Pentingnya SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah

0
 


Campusnesia.co.id - Bagi perusahaan dan Instansi Pemerintah, website adalah hal yang wajib. Karena web berfungsi sebagai kantor online, membantu masyarakat menemukan perusahaan dan instansi di dunia maya.

Dalam generasi awal website, situs company profile dan instansi pemerintah hanya sebatas menampilkan konten tulisan dan gambar, memberi informasi seperlunya seperti sejarah, produk dan jasa, jajaran pimpinan, staff dan karyawan, alamat, kontak dan beberapa artikel serta pengumuman.

Masuk era web 3.0 web company profile dan instansi pemerintah kini sudah bisa melakukan banyak hal, melamar kerja secara online, belanja produk dan jasa misalnya.

Untuk instansi pemerintah beberapa sudah dilengkap dengan fitur pengurusan surat penting secara online, pembayaran dan fitur lainnya.

Tapi punya website saja belum cukup, agar perusahaan dan instansi pemerintah semakin relevan dan mudah ditemukan juga perlu dioptimasi, supaya tidak hanya sekedar punya website saja yang menghabiskan banyak anggaran namun juga membantu masyarakat.

Teknik optimasi ini yang biasa disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization.


Penjelasan tentang Search Engine Optimization
Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.


Manfaat penerapan SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subjek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:

1. Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.

2. Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

3. Memenangkan persaingan dengan perusahaan kompetitor di mesin pencari

4. Bagi instansi pemerintah jadi rujukan prioritas dan teratas bagi masyarakat yang butuh bantuan alih-alih mengunjungi website individu atau media

5. Penerapan SEO untuk situs pemerintah perlu diperhatikan mengingat stigma yang melekat bahwa situs-situs pemerintah kurang user friendly dengan pengelolaan ala kadarnya dibanding milik swasta

6. Bagi perusahaan penerapan SEO yang baik bisa dan mendatangkan kunjungan yang besar bisa dimanfaatkan untuk menjaring calon clien baru

7. Meningkatkan Brand Awareness bagi perusahaan 

8. Meningkatkan citra baik pelayanan bagi situs pemerintah


Cara Optimasi SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah
Penerapan SEO untuk nutuk situs Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah secara garis besar bisa dilakukan dengan 3 hal, yaitu SEO On Page, SEO off Page dan SEO Practical terkait kode website, tema dan template, user friendly, kecepatan loading dan kenyamanan serta keamanan.

Untuk sobat webmaster di perusahaan dan instansi pemerintah, berikut beberpa tips agar SEO maksimal kami kumpulkan dari pengalaman dan berbagai sumber:

1. Gunakan Permalink Sederhana
Permalink atau permanen link, adalah URL yang mengarah pada suatu catatan blog atau forum tertentu setelah melewati halaman depan ke arsip. Karena Permalink bersifat permanen tanpa ada batas waktu, maka permalink lebih tahan terhadap kerusakan. Tips masukan key word yang ditarget dalam permalink.


2. Buat Judul Konten yang Menarik
Judul yang menarik dan perlu clickbait, buat saja denga jujur dan menjawab pertanyaan atau memberi informasi yang memiliki unsur kebaruan

3. Tambahkan Gambar atau Video
Cukupp gambar dan video yang terkait, jangan lupa sebelum upload gambar rename dulu dengan kata kunci yang ditarget, untuk video agar lebih ringan bisa diupload ke youtube dulu dan yang diposting di web cukup embed saja.

4. Optimasi Gambar
Dengan rename, ukuran yang sesuaid an resolusi yang memadai, gambar blur dan editing yang tidak proporsional akan berdampak tidak maksimal.

5. Manfaatkan Heading dan Subheading
Judul turunan dalam sebuah artikel beserta penjelasannya

6. Letakkan Focus Keyword di 100 Kata Pertama
Pastikan tulisan tetap enak dibaca jangan asal banyak keyword namun tidak nyaman dibaca manusia.

7. Gunakan Tema Responsif 
Indikator sederhana tema atau template web yang responsif diantaranya user friendly, mobile friendly, loading cepat, tidak terlalu banyak popup, tema clear dan clean, tidak norak.

8. Sisipkan Outbound Link
Menyertakan link dari website lain, bisa untuk kutipan, data atau pengertian suatu istilah. Outbound link akan membuat data yang kita sajikan jadi valid dan ada sumber yang jelas, bukan hasil ngarang bebas.

9. Maksimalkan Internal Link
Bisa dengan artikel terkait yang sudah pernah ditulis sebelumnya.

10. Tingkatkan Kecepatan Website
Toleransi kecepatan website adalah 4 detik. Akan tetapi, di google speed insight,  kecepatan yang disarankan adalah dibawah 200 ms.

11. Gunakan LSI Keyword
LSI keyword artinya Latent Semantic Indexing adalah kata dan frasa yang oleh Google atau mesin pencari dianggap memiliki keterkaitan secara semantik dengan suatu topik.


12. Tambahkan Tombol Share Media Sosial dan Instant messaging
Memudahkan pembaca yang merasa relevand an dapat manfaat untuk membagikan postingan kita ke sosial media dan pesan singkat seperti whatsapp dan telegram.

14. Tulisa Konten Berkualitas dan Solutif
Jangan tema yang repetitif dan tidak memberi solusi atau mengandung unsur kebaruan dari artikel lain yang sudah lebih dulu ada.

15. Setting Link Jadi Open in New Tab
Gunakan link Dofollow sehingga kalau diklik akan membuka di tab baru.

16. Desain UX dan UI website yang menarik dan tidak norak
Masukan untuk instansi pemerintah agar tampilan dan fitur dalam website diperhatikan karena kebanyakan hanya mementingkan fungsi tanpa memperhatikan estetika.

Karena User Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam pengembangan website dan aplikasi memang sangat penting dan saling berkaitan.

User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Kita bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk. 

Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Namun, tak hanya harus indah, UI juga harus mudah digunakan. 

Beberapa komponen UI diantaranya adalah komponen tombol, ikon tipografi, tema, layout, animasi yang tampil pada produk, dan visual interaktif lainnya. Semua komponen UI tersebut didesain dengan berfokus pada keindahan dan kemudahan pengguna. Jadi, pengguna dapat menikmati produk kita. 


Sebagai informasi tambahan berikut adalah daftar Tokoh-tokoh SEO Populer di Dunia
Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin pencari dan SEO.

Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.

Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.

Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini dalam serial SEO yang berjudul Pentingnya SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar




Pentingnya SEO untuk Toko Online Agar Produk Masuk Halaman Satu Google dan Laris Manis

0
 


Campusnesia.co.id - Sekarang jualan online menjadi lebih mudah dengan kehadiran platform toko online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dll. Tinggal bikin akun dan posting produk sudah bisa jadi owner toko online.

Hanya saja punya toko online itu satu hal, tapi dagangan laku keras dan laris manis adalah hal lainnya. Banyak hal yang perlu dilakukan salah satunya adalah membuat tampilan foto produk yang menarik, copy writing dan diskripsi produk yang jelas serta informasti, yang tak boleh dilupakan adalah pelayanan yang nyaman kepada customer, ini yang sering dilupakan bahkan ada seller yang kasar pada pertanyaan dan komplain pembeli akhirnya membuat tidak nyaman.

Bagi toko online yang baru di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dll, berada di puncak pencarian itu penting, sayangnya algoritma toko online yang ada kadang tidak berpihak secara adil, maka muncul fitur iklan untuk push produk dan toko online agar ditemukan dan muncul di pencarian teratas. Secara singkat penjual di platform toko online kurang punya kendali penuh atas toko onlinenya.

Menurut saya solusinya kembali pada setiap penjual harus punya website toko online sendiri, fungsi toko di platform Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dll sebagai saluran distribusi dan alternatif mempermudah transaksi.

Dengan punya website toko online sendiri kita sebagai owner jadi punya kendali penuh akan toko online kita, eksperimen, membuat promo dan yang paling penting menerapkan SEO agar web toko online kita berada di halaman pertama Google saat calon pembeli mengetikan kata kunci.

Contoh misalkan sobat pembaca mencari kata kunci "Plakat Tembalang" di Google, di halaman pertama akan menemukan toko online kami yaitu Loetju.com ini adalah contoh keberhasilan penerapan SEO untuk toko online.



Makna Strategi SEO
SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu sebuah teknik optimasi website online shop agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian Google, termasuk web toko online.

Dengan penerapan SEO yang baik dan benar membuat sebuah website online shop akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli dan akan mendatangkan traffic atau pengunjung.

Kenapa SEO Google yang jadi standart, padahal ada banyak mesin pencari seperti Bing, Amazon, Yahoo! dsb? sebab pengguna internet lebih banyak menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Mengutip data dari laman internetlivestats.com, bulan Mei 2022 setiap hari ada sekitar 7,4 miliar pencarian lewat Google, pengguna internet di dunia ada sebanyak 5,3 miliar.

Data dari Hootsuit pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah seluruh populasi di Indonesia.


Pentingnya SEO untuk Toko Online dan Online Shop

1. Tentu saja agar online shopnya masuk halaman satu Google

2. Mendatangkan calon pembeli 

3. Pengenalan online shop dan produk yang dijual

4. Memudahkan calon pembeli menemukan toko online kita

5. Menjaring target pembeli yang spesifik

6. Menghasilkan uang dari penjualan pastinya

7. Meningkatkan penjualan produk dibanding hanya jualan di toko offline saja

8. Membangun ingatan pada toko online kita

9. Memperbesar peluang produk dikenali dan dibeli oleg customer

10. Memenangkan persaingan dengan online shop lain



Klasifikasi SEO

1. SEO dalam Konten atau SEO On Page
SEO on page yaitu cara mengoptimasi SEO yang mengfokuskan pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website toko online sehingga mudah ditemukan calon pembeli.

Poin dalam SEO On Page yang harus diperhatikan misalnya:

a. Permalink judul link saat produk dishare

b. Judul produk yang mengandung kata kunci

c. Struktur dalam penulisan diskripsi produk

d. Gambar dan ilustrasi produk, jangan lupa rename nama file gambar

e. Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian caption

f. Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif

g. Internal link dari produk lain dalam website toko online

h. Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori produk dan jasa yang dijual


2. SEO dari Luar Website atau SEO Off Page
SEO off page adalah cara memaksimalkan SEO yang konsen pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website toko online. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi produk dan jasa kita bagi calon pembeli.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page untuk toko online yaitu:
a. Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. Saat artikel ini ditulis skor DA Loetju.com adalah 10

b.Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus. Saat artikel ini ditulis skor PA Loetju.com adalah 27

c. Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

d. Membangun Link berkualitas dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.




3. SEO Toko Onlinenya atau Practical SEO
Practical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang memfokukan pada bagian isi di dalam  website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website toko online sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Poin berikut ini wajib diperhatikan dalam Practical SEO:

a. Kecepatan website toko online

b. Struktur website online shop

c. XML Sitemap toko online

d. Keamanan situs SSL artinya Secure Socket Layer

e. Tema toko online yang responsive

f. Layout website yang sederhana, clear dan clean 

g. Navigasi halaman, kategori produk dan artikel dsb



Tips agar toko online masuk halaman pertama Google:

a. Posting produk yang dimiliki dengan foto yang memadai

b. Buat deskripsi yang jelas dan apa adanya

c. Tambahkan judul yang menarik misalkan "Cetak Plakat Murah"

d. Riset kata kunci yang sesuai

e. Kuasai pasar lokal dulu, baru merambah ke pasar yang lebih luas, misal "Cetak Plakat Tembalang"

f. Konsisten dalam memperbaharui produk di toko online

g. Buat subdomain atau halaman untuk Artikel atau Blog. Isi dengan artikel terkait produk dan jasa yang ditawarkan sebagai sarana edukasi dan penjelasan secara rinci. 

Bisa juga artikel yang bahkan tidak berhubungan dengan produk dan jasa sekedar mendatangkan pembaca yang bisa jadi calon pembeli. Jangan heran jika di dalam blog Tokopedia, Bukalapak ada artikel tentang review film, itu adalah bagian dari strategi SEO.



Demikian tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Toko Online Agar Produk Masuk Halaman Satu Google dan Laris Manis. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar



===
Baca Juga:








Pentingnya SEO dalam Bisnis Digital, Materi Kuliah Tamu Sekolah Vokasi Undip

0
 


Campusnesia.co.id - Artikelnya ini akan saya awali dengan pertanyaan, di era sosial media apakah website masih relevan dan penting? jawabannya masih.

Website ibarat markas besar, kantor dan toko online sedangkan sosial media bisa dikatakan stand pameran.

Sosial media memiliki karakteristik tren naik turun, dahulu ada Friendster bergeser ke Facebook, Instagram, Twitter dan kini TikTok. Butuh rumah besar sebagai tujuan utama yang bernama website.

Apalagi dengan perkembangan Web 3.0 yaitu  internet generasi ketiga di mana situs web dan aplikasi dapat memproses informasi dengan cara yang cerdas melalui teknologi seperti machine learning, big data, teknologi buku besar terdesentralisasi atau DLT dsb. 

Punya website dan bisa menulis artikel adalah satu hal, berhasil masuk halaman pertama Google adalah hal penting lainnya.

Untuk bisa berada di halaman mesin pencari Google, sebuah website perlu optimasi dengan serangkaian upaya dan cara yang disebut SEO.


Males baca?
Dengarkan versi audio, klik tombol play.




Pengertian SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian Google.

Dengan SEO memungkinkan sebuah website lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan akan mendatangkan traffic atau pengunjung.

Kenapa SEO Google yang jadi patokan padahal ada banyak mesin pencari seperti Yahoo!, Bing, Amazon dll? karena pengguna internet lebih banyak menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Berdasar data dari internetlivestats.com, bulan Mei 2022 setiap hari ada sekitar 7,4 miliar pencarian lewat Google, pengguna internet di dunia ada sebanyak 5,3 miliar.

Dan menurut Hootsuit pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah populasi di Indonesia.


Pentingnya SEO dalam Bisnis Digital

1. Masuk halaman pertama Google

2. Mendatangkan pengunjung 

3. Pengenalan brand dan merk 

4. Memudahkan pembaca menemukan website kita

5. Menjaring target pembaca yang spesifik

6. Menghasilkan uang dari monetasi

7. Meningkatkan penjualan produk

8. Membangun ingatan pada brand kita

9. Memperbesar peluang ide dan gagasan tersampaikan

10. Memenangkan persaingan dengan brand, usaha dan website lain



Jenis-jenis SEO

1. SEO On Page
SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pembaca. 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO On Page diantaranya:
- Permalink judul link saat artikel dishare
- Judul konten yang mengandung kata kunci
- Struktur dalam penulisan artikel
- Gambar dan ilustrasi pada artikel, jangan lupa rename nama file gambar
- Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian artikel
- Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif
- Internal link dari artikel lain dalam website
- Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori artikel


2. SEO Off Page
SEO off page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten kita bagi pembaca.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page yaitu:
- Link building dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.

- Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. Saat artikel ini ditulis skor DA Campusnesia.co.id adalah 18

- Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus. Saat artikel ini ditulis skor PA Campusnesia.co.id adalah 36

- Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

- Penulis Tamu menulis artikel berkualitas untuk website lain yang di dalamnya diberi backlink ke situs kita. Misalnya jika sobat pembaca mengetik kata kunci "Giving is New Healing" akan muncul di halaman pertama website Solopeduli.com atau kata kunci "Altruism Flexing" akan muncul situs ddhk.org keduanya adalah tulisan dari saya.


3. Technical SEO
Technical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian jeroan website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam Technical SEO:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs SSL (Secure Socket Layer)
- Tema yang responsive
- Layout website yang sederhana, clear dan clean 
- Navigasi halaman, kategori artikel dsb


Tips menulis agar masuk halaman pertama Google:
- Menulis dengan tulus 
- Pengalaman pribadi
- Mulai dari tema yang spesifik dan ruang lingkup sempit
- Riset kata kunci 
- Jadi penulis yang pertama dalam tema tertentu
- Konsisten dalam menulis, misa per minggu atau per hari, makin konsisten makin baik.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO dalam Bisnis Digital, yang merupakan versi tertulis dari Materi Kuliah Tamu undangan dari Sekolah Vokasi Undip.



Penulis
Nandar



===
Baca Juga:

Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren agar masuk Page One Google

0
 


Campusnesia.co.id - Madrasah dan pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan berbasis agama memiliki peran penting dalam dunia pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengutip data dari situs Emis Pendis Kemenag, hingga Semester Genap 2015/2016, jumlah RA dan Madrasah di Indonesia mencapai 77.336 lembaga., Total ada 49.337 Madrasah (tidak termasuk RA) di Indonesia, sekitar 92,1 % atau 45.451 merupakan madrasah swasta. Dan 7,9 % sebanyak 3.886 merupakan Madrasah Negeri. Untuk masing-masing jenjang, jumlahnya adalah sebagai berikut: - Madrasah Ibtidaiyah Negeri sejumlah 1.686
- Madrasah Ibtidaiyah Swasta sejumlah 22.874
- Madrasah Tsanawiyah Negeri sejumlah 1.437
- Madrasah Tsanawiyah Swasta sejumlah 15.497
- Madrasah Aliyah Negeri sejumlah 763
- Madrasah Aliyah Swasta sejumlah 7.080

Untuk jumlah Pondok Pesantren berdasarkan Provinsi di Indonesia data Januari 2022 Laporan Kementerian Kementerian Agama menunjukkan, ada 26.975 pondok pesantren di Indonesia per Januari 2022. Jawa Barat menyumbang jumlah pondok pesantren terbanyakm, yakni 8.343 pesantren atau sekitar 30,92% dari total pesantren nasional.

Dalam konteks website, madrasah dan pesantren juga tidak boleh ketinggalan dengan sekolah negeri maupun swasta. 

Walau tidak pernah kekurangan siswa dan santri, madrasah dan pesantren juga perlu mempermudah aksesbilitas masyarakat pada lembaga pendidikan, profil tenaga pengajar, kegiatan madrasah dan pesantren, prestasi siswa dan santrinya serta hal baik lainnya.

Maka memiliki website bagi madrasah dan pesantren juga penting, saya tidak berani mengatakan wajib karena tidak ada dalilnya.

Namun, punya website adalah satu hal dan bisa ditemukan di mesin pencarian adalah hal lainnya. Agar masuk page one Google web madrasah dan pesantren perlu memperhatikan SEO.

Contoh untuk kata kunci "Sekolah Islam Terpadu di Tembalang" website Campusnesia.co.id berada di urutan pertama mesin pencarian Google.

Kali ini kami akan sharing tentang Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren agar masuk Page One Google.


Definisi SEO 
Definisi umum SEO adalah serangkaian cara untuk optimalkan situs website madrasan dan pesantren agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, fokus pada organic research. Pencarian organik ini biasanya dilakukan oleh pengguna saat memasukkan kata kunci pencarian atau keyword pada browser dan search engine Google.

Dengan memaksimalkan SEO pada situs madrasah dan pesantren akan mendatangkan traffic yang organic dan berkualitas serta yang paling penting adalah gratis tanpa perlu iklan di Google AdWords atau biasa disebut SEM (Search Engine Marketing).


3 Cara Kerja dan Teknik SEO
Crawling, mesin pencari akan melakukan crawling, tujuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website, mulai dari halaman hingga link. 

Indexing, setelah berhasil melakukan crawling, selanjutnya web crawler akan menyimpan informasi tersebut ke dalam enty list: index.

Ranking, berikutnya search engine akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan dengan keyword yang disasar.


Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren

1. Masuk halaman pertama Google

2. Mendatangkan pengunjung calon siswa, santri dan orang tua murid

3. Pengenalan profile madrasah dan pesantren

4. Memudahkan pembaca menemukan website sekolah kita

5. Menjaring target pembaca yang spesifik

6. Meningkatkan brand madrasah dan pesantren

7. Membangun ingatan pada madrasah dan pesantren kita

8. Memperbesar peluang ide dan gagasan siswa dan guru tersampaikan

9. Memenangkan persaingan dengan madrasah dan pesantren lain

10. Sebagai sarana e-learning madrasah dan pesantren



Jenis-jenis SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren

1. SEO On Page
SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pembaca. 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO On Page diantaranya:
- Permalink judul link saat artikel dishare
- Judul konten yang mengandung kata kunci
- Struktur dalam penulisan artikel
- Gambar dan ilustrasi pada artikel, jangan lupa rename nama file gambar
- Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian artikel
- Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif
- Internal link dari artikel lain dalam website
- Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori artikel


2. SEO Off Page
SEO off page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten kita bagi pembaca.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page yaitu:
- Link building dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.

- Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. 

- Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus.

- Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

- Menulis artikel berkualitas untuk website lain yang di dalamnya diberi backlink ke situs kita. 



3. Technical SEO
Technical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian jeroan website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam Technical SEO:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs SSL (Secure Socket Layer)
- Tema yang responsive
- Layout website yang sederhana, clear dan clean 
- Navigasi halaman, kategori artikel dsb

Untuk pembaca kita juga punya artikel tentang 15 Tips Meningkatkan Rating Web Sekolah agar Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO Sederhana bisa dibaca di sini.

Masukan ide untuk website pesantren bisa ditambahkan konten artikel pembahasan materi keagamaan dengan lebih panjang dan komprehensif. 

Bisa juga ditambahkan video pengajian dengan tema yang berkesinambungan sehingga bagi masyarakat atau santri yang tidak berada di lingkungan pesantren bisa mengaji dari lokasi masing-masing.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren agar masuk Page One Google.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:






Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta agar Masuk Halaman Pertama Google

0
  


Campusnesia.co.id - Peran website untuk sekolah sekarang sangat penting, selaian sebagai kantor online yang menampilkan informasi standar seperti nama sekolah, alamat, nomer telpon dan guru dan karyawan, website sekolah juga wajib menampilkan artikel dan foto kegiatan, lebih bagus lagi jika banyak informasi artikel siswa dan guru.

Apalagi di era pandemi, peran website sekolah menjadi semakin krusial harus bisa menunjang pembelajaran online atau e-learning.

Tapi sekali lagi, seperti dalam artikel sebelumnya yang membahas SEO, punya website sekolah adalah satu hal namun agar bisa masuk halaman pertama Google adalah hal lainnya.

Indikator yang paling sederhana adalah bersaing dengan sekolah lain dalam satu wilayah, misalnya di kecamatan Trangkil Kabupaten Pati ada dua sekolah SMP yaitu SMP N 1 Trangkil dan SMP N 2 Trangkil.

Kami dari Campusnesia Web Service dimintai tolong oleh SMP N 1 Trangkil untuk membuat website smpn1trangkil.sch.id dan optimasi SEO dengan teknik dan engine sederhana dan budget seefisien mungkin, hasilnya dalam setahun untuk kata kunci "SMP Trangkil" SMP N 1 Trangkil bisa mengalahkan website SMP N 2 Trangkil yang sudah berusia jauh lebih lama.

Jadi untuk pembaca yang kebetulan adalah pengelola website sekolah atau guru di sekolah punya website saja tidak cukup, optimasi SEO website sekolah juga penting agar bisa ditemukan di halaman pertama Google.

Lewat postingan kali ini, kami akan sharing tentang Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta agar Masuk Halaman Pertama Google.


Pengertian Teknik SEO
SEO adalah Search Engine Optimization yaitu teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian Google.

Dengan SEO memungkinkan sebuah website sekolah lebih mudah ditemukan oleh calon siwa dan orang tua siswa dan akan mendatangkan pengunjung.

Kenapa SEO Google yang jadi patokan padahal ada banyak mesin pencari seperti, Amazon, Yahoo!, Bing dll? karena pengguna internet lebih banyak menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Berdasar data dari internetlivestats.com, bulan Mei 2022 setiap hari ada sekitar 7,4 miliar pencarian lewat Google, pengguna internet di dunia ada sebanyak 5,3 miliar.

Dan menurut Hootsuit pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah populasi di Indonesia.


Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta

1. Masuk halaman pertama Google

2. Mendatangkan pengunjung calon siswa, orang tua murid

3. Pengenalan sekolah

4. Memudahkan pembaca menemukan website sekolah kita

5. Menjaring target pembaca yang spesifik

6. Meningkatkan brand sekolah

7. Membangun ingatan pada sekolah kita

8. Memperbesar peluang ide dan gagasan siswa da guru tersampaikan

9. Memenangkan persaingan dengan sekolah lain

10. Sebagai sarana e-learning



Jenis-jenis SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta

1. SEO On Page
SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pembaca. 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO On Page diantaranya:
- Permalink judul link saat artikel dishare
- Judul konten yang mengandung kata kunci
- Struktur dalam penulisan artikel
- Gambar dan ilustrasi pada artikel, jangan lupa rename nama file gambar
- Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian artikel
- Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif
- Internal link dari artikel lain dalam website
- Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori artikel


2. SEO Off Page
SEO off page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten kita bagi pembaca.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page yaitu:
- Link building dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.

- Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. Saat artikel ini ditulis skor DA  smpn1trangkil.sch.id yang baru berumur 1 tahun adalah 6

- Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus. Saat artikel ini ditulis skor PA  smpn1trangkil.sch.id  yang baru berumur 1 tahun adalah 19.

- Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

- Menulis artikel berkualitas untuk website lain yang di dalamnya diberi backlink ke situs kita. Misalnya beberapa guru di SMP N 1 Trangkil mempublikasi artikel guru di Campusnesia.co.id dan diberi atribusi serta backlink ke web sekolah.


3. Technical SEO
Technical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian jeroan website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam Technical SEO:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs SSL (Secure Socket Layer)
- Tema yang responsive
- Layout website yang sederhana, clear dan clean 
- Navigasi halaman, kategori artikel dsb

Untuk pembaca kita juga punya artikel tentang 15 Tips Meningkatkan Rating Web Sekolah agar Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO Sederhana bisa dibaca di sini.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta agar Masuk Halaman Pertama Google.



Penulis
Nandar


===
Baca Juga:




Upcoming Drama dan Film Korea Tayang Bulan Mei 2022

0
 


Campusnesia.co.id - Untuk sobat pecinta drakor dan film korea, berikut kami hadirkan daftar Upcoming Drama dan Film Korea Tayang Bulan Mei 2022. Apa saja ini daftarnya.



Upcoming Drama Korea Tayang Bulan Mei 2022

Tayang tanggal 2 Mei 2022
1. Bloody Heart (KBS2)

2. What Are You Doing in the Office, Share? (tvN)


Tayang tanggal 4 Mei 2022
Never Give Up (Seezn)


Tayang tanggal 6 Mei 2022
The Sound of Magic (Netflix)


Tayang tanggal 9 Mei 2022
1. Woori The Virgin (SBS)

2. XX+XY (tvN)


Tayang tanggal13 Mei 2022
Rose Mansion (KBS2)


Tayang tanggal 23 Mei 2022
1. Gold Mask (KBS2)

2. Welcome to Wedding Hell (KakaoTV)


Tayang tanggal 25 Mei 2022
1. Eve (tvN)

2. Kiss Sixth Sense (Disney+)


Tayang tanggal 27 Mei 2022
Doctor Lawyer (MBC)


Tayang tanggal 31 Mei 2022
Juvenile Delinquency 2 (Seezn)



Upcoming Film Korea Tayang Bulan Mei 2022

Tayang tanggal Mei 2022
Gentleman (Korea)


Tayang tanggal 6 Mei 2022
Lesson in Murder (Japan)


Tayang tanggal 13 Mei 2022
Wandering (Japan)


Tayang tanggal 18 Mei 2022
The Roundup (Korea)


Tayang tanggal 20 Mei 2022
1. Haken Anime (Japan)

2. Taiga e no Michi (Japan)


Tayang tanggal 27 Mei 2022
Hatachi no Soru (Japan)

Upcoming Film Indonesia Satria Dewa Gatotkaca 9 Juni 2022

0


Film Indonesia Satria Dewa Gatotkaca

Sutradara: Hanung Bramantyo
Produser: Celerina Judisari
Penulis: Rahabi Mandra
Penulis skenario: Rahabi Mandra
Penata musik: Ricky Lionardi
Sinematografer: Galang Galih
Penyunting: Wawan I. Wibowo
Perusahaan produksi: Satria Dewa Studio
Tanggal rilis: 9 Juni 2022
Negara: Indonesia
Bahasa: Indonesia
Biaya Produksi: Rp24 Miliar


Plot dan Sinopsis Film Satria Dewa Gatotkaca
Satria Dewa: Gatotkaca adalah sebuah film laga Indonesia mendatang yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini merupakan produksi pertama Satria Dewa Studio. Film ini didasari dari tokoh pewayangan Gatotkaca yang menceritakan tentang titisan dari tokoh tersebut. Karakter utamanya sendiri diperankan oleh Rizky Nazar. Film ini akan menjadi awal dari Satria Dewa Semesta.


Pemeran Film Satria Dewa Gatotkaca
Rizky Nazar sebagai Yuda
Yasmin Napper sebagai Agni
Omar Daniel sebagai Dananjaya
Ali Fikry sebagai Gege
Yayan Ruhian sebagai Beceng
Cecep Arif Rahman sebagai Pandega
Sigi Wimala sebagai Arimbi
Edward Akbar sebagai Arya
Jerome Kurnia sebagai Erlangga
Yati Surachman sebagai Bu Mripat
Zsazsa Utari sebagai Quinn
Axel Matthew Thomas sebagai Nathan
Aghniny Haque sebagai Polisi
Ismi Melinda sebagai Tim Beceng
Max Metino
Luis Jocom
Butet Kertaredjasa
Nizam Tazkia
Reza Nangin
Martin Anugrah
Gilang Bhaskara
Indra Jegel
Rigen


Poster Film Satria Dewa Gatotkaca


Satria Dewa GatotKaca - Official Final Trailer 
Tayang 9 Juni 2022 di Bioskop Seluruh Indonesia

Satria Dewa Semesta Mempersembahkan #FinalTrailer film pertama dari 8 film Satria Dewa Semesta  yang akan datang. #SatriaDewaGatotkaca produksi Satria Dewa Studio yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.
Tayang 9 Juni 2022 di seluruh bioskop di Indonesia.
#IniJagoanKita

Kenal Lebih Dekat dengan Srimulat, Legenda Grup Lawak Indonesia

0
  


Campusnesia.co.id - Sutradara Fajar Nugros mengumumkan bahwa film Srimulat: Hil yang Mustahal bakal tayang di bioskop bulan 19 Mei 2022 nanti. Film ini akan mengangkat biopik dari grup lawak legendaris indonesia yaitu Srimulat.

Lewat postingan kali ini yuk kita kenal lebih dekat grup lawak yang selalu menghibur dengan sketsanya di tv nasional.

Srimulat adalah kelompok lawak Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo di Surakarta pada tahun 1950. Nama Srimulat sendiri diambil dari nama istri Teguh pada saat itu. Dalam perkembangannya, kelompok Srimulat kemudian mendirikan cabang-cabang seperti di Surabaya, Semarang, Surakarta, dan Jakarta.

Srimulat termasuk grup lawak yang cukup lama bertahan meski di tengah perjalanan karier terjadi banyak menghadapi persoalan dan bongkar pasang pemain. Hal inilah yang membuat mereka semakin matang. 

Jika sebelumnya hanya berpentas di gedung-gedung pertunjukan, setelah munculnya televisi swasta pada akhir 1980-an, masing-masing anggotanya mendadak menjadi selebriti. Grup ini dapat dikatakan merupakan satu-satunya grup lawak Indonesia yang memiliki anggota paling banyak.


Sejarah Srimulat
Grup ini pertama-tama didirikan oleh Raden Ayu Srimulat dan Teguh Slamet Rahardjo dengan nama Gema Malam Srimulat. Pada awalnya Gema Malam Srimulat adalah kelompok seni keliling yang melakukan pertunjukan dari satu kota ke kota lain dari Jawa Timur sampai Jawa Tengah. 

Rombongan seni suara dan tari ini memulai lawakan pertama mereka pada 30 Agustus 1951 dengan menampilkan tokoh-tokoh dagelan Mataram seperti Wadino (Bandempo), Ranudikromo, Sarpin, Djuki, dan Suparni.

Perpaduan antara pertunjukan musik dan lawak kemudian menjadi suatu formula khas bagi Gema Malam Srimulat. Kehadiran dagelan Mataram dengan gaya lawakannya menjadi resep ampuh untuk menarik penggemar. 

Lawak dan nyanyi menjadi kesatuan yang tidak bisa terpisahkan lagi. Dengan kekuatan itulah Gema Malam Srimulat kemudian berpentas dari satu pasar malam ke pasar malam lainnya, di pelbagai kota di Jawa.

Era tahun 1960, ketika Srimulat mulai mengalami kemerosotan keuangan, Teguh menemukan penyanyi cilik Yana—yang menggantikan peran Srimulat sebagai bintang panggung Gema Malam Srimulat— dan mengungkapkan gagasan untuk tampil di panggung secara menetap. Maka pada Jumat 19 Mei 1961, grup ini menancapkan kakinya kali pertama di THR Surabaya. 

Nama Gema Malam Srimulat pun lalu diubah lebih komersial menjadi Srimulat Review. Dimulailah perjalanan sebuah komunitas kelompok musik-komedi yang mungkin secara tidak sengaja dan berproses menjadi sebuah fenomena dan menjadi sebuah subkultur baru.

Ketika banyak pementasan sarat dengan pesan dan kritik sosial, kelompok Srimulat membebaskan diri dari patron tersebut. Srimulat hadir untuk menghibur dan kelompok ini benar-benar merupakan perwujudan sebuah subkultur Jawa.


Ciri khas Srimulat
Hal utama yang dijual dalam pementasan mereka, selain materi yang lucu, adalah kekhasan para pemainnya. Itu merupakan syarat mutlak yang ditekankan oleh Teguh saat merekrut para calon anggotanya. 

Ciri khas yang dimaksud ada beberapa corak, di antaranya adalah penampilan, gaya bicara, dan kalimat-kalimat yang menjadi trade mark seorang pemain. Sebut saja Asmuni dengan kalimat "Hil yang mustahal" dan "Tunjep poin" (maksudnya hal yang mustahil dan to the point) sudah sangat melekat padanya. 

Atau ketika Timbul yang akan membuat penonton tertawa tatkala ia mengucapkan "Akan tetapi" dan "Justeru". Pelawak lain seperti Mamiek Prakoso terkenal dengan kalimat "Mak bedunduk", dan "Mak jegagik" (sekonyong-konyong, tiba-tiba). Lain lagi dengan Tarzan yang selalu berpenampilan rapi a la militer. 

Lelaki berperawakan tinggi besar ini kalau melucu memang jarang ikut tertawa, tidak seperti Nunung dan Basuki. Penonton juga pasti akan langsung mengenali sosok Tessy (Kabul) dengan dandanan khasnya. 

Sementara tokoh Pak Bendot akan menjadi lelucon ketika 'disia-siakan' oleh lawan mainnya. Untuk Gogon, di luar gaya rambut mohawk-nya, ia mempunyai sikap berdiri yang khas sambil melipat tangan serta cara duduknya yang selalu melorot.

Penonton sudah hafal satu per satu gaya mereka. Begitu mereka keluar di panggung sebenarnya kita sudah dapat menebak mulai gaya, intonasi bicara sampai kosakata yang hendak diucapkan. 

Namun lagi-lagi penonton tetap dibikin tertawa terbahak-bahak. Kemunculan Srimulat di panggung hiburan atau layar televisi selalu dinantikan. Tema yang paling sering diangkat dalam pementasan berpusar pada kehidupan keluarga. Ada majikan (suami dan istri), anak, dan pembantu. 

Mulai percintaan hingga cerita berlatar horor selalu dikemas dengan komedi. Sesekali Srimulat menampilkan bintang tamu (biasanya selebritas) untuk melakonkan salah satu peran. Secara umum ciri khas grup Srimulat terletak pada pemutarbalikan logika, dan kelihaian memperpanjang suatu bahasan yang disisipi lelucon. Dalam memerankan sebuah lakon, para anggota Srimulat tidak mengubah nama untuk karakter yang dimainkan, termasuk bintang tamu.


Sempat Vakum
Kejayaan Srimulat mulai redup terutama ketika mulai bermunculan stasiun-stasiun televisi yang menawarkan program-program hiburan yang tak kalah menarik. Satu per satu personel Srimulat mulai berguguran. 

Pada tahun 1989, Teguh membubarkan Srimulat. Dua tahun sebelum dibubarkan serial Srimulat di TVRI sempat dihentikan. Lama berselang, kerinduan para personel untuk berkumpul kembali membuncah. Pada bulan Agustus 1995, Gogon mengusulkan reuni Srimulat. 

Pelaksanaan reuni Srimulat terbilang sukses dan tetap menyedot banyak penonton. Stasiun Indosiar pun meminangnya, dan Srimulat tampil kembali di layar perak pada tahun 1995-2003. 

Pada tahun 2004 Srimulat kembali vakum. baru pada tahun 2006 Srimulat kembali mendapat tawaran manggung di Indosiar dalam 36 episode. Dan meskipun Srimulat benar-benar sudah bubar, para anggotanya, ketika tampil di panggung maupun televisi, tidak ada yang menggunakan bendera Srimulat, karena nama itu sepenuhnya milik Jujuk, istri Teguh.


Srimulat mencari bakat
Beberapa mantan anggota Srimulat yang saat ini masih aktif dalam dunia hiburan seperti Polo, Tessy, Tarzan, Nurbuat, Nunung, Mamiek, Eko Londo, dan Gogon selain melawak juga sering bermain sinetron dan menjadi bintang iklan. 

Untuk menciptakan regenerasi mereka akhirnya sepakat dengan program yang diajukan ANTV bertajuk Srimulat Cari Bakat (SCB). Acara audisi bakat ini dilakukan di empat kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Solo, Bandung, dan Surabaya.


Penampilan Srimulat
Acara Televisi
  • Srimulat (TVRI, 1986-1987)
  • Aneka Ria Srimulat (Indosiar, 1995-2003)
  • Srimulat Plus (SCTV, 1992 & Indosiar, 2006)
  • Srimulat Cari Bakat (antv, 2008-2011)
  • Srimulat Night Live (NET., 2014)
  • Saatnya Srimulat (Trans TV, 2015)
  • Temu Lawak (Indosiar, 2020)

Film tentang Srimulat
  • Finding Srimulat (2013)
  • Srimulat: Hil yang Mustahal (2022)


Daftar Anggota Srimulat
Tokoh-tokoh yang pernah dan masih menjadi anggota Srimulat antara lain adalah:
  • Abimanyu Srimulat
  • Ainuriza Basuki
  • Asmuni
  • Bambang Gentolet
  • Bambang Sutedjo
  • Bandempo
  • Basuki
  • Bendot
  • Betet
  • Blontang
  • Darsono
  • Didik Mangkuprojo
  • Djudjuk Djuariah
  • Djuki
  • Doyok
  • Edi Geyol
  • Eko Londo / Eko Handai-Taulan
  • Eko Srimulat
  • Eko DJ
  • George Sapulete
  • Gepeng
  • Gogon
  • Isye
  • Jhony Gudel
  • Kadir
  • Karjo AC-DC
  • Kisbandiyah
  • Leysus
  • Mamiek Prakoso
  • Marjuki
  • Miarsih
  • Misye Arsita
  • Nunuk Murdono
  • Nunung
  • Nurbuat
  • Paimo
  • Paul
  • Pengki
  • Pete
  • Polo
  • Ranudikromo
  • Rina Rawit
  • Rohana
  • Samekta Hadi
  • Sarpin
  • Sigit
  • Subur
  • Sukar 141
  • Sumiati
  • Suparni
  • Suroto Suroboyo
  • Susi Sunaryo
  • Sutrisno
  • Sofiah
  • Tatang
  • Tarzan
  • Teguh Srimulat
  • Tessy
  • Timbul Suhardi
  • Tohir Drakula
  • Totok Hidayat
  • Topan
  • Triman
  • Tukul Arwana
  • Vera
  • Yongki Drakula



Film Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama
Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama adalah film komedi Indonesia tahun 2022 yang disutradarai dan ditulis oleh Fajar Nugros berdasarkan kisah grup lawak legendaris, Srimulat. 

Film kerjasama IDN Pictures dengan MNC Pictures ini dibintangi oleh Bio One, Elang El Gibran, Dimas Anggara, Ibnu Jamil, Teuku Rifnu Wikana, Erick Estrada, Zulfa Maharani, Morgan Oey, Rukman Rosadi, dan Erika Carlina. Proses syuting telah dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga Januari 2022 dan dijadwalkan untuk tayang pada 19 Mei 2022.


Pemeran Film Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama
  • Bio One sebagai Gepeng
  • Dimas Anggara sebagai Timbul
  • Elang El Gibran sebagai Basuki
  • Erika Carlina sebagai Djudjuk
  • Erick Estrada sebagai Tessy
  • Ibnu Jamil sebagai Tarzan
  • Indah Permatasari sebagai Royani
  • Morgan Oey sebagai Paul
  • Naimma Aljufri sebagai Anna
  • Rano Karno sebagai Babe Makmur
  • Rukman Rosadi sebagai Teguh
  • Teuku Rifnu Wikana sebagai Asmuni
  • Zulfa Maharani sebagai Nunung
  • Fajar Nugra
  • Aldo Gudel sebagai Mirna
  • Whani Darmawan sebagai Ki Sapari
  • Arief Didu
  • Emmie Lemu sebagai Pedagang toko kosmetik
  • Totos Rasiti
  • TJ Ruth sebagai Penata rias Titiek Puspa
  • Inayma sebagai Titiek Puspa
  • Ricky Malau
  • Kemal Al Giffari
  • Ray Shidiq sebagai Jaka
  • Endah Laras sebagai Ibu Negara
  • Djijat sebagai Presiden
  • Sarjito sebagai Bapak Gepeng
  • Sri Hapsari sebagai Ibu Royani

Tarsan personil asli Srimulat akan tampil sebagai cameo sebagai Pejabat Tarsiman.

Pada tahun 2018, MNC Pictures sebagai pemilik kekayaan intelektual Srimulat menunjuk Cuk FK sebagai sutradara film Srimulat yang diadaptasi dari kisah grup lawak tersebut. 

Kandidat pemeran yang ditentukan adalah Nagita Slavina sebagai Djudjuk, Lukman Sardi sebagai Timbul, Andre Taulany sebagai Asmuni, Sule sebagai Tessy, dan Tora Sudiro sebagai Gepeng. 

Sedangkan Nunung akan berperan sebagai dirinya sendiri. Beberapa anggota Srimulat lain juga akan dilibatkan sebagai kameo. 

Proyek film ini masih dalam tahap pengembangan karena masih membutuhkan pemeran tambahan dan kesulitan menentukan jadwal pemeran untuk melakukan reading.

Proses produksi tidak menemui kepastian, hingga pada tahun 2021 IDN Pictures mengumumkan kerja sama dengan MNC Pictures untuk memproduksi film Srimulat dengan menunjuk sutradara Fajar Nugros. 

Sebelumnya, terdapat tiga kandidat sutradara lain hingga akhirnya jatuh kepada Fajar. Judul resmi Srimulat: Hil yang Mustahal serta seluruh nama pemeran dan karakternya diumumkan secara resmi pada 6 Desember 2021.

Proses pengambilan gambar utama berlangsung di Surakarta dan Jakarta selama kurang dari satu bulan, dimulai pada 11 Desember 2021 dan selesai pada 12 Januari 2022.



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Biografi Srimulat, Legenda Grup Lawak Indonesia. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Sumber:
- id.wikipedia.org


**Artikel ini telah tayang di Loetju.id dengan judul http://www.loetju.id/2022/04/biografi-srimulat-legenda-grup-lawak.html