Campusnesia.co.id - Dalam pemasaran digital, sering mendengar istilah copywriting. Namun, apa itu copywriting? Mungkin kalian sering menyadari kalau artikel atau tulisan-tulisan berupa ajakan dalam iklan penjualan barang atau jasa tidak dibuat dengan sembarangan.
Tulisan-tulisan ajakan tersebut dibuat oleh mereka yang khusus bekerja dalam penulisan pemasaran. Mereka adalah copywriting atau seringkali penulisnya disebut copywriter. Tugas copywriting adalah menjadi penghubung antara penjual atau pengiklan dengan pembeli atau konsumen melalui media.
Teknik copywriting ini dikenalkan kepada masyarakat sekitar yang bertujuan untuk membantu dan mendukung masyarakat dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan agar dapat dilihat oleh lebih banyak orang di media sosial serta memberikan ilmu baru kepada masyarakat bahwa media sosial saat ini dapat dijadikan tempat untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk ataupun bisnis.
Mahasiswa KKN Undip di berikan kesempatan untuk melakukan sosialisai kepada masyarakat desa khususnya pemuda Karang Taruna. Pada tanggal 6 Februari 2023, mahasiswa KKN Undip di Desa Pagedangan Kec.Adiwerna melakukan pemaparan program monodisiplin, salah satunya Pengenalan teknik Copywriting dalam promosi melalui media sosial, berlokasi di Posko Karang Taruna Desa Pagedangan.
Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa tahun terakhir pembelian suatu produk bisa dilakukan hanya dengan melihat foto di internet, ketika pemasaran di internet baik dari segi gambar produk, kualitas yang dicantumkan di deskripsi produk, dan testimoni dari para konsumen dapat memberikan suatu ketertarikan ataupun pertimbangan kepada konsumen yang melihat produk tersebut di media sosial untuk membeli tanpa melihat produk tersebut secara langsung. Maka dari itu promosi dan iklan sangatlah penting untuk usaha – usaha yang baru merintis maupun usaha yang sudah memiliki nama.
Diharapkan setelah dilakukannya sosialisasi oleh Mahasiswa KKN Undip mengenai teknik copywriting ini dapat membantu masyarakat Desa Pagedangan khususnya UMKM setempat dalam melakukan pemasaran produk, meningkatkan penjualan produk, dan tentu saja akan membuka lapangan pekerjaan yang semakin banyak di Desa Pagedangan.