Tanggal 6 Mei 2022 Harga Kerupuk Blek atau Uyel Naik, Yuk Bikin Sendiri Ini Resepnya

0
 


Campusnesia.co.id - Menyusul kenaikan harga minyak goreng, gula dan pertamax ada lagi nih yang bakal naik yaitu harga kerupuk blek dari yang biasanya Rp1.000 bakal naik jadi Rp2.000 per pcs.

CNN Indonesia menulis "Harga Kerupuk Kaleng Naik Jadi Rp2.000 Mulai 6 Mei 2022" untuk pecinta kerupuk bakal jadi kabar sedih nih, biasanya dua ribu rupiah dapat dua kini cuma dapat satu saja, kriuk.

Indonesia memang terkenal dengan banyaknya ragam jenis kerupuk, ada kerupuk Pati, kerupuk Udang, kerupuk kulit, Tengiri dll.

Di daerah pantura seperti Demak, Kudus, Pati, Juwana dan Rembang kerupuk kaleng melingkar-lingkar ini disebut dengan kerupuk Blek, merujuk pada sebutan kalengnya yang biasa disebut Blek.

Di daerah lain kerupuk Blek ini disebut kerupuk Uyel yaitu kerupuk putih atau dikenal kerupuk kampung, seperti mie keriting terbuat dari tepung tapioka dicampur tepung terigu.

Umumnya berwarna putih, ada juga yang membuat aneka variasi warna, seperti warna kuning, hijau dan pink untuk daya tarik.

Warna putih yang lebih laris yang disukai oleh pembeli karena tidak menggunakan zat pewarna makanan, lebih asli, untuk aneka rasa biasanya dengan penambahan rasa ikan asli, udang, bawang dan seledri. 

Kerupuk ini terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka atau aci warna originalnya memang berwarna putih namun ada juga kerupuk uyel warna warni, seperti warna kuning, pink, dll.

Uyel-uyel itu maksudnya keriting memang untuk membentuk kerupuk biasa ini dengan cara di uyel-uyel membentuk keriting. 

Kerupuk Blek ini sangat penting untuk pelengkap makan soto ayam dan soto daging, lontong kari, sate ayam dan, sate kambing, bakso sapi, mie kocok, mie jawa, mie godhog, mie tek tek, serombotan, gado-gado, dan ketoprak.

Apalagi untuk anak kos, Kerupuk Blek adalah penyelamat tanggal tua, cukup dengan nasi putih hangat dan kecap manis sudah berasa nikmat luar biasa.

Kerupuk Uyel atau Kerupuk Blek disediakan dengan kemasan dalam kaleng atau bungkus plastik dan dengan mudah bisa ditemukan di rumah makan padang, warteg, dan rumah makan sunda, warung makan, dll. 

Dalam hal ukuran juga variatif dibuat oleh pabrik kerupuk dari ukuran kecil, sedang sampai yang besar jumbo. Daerah penghasil kerupuk enak dan terkenal adalah sentra kerupuk ada di Demak dan kota Pati jawa tengah dan di hawa barat ada di Ciamis.

Produksi dilakukan dengan mesin adapula manual untuk cetak kerupuk uyel mentah, selain itu ada juga di daerah Jawa, Sumatera, Bali, dll, memang kebanyakan yang memproduksi kerupuk ini adalah orang Jawa dan Sunda.

Hal unik lain dari kerupuk Blek adalah nama-nama di kalengnya, misalnya ada Harapan Jaya, Putra ACC, Putra Jaya, Hikmah, Subur dll.

Kerupuk Blek diolah dengan dua cara, umumnya digoreng dengan minyak tapi adapula digoreng dengan pasir, untuk beberpa orang kerupuk goreng pasir adalah pilihan bagus untuk yang sedang diet minyak goreng, cocok nih saat migor harganya gak masuk akal.

Oke sobat Campusnesia, lewat postingan kali ini yuk coba kita belajar membuat kerupuk Blek atau Uyel, kami kutip dari laman carabuatresep.blogspot.com ini resep dan langkah-langkahnya.



Bahan Kerupuk Blek:
- 500 gram tepung tapioka
- 50 gram tepung terigu
- 125 ml air
- 20 gram garam
- 15 gram bawang putih
- 15 gram gula pasir
- Penyedap rasa secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Blek atau Uyel Gurih Renyah:
- Tumbuk dan goreng bawang putih. Dinginkan dan campur dengan garam, gula pasir dan penyedap rasa.

- Tambahkan tepung tapioka dan terigu. Tuang air sambil diuleni hingga kalis. Tambah pewarna jika suka.

- Cetak berbentuk bulat keriting (uyel-uyel) dengan cetakan berlubang kecil-kecil atau menggunakan alat manual seadanya.

- Kukus hingga matang, kurang lebih 15-25 menit.

- Jemur hingga kering di bawah panas matahari.

- Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat, tiriskan
Sajikan.

- Atau goreng dengan pasir yang sudah diayak, tiriskan dan sajikan


Demikian tadi postinga kita kali ini tentang Tanggal 6 Mei 2022 Harga Kerupuk Blek atau Uyel Naik, Yuk Bikin Sendiri Ini Resepnya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


Referensi 11 Website Penyedia Template Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang

0



Campusnesia.co.id -  Sebagaimana kita tahu, CV sangat penting dalam proses melamar magang bagi mahasiswa dan mencari kerja untuk mereka yang sudah lulus. Kita pernah membahas tentang website penyedia template CV yang ATS Friendly bisa dibaca di sini.

Selain CV hal penting lainnya adalah Cover Letter atau Surat Pengantar yaitu dokumen yang dikirim bersama dengan surat lamaran serta curriculum vitae (CV) untuk menyediakan informasi tambahan mengenai ketrampilan dan pengalaman yang kita miliki. Dengan kata lain, cover letter adalah sarana bagi kita untuk melakukan promosi diri kepada perusahaan atau tempat kerja yang hendak dilamar.

Baik sobat Campusnesia, kita mulai saja kami kumpulkan dari berbagi sumber berikut adalah Website dan Link PDF Referensi CV dan Template Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang.


1. Harvard University
Undergrad resumes and cover letters



2. Arizona University
Resume dapat memberikan gambaran tentang karier kita, tetapi surat lamaran dapat menceritakan sebuah kisah tentang pengalaman spesifik dan relevan dengan pekerjaan yang akan kita lamar. Dengan Cover Letter kita juga jadi punya kesempatan untuk menceritakan kepribadian kita, jadi yakin mau melewatkan kesempatan ini?

Surat lamaran sebaiknya harus fokus pada peluang kerja tertentu, yang menghubungkan pengalaman kita dengan lowongan pekerjaan itu. Tetap singkat, padat dan jelas cukup tiga hingga lima paragraf, dengan setiap paragraf berfokus pada aspek mengapa kita cocok untuk pekerjaan itu.

Baca deskripsi pekerjaan dengan cermat, sehingga surat lamaran kita benar-benar menceritakan dengan kualifikasi yang diminta. Karena kita ingin menjelaskan mengapa kita bermanfaat bagi perusahaan di posisi tersebut.

4 Tips Membuat Cover Letter
1. Pastikan menyertakan info kontak kita di bagian atas, dalam format yang sama dengan resume atau CV.

2. Paragraf satu memperkenalkan diri dan minat kita pada posisi tersebut. Ini bisa jadi pertimbangan untuk user saat membaca lebih lanjut.

3. Paragraf dua atau tiga merinci apa yang dapat kita tawarkan kepada pemberi kerja berdasarkan deskripsi pekerjaan. Ini menyoroti pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang kita miliki.

4. Paragraf terakhir menutup Cover Letter dengan secara singkat menyatakan kembali minat kita pada posisi atau organisasi dan berterima kasih kepada perusahaan atas pertimbangannya.

Link tips Cover Letter dari Arizona University: https://career.arizona.edu 
Link download Cover Letter Builder dari Arizona University: https://career.arizona.edu/cover-letter-builder


3. Zety Template Cover Letter
Website Zety menyediakan Cover Letter Templates, Resum Templates dan CV Templates cocok untuk sobat yang sedang mencari referensi untuk melamar magang atau kerja di perusahaan baru.

Link download Cover Letter Templates dari Zety klik di sini: https://zety.com/cover-letter-templates 


4. Novoresume Template Cover Letter

Seperti Zety, Novoresume juga menyediakan template Cover Letter, Resume Templates dan CV Templates baik yang biasa maupun ATS friendly.

Tersedia dalam bentuk pdf, semua template CV di Novoresum ini tersedia gratis untuk basic. Tapi untuk memanfaatkan beberapa fitur pembuat CV premium akan dikenakan biaya.

Template CV Kreatif dan Profesional, apa pun jenis pekerjaan yang kita lamar, Novoresume memiliki template untuk pelajar, mahasiswa perguruan tinggi kami, tersedia template CV kreatif kami dan ATS friendly.

Link download Cover Letter Templates dari Novoresume klik di sini: https://novoresume.com/cv-templates 



5. Prospects Template Cover Letter
CVs are tricky to get right and the success of a job application often hinges on your cover letter. If you're in need of expert CV and cover letter advice then you've come to the right place. Discover how to write them, mistakes to avoid and a variety of CV and cover letter examples to help you target your application to the company.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Prospects klik di sini: https://www.prospects.ac.uk 


6. Manchester University Template Cover Letter

Berikutnya adalah referensi Template Cover Letter dari Manchester University, sebuah kampus yang sudak eksis sejak tahun 1824.

Selain template di websote Manchester University ini juga menyediakan contoh Cover Letter dan tentu saja berbahasa inggris.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Manchester University klik di sini: https://www.careers.manchester.ac.uk 



7. Bestfolios Template Cover Letter

Bestfolios menyediakan resume terbaik dari UI/UX dan komunitas desain grafis di seluruh dunia dan portofolio dari desainer top di industri he industry UX Design, Graphic Design, Motion Design, Industrial Designer dan UX Researcher.

Ada pula rekomendasi buku yang dipilih direkomendasikan oleh komunitas desain dan yang menarik banyak artikel seputar dunia pekerjaan, misalnya beberapa artikel yang berjudul 5 Impressive Case Studies from Google Designers, 5 Amazing Designer Resumes that Passed Facebook’s Bar, 10 Fantastic Portfolio Websites from Silicon Valley Design Leads dan masih banyak lagi yang lainnya.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Bestfolios klik di sini: https://www.bestfolios.com/resumes 


8. Livecareer Cover Letter Builder
LiveCareer menawarkan lebih dari 30 templat surat lamaran untuk membantu kita menemukan desain yang tepat.

Untuk memastikan aplikasi kita akan melewati applicant tracking system (ATS) dan ke tangan perekrut, semua template resume di Livecareer katanya sudah diuji untuk memastikan ramah ATS untuk membantu kita diterima kerja.

Coba yang mau coba Livecareer untuk buat Cover Letter yang katanya hanya dalam 15 Menit, klik di sini: https://www.livecareer.com


9. Canva Cover Letter Template
Tentu saja, website desain instan Canva juga menyediakan template untuk membuat surat pengantar kerja atau cover letter. Canva nyaris menyediakan semua hal template desain, edit foto, Template PPT, poster, pamflet promosi, banner, spanduk, cover buku, media promosi sosial media dan CV.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Canva  klik di sini: https://www.canva.com


10. Resumegenius Cover Letter Template

Menurut betterteam.com Resumgenius menjadi website nomer 2 dalam jajaran Best Cover Letter Generators pada tahun 2021.

Dalam webistenya, resumgenius mengatakan mereka menggunakan AI dalam resume builder dan bisa dibuat dalam hanya waktu 12 menit saja.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Resumgenius klik di sini: https://resumegenius.com


11. Kickresume Cover Letter Template

Berikutnya adalah Kickresume sebuah website yang menyediakan cover letter templates secara gratis.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Resumgenius klik di sini: https://www.kickresume.com 


12. Template Cover Letter Resume.io
Free cover letter templates, Stand out and get hired faster with our collection of free professional cover letter templates expertly-designed to land you the perfect position.

Link download, tips dan trik Cover Letter dari Resume.io klik di sini: https://resume.io/cover-letter-templates



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Website dan Link PDF Referensi CV dan Template Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis:
Nandar



Trivia:
What is a Curriculum Vitae (CV)?
A Curriculum Vitae, or CV for short, is a professional document that summarizes your work history, education, and skills. The main purpose of a CV is to sell you, as a candidate, to prospective employers.

When applying for a position, you’re always going to be asked for a CV, coupled with a cover letter.

What’s the Difference Between a CV and a Resume?
If you ask a European, the answer is that the two (for most people) are the same thing.

The term “resume” is more popular in the US, while “CV” is a lot more commonplace in Europe.

In the US, however, a CV sometimes refers to an academic CV - pretty much the same thing as a resume, but a lot more comprehensive.

While a resume is short (one, two pages max) and comprehensive (only the relevant experience), an academic CV can be as many pages as you need, covering everything you’ve ever done in your career.

Now, you’re probably wondering, are these CV templates the same as the resume template ones, or are they for academic CVs?

The answer is both - you can use our templates for both purposes! If you’re looking for an academic CV, just add more pages. If you’re looking for a traditional CV, just stick to the one-page limit.

What to Include in a CV?
The most common sections that go on a CV are the following:

1. Contact Information - Your contact info. This includes email, name, professional title, and social profiles.

2. Resume Summary (or Resume Objective) - You can look at the resume summary as an introduction to your resume. It’s a small paragraph (2-4 sentences) that goes on top of your CV and gives a snapshot of your work history. Usually, it includes job titles, years of experience, and one or two top achievements. A resume objective, on the other hand, is suited for candidates with limited work experience, as it focuses more on intent to work at the company and skill-set.

3. Work Experience - Your work history in reverse-chronological order. Think, starting from the latest, and ending with the earliest.

4. Skills - A shortlist of your top competencies. This includes both soft skills and hard skills.

4. If you want to add some personality to your CV, or if you’re a recent graduate with not a lot of work experience, you can also include some of the optional sections - hobbies & interests, volunteering experience, and personal projects.


Contoh cover letter bahasa indonesia, apa itu cover letter dan contohnya, contoh cover letter fresh graduate, contoh cover letter bahasa indonesia fresh graduate, perbedaan cover letter dan surat lamaran, cover letter indonesia, contoh cover letter fresh graduate tanpa pengalaman.


===
Baca Juga:

Daftar 40+ Istilah dalam Dunia Stand Up Comedy Penting untuk Dipelajari

0



Campusnesia.co.id - Melihat dunia hiburan saat ini hampir tiap acara ada comika, yaitu mereka yang memulai karir sebagai stand up comedyan. 

Mulai dari sutradar film, aktor film, sinetron, web series, talkshow, acar digital di youtube hingga podcast selalu ada nama-nama yang lair dan besar sebagai comika.

Semua orang juga bisa menjadi stand up comedyan syaratnya mau belajar dan tekun berlatih dengan open mic serta pantang menyerah.

Namun yang perlu diketahui, mereka yang kini sukses dari dunia standup komedi harus melalui proses yang panjang. Tahap belajar, menulis materi, open mic, mengikuti kompetisi hingga akhirnya dikenal publik dan dapat kesempatan yang lebih baik.

Lewat postingan kali ini, kami kutip dari media online Loetju.id yang membahas seputar dunia stand up comedy, Campusnesia akan merangkum daftar istilah dalam dunia stand up comedy yang bisa dijadikan referensi untuk sobat yang ingin belajar dan meniti karir sebagai comika, apa saja? ini daftarnya.


1. Set up
Untuk membangun sebuah premis komedi, maka seorang komedian harus mengungkapkan atau mendeskripsikan situasi, baik singkat maupun panjang lebar.


2. Punchline
Punchline adalah bagian lucu dari sebuah lawakan. Punchline adalah respon dari sebuah deskripsi atau set-up yang sebelumnya disampaikan.

Keberhasilan dari sebuah punchline ditentukan dari seberapa kuat seorang komedian membangun dan menggiring pikiran penonton melalui set-up.


3. Bit
Bit adalah sebuah item komedi. Biasanya, bit juga disebut sebagai sebuah materi komedi. Dalam rangkaian sebuah penampilan stand-up comedy, seseorang merangkai beberapa bit.

Bit sendiri secara teori dan pada umumnya tersusun dari set-up dan punchline. Tapi, improvisasi seorang komedian memungkinkan dalam satu bit menghadirkan lebih dari satu punchline.


4. Roasting
Dilansir dari Liveabout, roasting mengacu pada teknik komedi mengolok-olok sesuatu, seseorang, atau hal apapun. Biasanya roasting memang jelas tertuju pada suatu objek yang disebutkan.

Olok-olok memang menjadi formula mudah untuk membangun sebuah lelucon, karena hal tersebut sebetulnya biasa dilakukan di keseharian. Namun, biasanya roasting diakhiri dengan bentuk penghormatan.

5. Act Out
Teknik komedi selanjutnya yang kerap digunakan seorang komedian adalah Act Out. Teknik ini adalah teknik memperagakan sesuatu untuk menyampaikan pesan dengan unsur komedi.

Biasanya Act Out dilakukan berlebihan, agar gerakan tersebut terlihat lucu dan penonton paham apa maksud komedi dari gerakan yang dilakukan.

6. Call back
Sebuah punchline biasanya bisa lucu berkali-kali jika konteksnya berulang, bahkan menjadi tambah lucu. Ketika seseorang mengambil punchline yang telah ia keluarkan, dan menyampaikannya ulang dengan konteks tertentu, itulah teknik callback.

Butuh kejelian untuk melakukan teknik callback. Pahit-pahit, punchline kedua yang dikeluarkan tidak jadi lucu karena konteksnya tidak terbawa, dan terkesan sebagai pengulangan semata.

7. Laugh per Minute (LPM)
LPM digunakan sebagai variabel penilaian untuk sebuah penampilan stand-up comedy. Artinya, berapa kali tawa yang terjadi dalam 1 menit menjadi tolak ukur sebuah penampilan stand-up comedy berhasil atau tidak.


8. Open Mic
Ajang latihan bagi para komika untuk mencoba materi mereka lucu atau tidak dan mencari cara yang paling tepat serta nyaman sebuah bit. Open mic juga bermanfaat untuk mencari materi yang paling ringkas dalam penyampaian.


9. Premis
Kata pengantar yang menggiring penonton kepada candaan dari komika.


10. Rifing
Riffing adalah mengajak penonton untuk berinteraksi. Biasanya menjadikan penonton sebagai objek lelucon. Hati-hati menggunakan riffing karena sering gagal atau mungkin menyinggung perasaan penonton.


11. Hackling
Sebutan untuk para penonton yang sering mengganggu penampilan komika, mereka disebut Hackler.


12. Delivery
Kalau premis adalah penggiringan materi ke punchline, delivery lebih kepada penyampaian materi ke penonton yang terdiri dari empat unsur, yaitu, Artikulasi, Mic-ing, gesture, dan emosi.


13. Impersonationate
Impersonationate adalah teknik peniruan tokoh, biasanya yang sudah terkenal. Peniruan bisa dari gaya bicara, gerak tubuh, dan kata-kata khasnya.


14. Self Bullying
Self Bullying adalah teknik menjelek-jelekkan diri sendiri dengan tujuan untuk bisa membuat penonton tertawa. Teknik ini lebih aman dibandingkan Riffing, karena objeknya adalah kita sendiri.


15. Rule of Three
Adalah teknik penggunaan tiga kalimat, dua kalimat awal digunakan sebagai set up. sementara satu kalimat terakhir, digunakan sebagai punchline. Contoh: “Ada piring dateng gue cuci, habis cuci gue elap, habis elap terbitlah terang.”


16. Bomb
Situasi ketika pelawak tunggal gagal membuat penonton tertawa atau garing. Callback: Sebuah lelucon yang mengacu pada lelucon lain yang disajikan sebelumnya.


17. 1st Story
Suatu keadaan atau bayangan yang dibayangkan dalam pikiran penonton berdasarkan set up.

18. 2nd Story
Suatu keadaan atau bayangan yang dibayangkan dalam pikiran penonton berdasarkan punchline.


19. Angle
Pandangan seorang pelawak tunggal terhadap sebuah atau beberapa subjek.
Beat: Pause atau berhenti sesaat.


20. Blue Material
Bahan materi yang jorok/kotor/sumpah serapah.


21. Catch Phrase
Frasa atau ucapan umum yang diucapkan dengan gaya khusus oleh seorang pelawak tunggal dan menjadi trademark nya setiap penampilan.


22. Character
Persona atau kepribadian seorang pelawak tunggal.


23. Chunk
Serangkaian jokes dengan tema tertentu.


24. Closing Line
Joke terakhir dalam sebuah penampilan yang biasanya mengundang tawa yang hebat.


25. Deadpan
Sebuah format penampilan seorang pelawak tunggal dimana jokes yang disampaikan tanpa ekspresi wajah, pergantian emosional atau bahasa tubuh.


25. Dying
Proses sebelum gagal/bomb.


26. Extro
Apa yang dikatakan MC tentang pelawak tunggal yang baru saja turun dari panggung.


27. Flopping
Bomb berkali-kali.


28. Gig
Show atau pertunjukan.


29. Hack
Pelawak tunggal yang menampilkan jokes yang tidak orisinil.


30. Hammocking
Teknik untuk menempatkan materi yang agak lemah di antara dua materi yang kuat.


31. Headliner
Pelawak tunggal yang tampil terakhir dan menjadi bintang dalam sebuah pertunjukan stand-up.


32. Heckler
Seseorang yang tampil terakhir dan menjadi pengganggu dengan maksud membuat sang pelawak tunggal gagal.


33. Hook
Ciri khas.


34. Inside Joke
Joke yang hanya bisa dimengerti oleh sekelompok orang tertentu.


35. Dark Joke
Jenis lelucon yang berpotensi menyinggung 


36. Intro
Apa yang dikatakan MC sebelum pelawak tunggal naik panggung.


37. Kill
Situasi ketika pelawak tunggal sukses membuat penonton tertawa sepanjang set yang dilontarkannya.


38. Line Up
Daftar atau urutan tampil pelawak tunggal.


39. One Liner
Joke yang hanya terdiri dari 1 atau 2 kalimat singkat.

40. Opener
Pelawak tunggal yang tampil pertama dari sederetan pelawak tunggal yang tampil dalam satu pertunjukan.


41. Paraprodoskian
Teknik membawakan materi di mana di ujung kalimatnya tersimpan slogan yang mengejutkan/tidak disangka yang biasanya slogan di akhir tersebut maknanya sama dengan awal kalimat di materi sehingga membuat penonton berpikir kembali. Teknik ini sedikit mirip dengan one liner dan dibutuhkan kemampuan memainkan anekdot (perbandingan) kosakata yang tepat.


42. Pause
Berhenti bicara sejenak untuk memainkan timing.


43. Persona
Karakter seorang pelawak tunggal dalam membawakan lawakan, misalnya Rigen personanya marah-marah, Rahmet anak STM dll


44. Self Destruction
Teknik membawakan materi di mana sang pelawak tunggal membeberkan serta meledek kekurangan dirinya sendiri untuk memancing tawa penonton.


45. Set
Satuan pertujukan stand-up yang biasanya terdiri atas sejumlah bit. Misalnya, semua bit yang dimiliki seorang pelawak tunggal digabungkan menjadi satu dengan rangkaian yang pas dan teratur, maka sang pelawak punya set berdurasi sekitar 30 menit.



Demikian tadi sobat Loetju, postingan kita kali ini tentang Daftar 40+ Istilah dalam Dunia Stand Up Comedy Penting untuk Dipelajari, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


**Artikel ini telah tayang di Loetju.id dengan judul "50 Daftar Istilah dalam Dunia Standup Comedy"


Baca Juga:

Panduan Bermain TikTok, Membuat Akun, FYP dan Cara Menghasilkan Uang

0
 


Campusnesia.co.id - Popularitas sosial media berbasis video pendek TikTok semakin tak terbendung mengejar pendahulunya seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube, jika sebelumnya ada profesi bernama Selebtwit, Youtuber dan Selebgram kini muncul generasi baru yaitu TikToker.

Menurut Insider Intelligence TikTok diprediksi akan memiliki pengguna aktif mencapai 755 juta orang pada tahun 2022. Angka tersebut diraih berdasarkan pertumbuhan pengguna TikTok pada tahun 2020 yang mencapai 59,8 persen dan 40,8 persen pada tahun 2021.

Sejarah TikTok
Aplikasi TikTok berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada awal September tahun 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming yang sekaligus pendiri dari sebuah perusahaan berbasis teknologi yaitu ByteDance.

Sebelum dikenal luas oleh masyarakat dunia, aplikasi ini dulunya dikenal dengan sebutan Douyin di negara asalnya. Dimana pengguna hanya menggunakan aplikasi ini untuk membagikan video pendek dengan durasi 15 detik ke pada seluruh pengguna lainnya.

Siapa sangka, aplikasi ini ternyata mendapat respon positif dari penggunanya, sehingga aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer di negara asalnya. 

Karena merasa berhasil memperkenalkan di negara asalnya sendiri, BytdeDance akhirnya mencoba untuk memperkenalkan aplikasi ini kepada masyarakat Dunia. Sehingga ByteDance memutuskan untuk mengganti nama Douyin menjadi TikTok.

Pada tahun 2018, aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang cukup viral di Indonesia. Pasalnya, pada tanggal 3 Juli 2018, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir aplikasi ini karena di anggap tidak memberikan konten yang mendidik.

Namun, hanya berselang sebulan kemudian, yaitu pada bulan Agustus 2018, aplikasi TikTok dapat di unduh kembali. Kendati memiliki history yang kurang mengenakan, pengguna TikTok di Indonesia sendiri mencapai angka 30,7 Juta yang tercatat pada bulan Juli tahun 2020 lalu. Bahkan hingga kini, aplikasi TikTok sudah di unduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Angka yang cukup fantastis bukan?

Untuk dapat mencapai status sebagai salah satu platform yang populer sekarang ini tentu bukanlah hal yang mudah. TikTok sempat mengalami beberapa hambatan. Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Selain itu, dalam perjalanannya menjadi sebuah platform yang cukup di gemari, TikTok juga pernah menghadapi persaingan dengan salah satu platform serupa yang juga kita kenal dengan nama Musical.ly. 

Karena merasa terancam, akhirnya pada November 2017 TikTok pun mengakuisisi Musical.ly dengan nominal Rp13,6 miliar. (sumber: dailysocial.id)


Panduan membuat akun di Tiktok:

1. Membuat akun
Untuk menyiapkan akun TikTok:
1. Unduh TikTok dari Google Play atau App Store.
2. Buka aplikasi.
3. Ketuk Profil di kanan bawah.
4. Pilih metode untuk mendaftar.

Catatan: Pastikan email dan nomor telepon Anda valid karena diperlukan untuk masuk dan pemulihan kata sandi.

Menyiapkan profil Anda

3. Menambahkan foto profil atau video
Untuk menambah atau mengubah foto profil atau video:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk Edit Profil.
3. Ketuk Ubah Foto atau Ubah Video.
4. Untuk foto, pilih Ambil foto atau Pilih dari Galeri. Untuk video, pilih dari galeri Anda.

Catatan: Foto profil tidak akan terlihat di profil Anda setelah video profil ditetapkan. Foto harus minimal 20x20 piksel agar dapat diunggah.


4. Mengganti nama pengguna Anda
Nama pengguna adalah @namapengguna yang dapat digunakan oleh pengguna TikTok lain untuk menandai atau menemukan Anda. Nama adalah nama yang terlihat oleh para pengguna di profil Anda.

Untuk mengganti nama pengguna Anda:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk Edit profil.
3. Masukkan nama pengguna yang Anda inginkan.

Catatan: Nama pengguna Anda hanya dapat diubah sekali setiap 30 hari. Nama pengguna hanya boleh berisi huruf, angka, garis bawah, dan titik. Namun, titik tidak dapat diletakkan di akhir nama pengguna.
5. Menautkan akun media sosial lain
Untuk menambah akun media sosial lain ke profil TikTok:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk Edit profil.
3. Pilih Tambah Instagram ke profil Anda atau Tambah YouTube ke profil Anda untuk menautkan akun media sosial Anda.


6. Mengubah preferensi bahasa
Anda dapat mengubah bahasa yang ditampilkan di aplikasi TikTok Anda kapan saja.

Untuk mengubah preferensi bahasa:

1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk ikon 3-garis di kanan atas untuk membuka pengaturan.
3. Ketuk Pengaturan dan Privasi.
4. Ketuk Basa Apl.
5. Pilih bahasa pilihan Anda dari daftar tersebut.


7. Untuk Anda
Untuk Anda adalah feed video yang dipersonalisasi berdasarkan minat dan keterlibatan pengguna. TikTok memiliki lingkup ragam konten yang luas dan Kami ingin menampilkan video yang paling menarik dan relevan kepada para pengguna Kami.

8. Membuat video pertama Anda
Buat video TikTok pertama Anda dan bergabunglah dengan komunitas kreator yang kreatif, kolaboratif, dan pembuat tren!

Untuk membuat video baru:

1. Ketuk + di bagian bawah layar.
2. Unggah konten dari Pustaka perangkat Anda atau gunakan kamera TikTok.
3. Tambah Suara, Efek, Filter, atau alat kamera lainnya.
4. Mulai video Anda dengan menekan tombol Rekam.
5. Rekam konten Anda.
6. Ketuk tanda centang.
7. Buat editan tambahan di halaman postingan.
8. Posting video Anda!


Membuat Acara LIVE di TikTok
Acara LIVE memungkinkan kreator untuk memberitahukan waktu LIVE dari jauh-jauh hari kepada penontonnya, sehingga penonton dapat menemukan, mendaftar, dan mendapatkan notifikasi tentang streaming LIVE yang akan datang.

Cara mendaftar ke acara
Untuk mendaftar ke acara:
1. Buka halaman profil kreator.
2. Ketuk acara LIVE mendatang (di bawah biodata kreator).
3. Pilih acara yang Anda minati.
4. Ketuk Daftar.

Membagikan acara
Untuk membagikan acara:
1. Pilih acara.
2. Ketuk tombol Bagikan (panah di sudut kanan atas).
3. Pilih dengan siapa Anda ingin membagikan acara tersebut.

Menambahkan acara ke kalender
Untuk menambahkan acara ke kalender:
1. Pilih acara.
2. Ketuk tombol Bagikan (panah di sudut kanan atas).
3. Pilih Tambahkan ke kalender.

Melaporkan acara
Untuk melaporkan acara:
1. Pilih acara.
2. Ketuk tombol Bagikan (panah di sudut kanan atas).
3. Pilih Laporkan.
4. Pilih alasan dan ikuti langkah untuk melaporkan acara.


Panduan Menggunakan TikTok:

1. Tentang Stitch
Stitch adalah alat kreasi yang memungkinkan Anda menggabungkan video lain di TikTok dengan video yang Anda buat. Jika Anda mengizinkan orang lain untuk membuat Stitch dengan video Anda, mereka dapat menggunakan potongan video Anda sebagai bagian dari video mereka.

Ingat, Anda harus memiliki akun publik agar orang lain dapat membuat Stitch dengan video Anda. 

Anda bisa memilih siapa yang dapat membuat Stitch dengan video Anda di pengaturan:
Dalam pengaturan privasi akun, Anda bisa memilih siapa yang dapat membuat Stitch dengan video Anda:
•  Semua orang: Jika Anda memilih Semua orang dan mengaktifkan Stitch, siapa pun dapat membuat Stitch dengan video Anda.
•  Teman: Jika Anda memilih Teman dan mengaktifkan Stitch, hanya teman Anda yang dapat membuat Stitch dengan video Anda. Teman adalah orang-orang di TikTok yang Anda ikuti dan yang mengikuti Anda kembali.
Anda juga dapat menonaktifkan Stitch di semua video Anda sekaligus di pengaturan privasi. Artinya, Anda tidak perlu membuka video satu per satu untuk menonaktifkan Stitch.

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Stitch untuk setiap video Anda:
Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan Stitch sebelum memposting video, atau untuk video yang sudah ada.
•  Jika Anda mengaktifkan Stitch: Grup yang Anda pilih di pengaturan Stitch untuk semua video Anda dapat membuat Stitch dengan video ini. Misalnya, apabila Anda memilih untuk hanya mengizinkan Teman Anda untuk membuat Stitch dengan semua video Anda, lalu Anda mengaktifkan Sticth untuk satu video, hanya Teman Anda yang dapat membuat Stitch dengan video tersebut.
•  Jika Anda menonaktifkan Stitch: Orang lain tidak dapat membuat Stitch dengan video Anda.

Hal-hal yang perlu diketahui saat mengizinkan orang lain membuat Stitch dengan video Anda:
•  Pengaturan privasi orang tersebut akan menentukan siapa yang dapat menonton, mengomentari, mengunduh, atau berinteraksi dengan video Stitch. 
•  Video Stitch hanya akan muncul di profil orang yang merekam Stitch tersebut. Video asli Anda hanya akan muncul di halaman profil Anda.
•  Jika Anda mengizinkan orang lain untuk membuat Stitch dengan video Anda tetapi kemudian mengubah pengaturan untuk membatasi siapa yang dapat menggunakan video Anda atau menghapus video Anda, Stitch apa pun yang sudah dibuat akan tetap ada di TikTok. Jika ada pertanyaan atau kekhawatiran, Anda dapatmelaporkan video.

Jika Anda berusia di bawah 18 tahun:
Harap tinjau Pengaturan Privasi dan Keamanan untuk pengguna di bawah usia 18 tahun untuk mengetahui detail selengkapnya tentang pengaturan Stitch Anda. 

Membuat Stitch dengan video orang lain
1. Ketuk ikon panah di sebelah kanan video yang ingin Anda jadikan Stitch.
2. Ketuk Stitch di bagian bawah.
3. Pilih video yang akan dijadikan Stitch, lalu ketuk Berikutnya.
4. Pilih dari opsi pembuatan film di sebelah kanan.
5. Ketuk tombol merah untuk memulai dan menghentikan perekaman, lalu ketuk tanda centang.
6. Edit video Anda, lalu ketuk Berikutnya.
7. Sesuaikan pengaturan Anda, tulis keterangan, dan ketuk Posting.
Catatan: Tidak semua video mengaktifkan Stitch.

Mengelola pengaturan privasi Stitch untuk semua video Anda
Pilih siapa yang dapat membuat Stitch dengan video Anda:
1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk ikon 3-garis di kanan atas untuk membuka pengaturan.
3. Ketuk Pengaturan dan Privasi.
4. Ketuk Privasi, lalu ketuk Stitch.
5. Di bawah Siapa yang dapat membuat Stitch dengan video Anda, pilih siapa yang Anda izinkan untuk membuat Stitch.

Mengelola pengaturan privasi Stitch untuk salah satu video Anda
Sebelum Anda memposting video:
Pada langkah terakhir sebelum Anda memposting video, Anda dapat memilih apakah video tersebut dapat dijadikan Stitch oleh orang lain.
1. Buat video Anda.
2. Pada layar Posting, ketuk ikon tombol geser di samping Izinkan Stitch untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Untuk video yang sudah ada:
1. Buka video yang ingin Anda ubah pengaturannya. Anda dapat menemukan video Anda di profil.
2. Ketuk ikon 3-titik di sebelah kanan.
3. Ketuk Pengaturan privasi di bagian bawah.
4. Di samping Izinkan Stitch, ketuk ikon tombol geser untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.


Tentang Duet di Tiktok
Dengan Duet, Anda dapat memposting video Anda berdampingan dengan video dari kreator lain di TikTok. Duet berisi dua video di layar terpisah yang diputar secara bersamaan.
Ingat, Anda harus memiliki akun publik agar orang lain dapat membuat Duet dengan video Anda.

Anda bisa memilih siapa yang dapat membuat Duet dengan video Anda di pengaturan:
Di pengaturan privasi akun, Anda bisa memilih siapa yang dapat membuat Duet dengan video Anda:
•  Semua orang: Jika Anda memilih Semua orang dan mengaktifkan Duet, siapa pun dapat membuat Duet dengan video Anda.
•  Teman: Jika Anda memilih Teman dan mengaktifkan Duet, hanya teman Anda yang dapat membuat Duet dengan video Anda. Teman adalah orang-orang di TikTok yang Anda ikuti dan yang mengikuti Anda kembali.
Anda juga dapat menonaktifkan Duet di semua video Anda sekaligus di pengaturan privasi. Artinya, Anda tidak perlu membuka video satu per satu untuk menonaktifkan Duet. 

Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan Duet untuk setiap video Anda:
Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan Duet sebelum memposting video, atau untuk video yang sudah ada.
•  Jika Anda mengaktifkan Duet: Grup yang Anda pilih di pengaturan Duet untuk semua video Anda dapat membuat Duet dengan video ini. Misalnya, apabila Anda memilih untuk hanya mengizinkan Teman Anda untuk membuat Duet dengan semua video Anda, lalu Anda mengaktifkan Duet untuk satu video, hanya Teman Anda yang dapat membuat Duet dengan video tersebut.
•  Jika Anda menonaktifkan Duet: Orang lain tidak dapat membuat Duet dengan video Anda.

Hal-hal yang perlu diketahui saat mengizinkan orang lain membuat Duet dengan video Anda:
•  Pengaturan privasi orang tersebut akan menentukan siapa yang dapat menonton, mengomentari, mengunduh, atau berinteraksi dengan Duet.
•  Duet hanya akan muncul di profil orang yang merekam Duet tersebut. Video asli Anda hanya akan muncul di halaman profil Anda. 
•  Jika Anda mengizinkan orang lain untuk melakukan Duet dengan video Anda, tetapi kemudian mengubah pengaturan untuk membatasi siapa yang dapat menggunakan video Anda atau menghapus video Anda, Duet apa pun yang sudah dibuat akan tetap ada di TikTok. Jika ada pertanyaan atau kekhawatiran, Anda dapat melaporkan video.

Jika Anda berusia di bawah 18 tahun:
Silakan tinjau Pengaturan Privasi dan Keamanan untuk pengguna di bawah usia 18 tahun untuk mengetahui detail selengkapnya tentang pengaturan Duet Anda.

Membuat Duet dengan video orang lain
1. Ketuk ikon panah di sebelah kanan video yang ingin Anda jadikan Duet.
2. Ketuk Duet di bagian bawah.
3. Pilih dari opsi pembuatan film di sebelah kanan.
4. Ketuk tombol merah untuk memulai dan menghentikan perekaman, lalu ketuk tanda centang.
5. Edit video Anda, lalu ketuk Berikutnya.
6. Sesuaikan pengaturan Anda, tulis keterangan, dan ketuk Posting.
Catatan: Tidak semua video mengaktifkan Duet. 

Mengelola pengaturan privasi Duet untuk semua video Anda
Pilih siapa yang dapat membuat Duet dengan video Anda:
1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk ikon 3-garis di kanan atas untuk membuka pengaturan Anda.
3. Ketuk Pengaturan dan Privasi.
4. Ketuk Privasi, lalu ketuk Duet.
5. Di bawah Siapa yang dapat membuat Duet dengan video Anda, pilih siapa yang Anda izinkan untuk membuat Duet.

Mengelola pengaturan privasi Duet untuk salah satu video Anda
Sebelum Anda memposting video:
Pada langkah terakhir sebelum Anda memposting video, Anda dapat memilih apakah video tersebut dapat dijadikan Duet oleh orang lain.
1. Buat video Anda.
2. Pada layar Posting, ketuk ikon tombol geser di samping Izinkan Duet untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Untuk video yang sudah ada:
1. Buka video yang ingin Anda ubah pengaturannya. Anda dapat menemukan video Anda di profil.
2. Ketuk ikon 3-titik di sebelah kanan.
3. Ketuk Pengaturan privasi di bagian bawah.
4. Di samping Izinkan Duet, ketuk ikon tombol geser untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.


Cara meningkatkan jumlah penonton TikTok:

Untuk meningkatkan jumlah penonton Tiktok Anda:
1. Kenali penonton Anda
• Analitik adalah sumber daya yang luar biasa untuk mendapatkan wawasan mengenai video yang sedang tren dan keterlibatan penonton teratas Anda
• Lihat daftar pengikut, suka, dan komentar video
• Terlibat dengan penonton Anda dengan membaca, memberi reaksi, dan membalas komentar

2. Berkolaborasi dengan kreator lain
TikTok adalah komunitas kreator. Berkolaborasi dengan kreator lain membantu konten Anda menjangkau lebih banyak penonton. Hubungi kreator menarik lainnya!

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari kolaborator:
• Kategori dan genre konten yang serupa
• Format video yang serupa
• Ukuran penonton yang serupa

Hubungi kreator lain di komunitas:
• Pastikan Anda dan kreator tersebut saling mengikuti
• Tulis komentar dan terlibat dengan konten mereka
• Mengobrol atau bertemu di acara TikTok atau acara kreator

Bertukar pikiran mengenai cara untuk bekerja sama:
• Muncul atau menjadi bintang tamu di video pihak lainnya
• Saling menandai di keterangan atau tantangan

3. Berpartisipasi dalam tantangan tagar yang sedang tren:
Tagar yang sedang tren adalah cara kreatif untuk menemukan topik baru yang akan membuat konten Anda ditampilkan kepada lebih banyak penonton. Berpartisipasi dalam tantangan juga membantu Anda terlibat dengan komunitas tersebut.

4. Posting video secara rutin:
Aktif di platform memberi penonton Anda harapan untuk menantikan konten Anda berikutnya. Memposting 3–5 video per minggu telah terbukti berhasil untuk menghasilkan peningkatan jumlah penonton yang stabil.

5. Terhubung dengan komunitas Anda di luar TikTok:
• Posting video TikTok Anda di akun media sosial lain
• Bagikan tautan video TikTok Anda kepada teman dan penonton di luar TikTok


Cara kreator dapat menghasilkan uang di TikTok:
Terdapat banyak cara yang dapat kreator gunakan untuk menghasilkan uang di TikTok, sesuai ketersediaan di yurisdiksi yang sesuai:

- TikTok Creator Marketplace
TikTok Creator Marketplace (TCM) adalah platform resmi untuk kolaborasi merek dan kreator di TikTok.

- TikTok LIVE
Pengguna yang memenuhi kriteria di bawah Kebijakan Item Virtual dapat melakukan streaming langsung dan dapat menghasilkan uang melalui kado.

Cara Menghapus akun TikTok
Untuk menghapus akun Anda:
1. Ketuk Profil di kanan bawah.
2. Ketuk ikon 3-garis di kanan atas.
3. Ketuk Pengaturan dan Privasi.
4. Ketuk Kelola akun > Hapus akun.
5. Ikuti petunjuk di aplikasi untuk menghapus akun Anda.


===
Baca Juga:

Mengenal Aktifitas Menulis Microblogging di Era Sosial Media dan Contohnya

0
 


Campusnesia.co.id - Dahulu untuk melakukan aktivitas Blogging atau menulis di internet seorang penulis atau blogger harus menggunakan platform website seperti blogger blogspot dari Google atau Wordpress.

Seiring perkembangan teknologi informasi dengan munculnya berbagai sosial media, aktivitas blogging kini mulai bergeser ke sosmed seperti twitter dan instagram yang disebut dengan istilah Microblogging.

Di Twitter, Microblogging dikenal dengan membuat Thread dan di Instagram menggunakan istilah Microblogging.

Mengutip dari Sproutsocial.com, microblogging adalah pembuatan pesan atau post singkat di web atau platform media sosial.

Konten pendek yang dibuat untuk microblogging bertujuan untuk memberikan informasi singkat dan padat pada orang lain.

Dari sisi format konten microblogging umumnya lebih ringkas dan padat dibanding dengan blogging di platform website.

Microblogging memiliki kelebihan bisa mendapatkan engagement tinggi dan efek viral namun biasanya usianya lebih pendek.

Sedangkan menulis blog di platform website punya efek jangka panjang mendapatkan pembaca dan kunjungan jika berhasil memenangkan persaingan kata kunci tertentu di mesin pencarian Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Sebenarnya keduanya bisa dikombinasikan antara blogging di platform website dan microblogging di sosial media, caranya tulisan di website dibuat dengan rinci, panjang dan mendalam kemudian untuk pembaca di sosial media dibuat versi ringkasannya, Thread di twitter dan gambar di Instagram dengan menyebutkan untuk tulisan versi utuh bisa dibaca di website.

Perbedaan lain dari microblogging di sosial media dan blogging di platform website adalah dari sisi monetisenya, di website monetisasi bisa berupa article placement, backlink, banner dan yang paling umum adalah iklan dari google adsense.

Untuk microblogging, monetise bisa dilakukan dengan paid promote dan endorsement produk atau jasa, jadi terpisah antara konten microbloggingnya dengan monetisenya.

Contoh microblogging di akun Instagram "Rekomendasi Website Penyedia Template Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang" klik di sini.

Contoh microblogging di twitter atau Thread "Kumpulan Situs Web Bermanfaat 
untuk Pelajar dan Mahasiswa" klik di sini.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Mengenal Aktifitas Menulis Microblogging di Era Sosial Media. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


===
Baca Juga:



Url Link Pendaftaran, Jadwal Syarat dan Tata Cara Rekrutmen Bersama BUMN 2022

0
 


Campusnesia.co.id - Kabar gembira untuk sobat yang sedang cari kerja dan ingin masuk di BUMNN. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) secara resmi telah menggelar program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini, terdapat setidaknya 2.700 lowongan kerja yang ditawarkan lebih dari 40 perusahaan BUMN, termasuk Pertamina, Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, Perkebunan Nusantara, dan sebagainya.

Rekrutmen BUMN ini bisa diikuti oleh lulusan Diploma, S1, dan S2 dari seluruh wilayah Indonesia. 

Jadwal pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dibuka mulai Kamis Tanggal 14 April 2022. Untuk sobat Campusnesia yang mau melamar kerja, pendaftaran berlangsung secara online dan bebas biaya di website rekrutmenbersama.fhcibumn.id 

Lewat postingan kali ini kami akan berbagi rangkuman syarat dan ketentuan yang dibutuhkan Rekrutmen Bersama BUMN 2022.


Syarat pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022
1.Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 3 posisi di BUMN berbeda

2. Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI) 

3. Link pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 hanya diselenggarakan melalui alamat website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya 

4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id 

5. Seluruh biaya akomodasi serta transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar

6. Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

7. FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat. 

8. Masa waktu registrasi online adalah 14-25 April 2022.


Syarat pendaftaran BUMN 2022
1. Warga Negara Indonesia dengan usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: 

- Diploma I/II/III : 27 tahun; 

- S1/Diploma IV : 30 tahun; 

- S2: 35 tahun; 

2. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi 

3. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba 

4. Dokumen SKCK dari Kepolisian

5. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja, apabila ada

6. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up), apabila ada


Tata cara pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022
1. Pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran melalui melalui situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

3. Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

4. Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen berikut.
- Foto Profil (Wajib) KTP (Wajib) 
- Ijazah/Surat Keterangan Lulus (Wajib) 
- Transkrip Nilai (Wajib) 
- SKCK (Wajib) 

5. Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dll) (Bila ada) 

6. Surat Rekomendasi (surat rekomendasi pernah bekerja hanya sebagai referensi), templatnya bisa diunduh lewat tautan ini 

7. Setiap dokumen yang terdiri lebih dari satu (seperti ijazah untuk dua pendidikan), wajib untuk disatukan dalam satu file dokumen.

8. Membaca seluruh informasi ketentuan dan persyaratan yang berada di situs web https://rekrutbersama.fhcibumn.id

9. Menekan tombol register yang ada pada pojok kanan atas di halaman depan website. Kemudian, pelamar melakukan aktivasi akun lewat tautan yang dikirimkan FHCI ke alamat e-mail terdaftar

10. Lalu, pelamar wajib melengkapi CV (Curriculum Vitae) dan dokumen persyaratan pada menu "Daftar Riwayat Hidup" 

11. Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada menu "Lowongan". Peserta hanya dapat melamar maksimal 3 posisi di BUMN yang berbeda 

12. Terakhir, pelamar dapat memantau proses lamaran, detail jadwal, dan pengumuman pada halaman “Lamaran Saya” atau e-mail resmi yang FHCI kirimkan.


Alur Pendaftaran Rekrutmen
Jadwal dapat berubah berdasarkan keputusan Panitia Rekrutmen dan Seleksi, dalam hal ini Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Tahap 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
14 April - 25 April 2022

Pengumuman Tahap 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
9 Mei - 11 Mei 2022

Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN
Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN
17 Mei - 27 Mei 2022

Pengumuman Tahap 2: TKD dan Core Values BUMN
8 Juni - 10 Juni 2022

Tahap 3: TKB, Wawancara dan MCU
Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara dan MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN
12 Juni - 25 Juni 2022 *

Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN
4 Juli 2022

Bela Negara
11 Juli 2022 *

Inagurasi
18 Juli 2022 *



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Url Link Pendaftaran, Jadwal Syarat dan Tata Cara Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Semoga bermanfaat selamat mencoba semoga diberikan hasil yang terbaik.

Untuk informasi seputar lowongan kerja bulan April 2022 bisa baca di sini.