Ngomongin Film Jepang Godzilla Minus One yang Dapat Piala Oscar

 


Campusnesia.co.id - Hari ini tanggal 1 Juni 2024, film Godzilla Minus One sudah bisa ditonton di Netflix. Minus One adalah film terbaru yang kembali mengangkat tema monster raksasa asal jepang yang sangat populer hingga diremake oleh Hollywood.

Film Godzilla Minus One karya sutradara Jepang Takashi Yamazaki memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Visual Effects dalam Academy Awards ke-96 pada 10 Maret 2024. 

Kemenangan ini membuat Godzilla Minus One menjadi film pertama dalam waralaba Godzilla yang memenangkan Oscar dalam nominasi pertamanya dalam 70 tahun sejarah franchise. Selain itu, Godzilla Minus One juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang meraih Academy Award untuk Efek Visual Terbaik.

Minus One merujuk pada istilah yang kalau dialih bahasakan dalam Indonesia kurang lebih seperti peribahasa "Sudah jatuh tertimpa tangga". Sangat menggambarkan latar belakang film dimana Jepang baru saja luluh lantah akibat di bom oleh Amerika.

Saat sedang berusaha bangkit dari keterpurukan akibat kalah perang itu, Jepang harus berhadapan dengan Monster dari dasar laut yang bisa menghancurkan seluruh kota dengan semburan lasernya.

Dari sisi drama Godzilla Minus One berhasil mengajak penontonnya merasakan mencekamnya teror monster rasaksasa dan ikut serta berjuang dengan para karakter dalam filmnya.

Visual effectnya yang berbudget tak sebesar film-film Hollywood nyatanya berhasil ditempatkan dengan tepat, Godzilla di dalam film ini terlihat garang dan realistis dibanding dalam film-film sebelumnya.

Godzilla raksasa yang menyeramkan dan sangat menghancurkan tersebut itu harus dilawan dengan kekuatan seadanya oleh gabungan masyarakat sipil karena Jepang masih dalam suasan pasca perang, dimana kalau mengerahkan kekuatan dengan persenjataan lengkap bisa memicu perang dengan Amerika lagi. Cara yang digunakan cukup scientific dan masuk akal secara logika untuk ukuran era tahun 1946.

Gongnya tentu saja plot twist di akhir, untuk sebuah film Jepang sangat bagus sekali. Konflik dan dramanya berlapis ala film-film Korea Selatan. Rekomended ditonton di akhir pekan yang panjang ini, selamat menikmati.


Informasi tentang film Godzilla Minus One

Pemeran film Godzilla Minus One

Ryunosuke Kamiki sebagai Kōichi Shikishima, mantan pilot kamikaze

Minami Hamabe sebagai Noriko Ōishi, pacar Shikishima

Yuki Yamada sebagai Shirō Mizushima, kru muda diatas kapal Shinsei Maru

Munetaka Aoki sebagai Sōsaku Tachibana, mantan teknisi Penerbangan Angkatan Laut

Hidetaka Yoshioka sebagai Kenji Noda, mantan teknisi senjata angkatan laut

Sakura Ando sebagai Sumiko Ōta, tetangga Shikishima

Kuranosuke Sasaki sebagai Yōji Akitsu, kapten kapal Shinsei Maru

Sae Nagatani sebagai Akiko, anak adopsi Ōishi dan Shikishima

Mio Tanaka sebagai Tatsuo Hotta, kapten dari kapal perusak Yukikaze

Yuya Endo sebagai Tadamasa Saitō


Sinopsis Film Godzilla Minus One

Godzilla Minus One  dalam bahasa Jepang: ゴジラ-1.0マイナスワン, Hepburn: Gojira Mainasu Wan, adalah sebuah film epik kaiju Jepang 2023 kaiju film directed, written, and with visual effects by Takashi Yamazaki. Diproduksi oleh Toho Studios dan Robot Communications serta didistribusikan oleh Toho, merupakan film ke-37 dalam waralaba Godzilla, film Godzilla Toho ke-33, dan film kelima dalam waralaba era Reiwa. 

Film ini dibintangi Ryunosuke Kamiki, Minami Hamabe, Yuki Yamada, Munetaka Aoki, Hidetaka Yoshioka, Sakura Ando dan Kuranosuke Sasaki. Pada film ini, Jepang pasca-perang harus berhadapan dengan kebangkitan Godzilla.

Setelah menyelesaikan film The Great War of Archimedes (2019), Yamazaki ditunjuk untuk membuat film Godzilla. Dia menghabiskan waktu tiga tahun menulis naskah cerita, mengambil pengaruh dari Godzilla (1954), Godzilla, Mothra and King Ghidorah: Giant Monsters All-Out 

Attack (2001), Shin Godzilla (2016), dan film dari Steven Spielberg serta Hayao Miyazaki. Yamazaki sebelumnya menggambarkan Godzilla pada Always: Sunset on Third Street 2 (2007) dan wahana taman tema di Seibu-en di 2021. Pada Februari 2022, Robot mempublikasikan bahwa Yamazaki akan segera menyutradrai film kaiju. Syuting digelar di Kantō dan Chūbu dari Maret hingga Juni 2022. Efek visual dibuat oleh Shirogumi Chōfu studio selama delapan bulan.

Godzilla Minus One tayang perdana di Shinjuku Toho Building pada 18 Oktober 2023, dan dirilis di Jepang pada 3 November, untuk merayakan ulang tahun ke-70 waralaba ini. Toho International kemudian merilis film ini di Amerika Utara pada 1 Desember. Film ini telah mendapatkan penghasilan kotor lebih dari US$107 juta secara global dengan bujet US$10–12 juta, menjadi film Jepang dengan pendapatan terbesar kelima tahun 2023 dan melewati Shin Godzilla sebagai film Godzilla Jepang paling sukses. 

Film ini menerima ulasan bagus untuk efek visual, penyutradaraan, jalan cerita, karakter, skor musik dan komentar sosial, dan dielukan sebagai salah satu film terbaik tahun 2023 dan film terbaik pada waralaba Godzilla. Film juga mendapatkan banyak penghargaan, termasuk 12 nominasi pada 47th Japan Academy Film Prize (memenangkan delapan), tiga nominasi pada 17th Asian Film Awards (memenangkan dua), dan memenangkan Efek visual terbaik pada Academy Awards ke-96.



===
Baca juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon