Ngomongin Clash of Champions Ruangguru, Acara Uji Kecerdasan Mahasiswa Berprestasi Indonesia Dalam dan Luar Negeri

 


Campusnesia.co.id - Lama tak terdengar kabarnya setelah promo gila-gilaan saat pandemi di stasiun tv nasional, Ruangguru di penghujung bulan Juni 2024 ini membuat sebuah acara kompetisi yang sangat seru bernama Clash of Champions yang ditayangkan di aplikasi dan channel youtube Ruangguru.

Hingga artikel ini ditulis pada tanggal 30 Juni 2024 total sudah ada dua episode yang bisa disaksikan. Konsep acaranya adalah mengumpulkan 40 mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti UI, UNDIP, UNAIR, UNHAS, ITB, UGM, ITS, UB, UIN SYARIF HIDAYATULLAH, BINUS, UDAYANA, IPB, UNPAD dan UNAND.

Peserta diseleksi lewat tiga tahap hingga tersisa 30 orang lewat tantangan penghitungan soal matematika, 10 orang pertama yang bisa menyelesaikan soal tercepat akan lolos demikian hingga tersisa 10 perserta yang akan dieliminasi.

Sebanyak 30 kontestan yang lolos ini akan diadu dengan tamu tak terduga 10 mahasiswa berprestasi asal Indonesia yang kuliah di luar negeri sebagai kompetitor baru. Sepuluh mahasiswa Internasional tersebut bersal dari National University of Singapore (NUS), Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), UCSD, Yale University, Nanyang Technological University (NTU) dan University of Oxford.

Di episode ke dua, sebanyak 30 mahasiswa dalam negeri dan 10 mahasiswa luas negeri diadu kemampuan menghafal 52 kartu daklam tantangan Shuffle and Recall.

Peserta yang berhasil masuk 10 besar selanjutnya dipersilahkan memilih anggota tim untuk tantangan berikutnya, babak ini menarik karena ada Master of Quiz yaitu Heo Seong Boam alumni dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) sarjan predikat Sarjana Terhormat di bidang Ilmu Komputer, saat ia sedang melakukan penelitian Ai Model di Pascasarjana KAIST.


- Link nonton Ruangguru Clash of Champions Episode 1 klik di sini.


- Link nonton Ruangguru Clash of Champions Episode 2 klik di sini


- Link nonton Ruangguru Clash of Champions Episode 3 coming soon.


- Link nonton Ruangguru Clash of Champions Episode 4 coming soon


Clash of Champions ini mengingatkan kita pada reality show berjudul University War yang merupakan serial televisi dari Korea Selatan yang mempertandingkan kecerdasan dari mahasiswa perwakilan kampus-kampus di Korea Selatan. tayang pertama kali di layanan siar Coupang Play. Serial musim pertama tayang sejak 23 November 2023. Sedangkan musim kedua akan tayang pada pertengahan tahun 2024.

Serial ini diproduseri oleh tim dengan anggota Kwon Young-won, Heo Bum-hoon dan PD Kim In- ji serta dibantu Kim Jung-sun, yang dikenal dari acara The Genius dan Great Escape.

Konsep utama serial televisi ini menampilkan perwakilan mahasiswa dari beberapa universitas di Korea Selatan. Acara ini akan menguji kemampuan peserta dalam matematika, deduksi dan hafalan yang dikemas dalam bentuk tantangan.

Musim pertama dari serial ini memiliki 24 peserta dengan 16 mahasiswa dan 8 mahasiswi. Setiap tim yang bertanding akan memiliki 4 mahasiswa perwakilan. Mereka akan bersaing satu sama lain dalam berbagai babak dan soal untuk menguji kecerdasan mereka.

Acara realitas ini menerapkan konsep eliminasi untuk setiap tim yang tidak bisa menyelesaikan tantangan dan memberikan jawaban yang tepat. Pemenang dari acara ini akan mendapatkan beasiswa pendidikan.

Sebagai informasi Ruangguru merupakan perusahaan teknologi di Indonesia berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Ruangguru telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon