Harga Batu Bata Merah dan Pasir Halus Muntilan 2024

 



Campusnesia.co.id - Setelah kemarin alhamdulillah beres mengganti atap rumah dan ganti genteng lawas dengan midel press mantili, target selanjutnya adalah renovasi dapur yang masih berdinding bambu dan beralas tanah.

Kalau nunggu uang terkumpul semua rasanya akan lama dan berat, jadi strateginya adalah setiap kali ada rejeki lebih digunakan untuk membeli bahan bangunan yang dibutuhkan secara bertahap.

Kali ini saya mulai dengan membeli batu bata merah, sesuai budget dapat 3.000 pcs dengan harga Rp 600 perak per pcs dengan demikian total keseluruhan biaya untuk membeli batu bata adalah Rp 1.800.000.

Untuk sebuah bangunan dapur berukuran 6x5 M dengan kamar mandi dalam mungkin akan kurang tapi tidak banyak, jumlah segitu dibeli dahulu sesuai uang yang ada jika nanti ternyata kurang cukup beli secukupnya.

Banyak yang mengatakan batu bata merah sudah tidak jaman lagi, sekarang umumnya masyarakat membuat bangunan dengan bahan herbel. Selain lebih murah karena ukurannya yang lebih besar dari batu bata secara pengerjaan juga tidak memakan waktu. Tapi gak apa-apa saya pribadi lebih suka batu bata merah dengan pertimbangan lebih adem, jika belum ada anggaran untuk melapisi dinding tetap terlihat estetik dan lebih kuat.

Selain batu bata merah, selanjutnya saya membeli pasir. Atas saran yang lebih paham diplihlah yang jenis muntilan karena kualitasnya yang lebih halus dan lebih sedikit batu kerikilnya.

Untuk satu truk pasir muntilan harganya Rp 2.100.000 sudah termasuk upah yang menurunkan atau bongkar pasirnya dari truk. Beli pasir dengan truk jauh lebih murah ketimbang dengan satuan pick up dan secara jumlah juga terpaut banyak.

Target berikutnya adalah membeli kayu untuk pintu dan atas, beli semen, beli genteng dan batu untuk pondasi. Sekali lagi karena keterbatasan dana rencanya akan saya beli semampunya hingga semua bahan terpenuhi.

Oke demikian tadi postingan kita kali ini tentang pengalaman beli dan Harga Batu Bata dan Pasir Halus Muntilan,semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon