Peningkatan Kepedulian Anak Sekolah Terhadap Diri dan Lingkungan, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pemilahan Sampah, Pencegahan Penyakit Menular di Sekolah dan Manajemen Waktu

 Sumber foto: dokumentasi pribadi


Campusnesia.co.idSemarang (5/12/2023) – Di tengah tantangan lingkungan global, memilah sampah sejak dini dapat mengenalkan konsep keberlanjutan kepada siswa. Melibatkan mereka dalam kegiatan ini akan membentuk kesadaran tentang dampak positif terhadap lingkungan dan memberdayakan mereka sebagai agen perubahan. 

Pencegahan demam berdarah juga menjadi fokus utama, mengingat pentingnya kesehatan siswa. Melibatkan anak-anak dalam upaya pencegahan, seperti edukasi tentang pemberantasan sarang nyamuk dan perilaku hidup bersih, tidak hanya menjaga kesehatan mereka tetapi juga menciptakan pola pikir pencegahan yang dapat dipertahankan sepanjang hidup. 

Sementara itu, manajemen waktu pada tingkat sekolah dasar menjadi aspek krusial dalam membentuk kebiasaan dan keterampilan organisasi. Mengajarkan siswa untuk merencanakan tugas, kegiatan ekstrakurikuler, dan waktu istirahat dengan bijak akan membantu mereka mengembangkan disiplin diri. Ini menciptakan pondasi kuat bagi kemampuan manajemen waktu yang akan berguna sepanjang hidup mereka, baik di sekolah maupun dalam kehidupan pribadi.

Dengan merangkum aspek-aspek ini dalam edukasi terhadap siswa sekolah dasar, kita dapat membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga sadar akan lingkungan, memiliki kesehatan yang baik, dan terampil dalam mengelola waktu dengan efektif. 

Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas 6 SDN Padangsari 2 berjumlah 79 anak yang mendapatkan edukasi terkait pemilahan sampah, pencegahan penyakit menular, dan manajemen waktu yang baik. Kegiatan edukasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 5 Desember 2023, dimulai dengan penjelasan kepada para siswa SD melalui materi yang dijabarkan dengan presentasi serta diskusi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan sedikit dari poster yang dibawa oleh masing-masing mahasiswa. 

Suasana saat pemaparan berlangsung dengan sangat aktif dan komunikatif di antara kedua belah pihak dimana para murid menyimak dengan serius dan sesekali juga terlibat saat diminta untuk menjelaskan materi yang terpampang di layar. Kemudian di akhir diberikan poster dari tiga tema materi tersebut kepada sekolah. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan edukasi ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada para siswa dan nantinya dapat membuat mereka lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dengan mengetahui cara pemilahan sampah yang sesuai dengan jenisnya, dapat mencegah terjadinya penyakit menular yang seringkali tertular di sekolah, serta mengetahui terkait manajemen waktu yang baik. 



Penulis: 
Diaz Faizal Rohyana, Ghea Ivana Kusuma Rachman, Himah Anugrah Setyaningrum

Editor:
Achmad Munandar

DPL: 
Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes. dan Adnan Fauzi, S.T., M.Kom

Lokasi KKNT: 
SD Negeri Padangsari 02, Padangsari, Banyumanik, Kota Semarang

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon