebagai Jeong Pil-Gyu
Kim Jong-Goo sebagai Park Chang-Sik
Jang Gwang sebagai Jo Sang-Cheon


Bagi sobat yang mau nonton langsungs aja ke Netflix, sangat rekomended selamat menikmati.


Penulis
Nandar



===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon