Penjelasan Ending dan Alur Cerita Film Godzilla Minus One



Campusnesia.co.id - Godzilla Minus One dalam bahasa Jepang: ゴジラ-1.0マイナスワン, Hepburn: Gojira Mainasu Wan adalah sebuah film epik kaiju Jepang 2023 kaiju film directed, written, and with visual effects by Takashi Yamazaki. Diproduksi oleh Toho Studios dan Robot Communications serta didistribusikan oleh Toho, merupakan film ke-37 dalam waralaba Godzilla, film Godzilla Toho ke-33, dan film kelima dalam waralaba era Reiwa.

Film ini dibintangi Ryunosuke Kamiki, Minami Hamabe, Yuki Yamada, Munetaka Aoki, Hidetaka Yoshioka, Sakura Ando dan Kuranosuke Sasaki. Pada film ini, Jepang pasca-perang harus berhadapan dengan kebangkitan Godzilla.

Setelah menyelesaikan film The Great War of Archimedes (2019), Yamazaki ditunjuk untuk membuat film Godzilla. Dia menghabiskan waktu tiga tahun menulis naskah cerita, mengambil pengaruh dari Godzilla (1954), Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out Attack (2001), Shin Godzilla (2016), dan film dari Steven Spielberg serta Hayao Miyazaki. Yamazaki sebelumnya menggambarkan Godzilla pada Always: Sunset on Third Street 2 (2007) dan wahana taman tema di Seibu-en di 2021. Pada Februari 2022, Robot mempublikasikan bahwa Yamazaki akan segera menyutradrai film kaiju. Syuting digelar di Kantō dan Chūbu dari Maret hingga Juni 2022. Efek visual dibuat oleh Shirogumi Chōfu studio selama delapan bulan.

Godzilla Minus One tayang perdana di Shinjuku Toho Building pada 18 Oktober 2023, dan dirilis di Jepang pada 3 November, untuk merayakan ulang tahun ke-70 waralaba ini. Toho International kemudian merilis film ini di Amerika Utara pada 1 Desember. Film ini telah mendapatkan penghasilan kotor lebih dari US$107 juta secara global dengan bujet US$10–12 juta, menjadi film Jepang dengan pendapatan terbesar kelima tahun 2023 dan melewati Shin Godzilla sebagai film Godzilla Jepang paling sukses. 

Film ini menerima ulasan bagus untuk efek visual, penyutradaraan, jalan cerita, karakter, skor musik dan komentar sosial, dan dielukan sebagai salah satu film terbaik tahun 2023 dan film terbaik pada waralaba Godzilla. Film juga mendapatkan banyak penghargaan, termasuk 12 nominasi pada 47th Japan Academy Film Prize (memenangkan delapan), tiga nominasi pada 17th Asian Film Awards (memenangkan dua), dan memenangkan Efek visual terbaik pada Academy Awards ke-96.


Pemeran Film Godzilla Minus One 
Ryunosuke Kamiki sebagai Kōichi Shikishima, mantan pilot kamikaze

Minami Hamabe sebagai Noriko Ōishi, pacar Shikishima

Yuki Yamada sebagai Shirō Mizushima, kru muda diatas kapal Shinsei Maru

Munetaka Aoki sebagai Sōsaku Tachibana, mantan teknisi Penerbangan Angkatan Laut

Hidetaka Yoshioka sebagai Kenji Noda, mantan teknisi senjata angkatan laut

Sakura Ando sebagai Sumiko Ōta, tetangga Shikishima

Kuranosuke Sasaki sebagai Yōji Akitsu, kapten kapal Shinsei Maru

Sae Nagatani sebagai Akiko, anak adopsi Ōishi dan Shikishima

Mio Tanaka sebagai Tatsuo Hotta, kapten dari kapal perusak Yukikaze

Yuya Endo sebagai Tadamasa Saitō


Kru Film Godzilla Minus One 
Takashi Yamazaki – sutradara, penulis naskah, supervisor efek visual

Kiyoko Shibuya – pengatur efek visual

Kōhei Adachi – asisten sutradara

Nariyuki Ueda – pencahayaan

Anri Jojo – pengatur seni

Masahiro Ishiyama – tata warna

Shō Funahashi – pengatur efek visual bersama

Masaki Takahashi – pengatur CG

Tatsuji Nojima – kompositor dan perancang efek lautan

Kosuke Taguchi – pembuat model Godzilla

Hisashi Takeuchi – rekaman suara

Natsuko Inoue – efek suara




Plot Film Godzilla Minus One dan Penjelasan Ending 
Pada tahun 1945, di penghujung Perang Dunia 2, pilot kamikaze Kōichi Shikishima mendaratkan pesawat Mitsubishi A6M Zero-nya di sebuah pangkalan udara Jepang di Pulau Odo. Kepala mekanik Sōsaku Tachibana menyimpulkan bahwa Shikishima telah kabur dari tugasnya dengan berpura-pura mengalami kerusakan teknis. 

Pada malam itu, Godzilla, seekor mahkhluk besar seperti dinosaurus, menyerang garnisun. Shikishima terperangah dan tidak bisa membawa dirinya untuk menembak monster itu dari pesawatnya dan kemudian pingsan. Tachibana, satu-satunya penyintas lainnya dari serangan itu, menyalahkan Shikishima karena gagal untuk bertindak.

Shikishima pulang ke rumah dan menemukan bahwa orangtuanya telah terbunuh dalam Pemboman Tokyo. Dihantui rasa bersalah karena selamat, dia mulai membantu seorang wanita, Noriko Ōishi, yang orangtuanya juga tewas dalam pemboman, dan seorang anak bayi yatim piatu, Akiko, yang diselamatkan oleh Noriko, dan mendapat pekerjaan diatas sebuah kapal penyapu ranjau dengan tugas membersihkan ranjau laut bekas Perang Dunia kedua. 

Sementara itu, Godzilla bermutasi dan diberi kekuatan oleh tes nuklir di Bikini Atoll; dia menenggelamkan USS Redfish dan menghancurkan beberapa kapal lainnya dalam perjalanan ke arah Jepang. Karena ketegangan dengan Uni Soviet, pihak Amerika tidak memberikan pertolongan untuk beberapa kapal Imperial Japanese Navy yang dilucuti yang disetujui Jenderal Douglas MacArthur. Pemerintah Jepang, khawatir akan menimbulkan kepanikan, tidak memberikan peringatan kepada masyarakat mengenai bahaya ini.

Pada Mei 1947, Shikishima dan kru kapal penyapu ranjaunya berlayar menuju ke Kepulauan Ogasawara dan ditugaskan untuk mencegah Godzilla mendekat ke Jepang. Mereka melepaskan sebuah ranjau ke arah mulut Godzilla dan meledakannya, mengakibatkan kerusakan yang cukup besar, namun dengan cepat menyembuhkan diri. Kapal heavy cruiser Takao kemudian menyerang Godzilla, tapi kemudian dihancurkan oleh sinar panas Godzilla. 

Setelah kembali ke Tokyo, Shikishima memberitau Noriko mengenai pertemuannya dengan Godzilla. Beberapa hari kemudian, Godzilla menyebabkan longsor di Jepang dan menyerang Ginza, tempat dimana Noriko bekerja. Noriko selamat dari serangan awal dan bertemu dengan Shikishima. Marah karena serangan tank, Godzilla menghancurkan sebagian besar distrik dengan sinar panasnya, membunuh belasan ribu orang. Noriko terperangkap dalam ledakan dan dikira tewas. Hancur akibat kehilangan, Shikishima ingin membalas dendam.

Frustasi karena pemerintah tidak bertindak, salah satu kru kapal penyapu ranjau, mantan teknisi angkatan laut Kenji Noda, membuat rencana untuk menghancurkan Godzilla dengan mengumpannya ke Teluk Sagami sebelum mengepungnya dengan tangki Freon dan memecahnya, menurunkan level air dan menenggelamkannya, dan membiarkan tekanan air menghancurkannya. 

Jika rencananya gagal, balon akan dikembangkan dibawah Godzilla untuk memaksanya mundur, dan membunuhnya melalui ledakan dekompresi. Untuk menjalankan rencananya, Noda merekrut veteran angkatan laut untuk melucuti kapal perusak IJN. Shikishima juga merekrut Tachibana untuk memperbaiki pesawat tempur Kyushu J7W Shinden yang rusak. Dia berencana membunuh Godzilla dengan serangan bunuh diri dengan cara terbang ke arah mulutnya dan meledakkan bom. Dia meninggalkan Akiko dalam perawatan tetangganya Sumiko sebelum Godzilla kembali.

Saat Shikishima mengumpan Godzilla ke arah jebakan yang diatur oleh dua kapal perusak, Sumiko menerima telegram untuk Shikishima. Godzilla selamat dari penerjunan awal dan melepaskan diri sebelum dipaksa untuk mundur, mengalami cedera serius hasil dari induksi dekompresi, barotrauma. Dengan bantuan armada tugboat, kapal menarik Godzilla ke permukaan. 

Godzilla yang marah bersiap untuk menghancurkan semua kapal dengan sinar panasnya, namun Shikishima menabrakan pesawatnya ke mulutnya dan menghancurkan bagian kepalanya, membuat energi dari sinar panas menghancurkan badannya. Kru merayakan saat Shikishima melontarkan diri sebelum ledakan dan terjun dengan parasut, setelah mengingat bahwa Tachibana menunjukkannya kursi pelantor yang dipasangnya pada Shinden, dan memohonnya untuk melepaskan rasa bersalah dan hidup kembali.

Saat kembali ke rumah, Sumiko memberi Shikishima telegramnya, yang membawanya ke rumah sakit dan bertemu kembali dengan Noriko, yang selamat dari kerusakan namun memiliki bekas tanda luka di lehernya. Sementara itu, potongan daging Godzilla mulai tumbuh kembali saat mulai tenggelam ke lautan.



Penghargaan yang diperoleh Film Godzilla Minus One 
Godzilla Minus One memenangkan Efek visual terbaik pada Academy Awards ke-96. Merupakan film Godzilla pertama yang dinominasikan untuk Academy Award dan Film Jepang pertama yang menerima nominasi pada kategori tersebut, dengan Yamazaki juga menjadi sutradara pertama sejak Stanley Kubrick (untuk 2001: A Space Odyssey di 1969) yang dinominasikan dan menang pada kategori itu dan membuat Shibuya menjadi wanita kulit berwarna pertama yang dinominasikan dan menang untuk kategori Efek visual terbaik. Pada Austin Film Critics Association Awards ke-19, film ini dipilih sebagai film terbaik keenam sepanjang 2023 dan memenangkan penghargaan untuk Film Internasional terbaik.

Film ini menerima tiga nominasi pada Asian Film Awards (memenangkan dua; Visual efek terbaik dan Tata suara terbaik), empat Blue Ribbon Awards (memenangkan tiga; Film terbaik, Pemeran pria terbaik untuk Kamiki, dan Pemeran pendukung wanita terbaik untuk Hamabe), empat Hōchi Film Awards (memenangkan Sutradara terbaik untuk Yamazaki), enam Mainichi Film Awards (memenangkan Pengarahan seni terbaik untuk Anri Jojo), dan empat Seattle Film Critics Society Awards (memenangkan tiga; Film Internasional terbaik, Efek visual terbaik untuk Yamazaki dan Kiyoko Shibuya, dan penjahat tahun ini untuk Godzilla). Godzilla Minus One memenangkan delapan dari dua belas nominasi pada 47th Japan Academy Film Prize, termasuk Film terbaik, Naskah cerita terbaik untuk Yamazaki, dan Pemeran pendukung wanita terbaik untuk Sakura Ando, menjadi film dengan penghargaan terbanyak pada upacara tahun itu.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon