Lomba Menulis Cerpen Nasional 3, tema 'Bumiku Saat Ini' 2020



Kita semua tahu bahwa bumi ini sedang menghadapi berbagai masalah seperti pandemi, rasisme, bullying, kerusakan lingkungan dan permasalah lain yang membuat hati kita merasa resah.

Untuk itu @ikutlomba mengajak kamu mencurahkan keresahan hati menjadi karya cerita pendek dalam Lomba Menulis Cerpen Nasional 3, tema 'Bumiku Saat Ini' dengan total hadiah senilai Rp 26.000.000,00.


Dapatkan juga benefit menarik meliputi :
- Uang tunai
- Plakat kejuaraan (Juara 1,2,3)
- Medali kejuaraan (Harapan 1,2,3)
- Sertifikat juara cetak
- E-sertifikat berperingkat
- E-sertifikat peserta
- Buku antologi cerpen ber-ISBN (cetak/digital)
- Free ongkir se-Indonesia
- Bolpoin @ikutlomba
- Blocknote Eksklusif
- Totebag Eksklusif
- Karya pemenang 100 Besar dibukukan dalam Antologi Cerpen ‘Bumiku Saat Ini’
- GRATIS ikut kelas #IkutBelajar bagi peserta yang telah selesai tahap pembayaran maksimal tanggal 30 Juni 2020
- GRATIS ikut kelas Eksklusif untuk 100 orang tercepat menjadi peserta valid dan pemenang 100 besar
- E-Book @IkutLomba ‘Jadikan Patah Hati sebagai Inspirasi Menghasilkan Karya ala Fiersa Besari’
- E-Book @ikutlomba ‘Belajar menjadi Penulis Sukses dari Kegagalan Seorang J.K Rowling’

Deadline pendaftaran 
17 Juli 2020 pukul 23.59 WIB

Deadline pengiriman karya 
25 Juli 2020 pukul 23.59 WIB

Pendaftaran pada link www.bit.ly/IKUTLMCN3

Panduan pada link www.bit.ly/INFOLMCN3


Info lebih lanjut hubungi :
WA : 0812-2793-1920
IG : @Ikutlomba
Line : @ikutlomba
Twitter : @ikut_lomba


#ikutlomba #lomba #menulis #lombamenulis #lombaindonesia #lombacerpen #lombanasional #cerpen #bumi #bumikusaatini #literasi #literasi #infolomba #sastra #berkarya

sumber: @ikutlomba

Sinopsis dan Review Film Jepang Mr. Long Pembunuh Bayaran yang Jago Masak




Campusnesia.co.id – Jika kamu penikmat film-film jepang seperti  Midnight Diner 2009, Sweet Bean 2015 atau  Survival Family 2016 kemungkinan besar kamu juga akan suka film yang akan kita bahas kali ini. Judulnya Mr. Long film garapan sutradara Sabu yang bernama asli Hiroyuki Tanaka tayang tahun 2017 dan masuk nominasi Golden Bear dalam ajang Berlin International Film Festival ke-67.

Film ini dibintangi oleh aktor jepang dan mandarin, peran utama dimainkan oleh aktor kenamaan asal taiwan Chang Chen sebagai Mr. Long bagi penikmat film mandarin pasti familiar dengan wajahnya, kita mengenalnya sebagai salah satu pemeran dalam film kolosal Red Cliff 2008 dan 2009, The Grandmaster 2013 dan The Assassin 2015. Nama besar lain ada aktor asal jepang Sho Aoyagi yang berperan sebagai Kenji kita kenal dalam film Yakuza Apocalypse 2015 beradu akting dengan kang Yayan Ruhiyan serta film High & Low: The Movie 2016, Yao Yiti sebagai Lily, penampilan memukau aktor cilik Bai Runyin yang berperan sebagai Jun.

Selain itu ada Masashi Arifuku sebagai Heisuke, Taro Suwa sebagai Tadao, Ritsuko Okusa sebagai Kumiko, Shiiko Utagawa sebagai Machiko, Yusuke Fukuchi sebagai Jiang dan Tetsuya Chiba sebagai Sakata.

Trailer Film mr. Long


Jalan Cerita Film mr. Long
Long (diperankan oleh Chang Chen) adalah pembunuh bayaran asal Taiwan dengan kemampuan menggunakan senjata pisau yang sangat mahir. Suatu hari mendapat “order” membunuh seorang geng Yakusa di jepang. Setelah aksi yang kesekian kalinya, ia apes karena targetnya menggunakan pelindung tubuh dari tusukan. Naas ia justru tertangkap dan nyaris dibunuh di sebuah pinggiran kota jepang yang daerahnya antah barantah alias tidak dijelaskan.

Beruntung sesaat sebelum eksekusi, “seorang tidak dikenal” tiba-tiba datang, meracau dan menusuk bos Yakusa tadi, Long menggunakan kesempatan itu untuk melarikan diri dalam kondisi terluka dan berhasil lolos dari kawana Yakusa yang hendak membunuhnya.

Scene berlanjut, Long yang terluka berjalan hingga sebuah pemukiman yang kumuh dan sudah banyak ditinggalkan penghuninya. Datanglah seorang anak kecil yang kemdian diketahui bernama Jun diperankan oleh Bai Runyin, yang datang menolong membawakan obat-obatan dan baju layak pakai.

Jun ternyata memiliki ibu yang seorang pecandu narkoba, bahkan diperlihatkan ia disuruh ibunya membeli narkoba dari seorang bandar, tahu keadaan itu Long ikut campur dengan menyadarkan ibu Jun dan mengikatnya agar sembuh dari kondisi sakaw.

Mr. Long yang tersesat diperkampungan kecil orang-orang jepang tadi mendadak akrab setelah salah seorang dari warga memintanya untuk memasak dalam pertemuan tetangga. Terungkap ternyata Long punya bakat memasak yang setara dengan Koki. 

Tetangga baru orang-orang jepang ini baik banget, mereka membantu memperbaiki rumah kosong yang Long tempati, memberi peralatan dan perabotan rumah tangga, hingga membuatkan gerobak agar Long bisa berjualan di pinggir kuil.

Review Film Mr. Long
Adegan pembuka terbilang sangat sadis, saya sarangkan untuk yang belum 18+ jangan nonton. Realistik tapi tidak mengurangi estetik. Long diperlihatkan sangat mahir menggunakan pisau untuk menghabisi targetnya.

Sebagaimana yang saya singgung di awal, film Mr. Long layaknya film-film jepang lainnya jangan harap ada scorring dramatis apalagi original sountrack, yang ada adalah adegan yang hening, percakapan yang minim apalagi dikisahkan Long tidak bisa berbahasa jepang, jadi sedikit sekali dialognya tapi tidak mengurangi pesan yang ingin disampaikan.

Hubungan emosional yang dibangun antara Mr. Long dan Jun sangat terasa, bagaimana antar satu dengan yang lain awalnya tidak saling peduli dan berada dititik terendah masing-masing hingga bisa terjalin relasi yang kuat dan sebagai penonton terbawa suasana berharap akan berkahir bahagia.

Selama durasi 129 menit kita disajikan bagaimana keramahan orang-orang jepang, namun tersirat juga betapa populasi dan kawasannya mulai sepi dan jarang penduduk ini sesuai reaitas bahwa penduduk jepang dari tahun-ke tahun mulai berkurang.

10 menit menjelang akhir film adalah puncak, Mr. Long yang dianggap orang pendiam dan pandai memasak oleh warga sekitarnya ternyata adalah seorang pembunuh bayaran, hanya dengan sebilah pisau belati berhasil menghabisi pulihan Yakuza yang menyebabkan ibu Jun bunuh diri akibat mengetahui kekasihnya (ayahnya Jun) telah dibunuh oleh Yakuza. Twistnya orang yang menusuk Bos Yakuza saat hendak menghabisi nyawa Long adalah ayah Jun, penyebab berpisahnya Ayah dan Ibu Jun adalah Yakuza yang dihajar habis oleh mr. Long, sadisnya minta ampun, realistis dan dilematisnya seakan penonton membenarkan tindakan mr. Long.

Akibat kejadian brutal tersebut, mr.Long disuir oleh warga pemukiman jepang dan ia kembali ke taiwan menjalani pekerjaan lamanya sebagai pembunuh bayaran. Hingga suatu hari, tetangga semasa di jepang tadi mendatangi Long hingga ke Taiwan mengantarkan Jun yang ingin bertemu. Akhirnya mr. Long merawat Jun dan mensekolahkannya.

Alur cerita dan pembawaan filmnya memang bikin ngantuk, tapi begitulah tipikal film drama jepang. Hening dan kalem, ceritanya sangat menarik dan emosional serta adegan laga yang walau sedikit tetapi sangat realistis, tapi ya itu karena ini film kategori dewasa sarat adegan kekerasan yang belum cukup umur jangan nonton dulu.

Penulis 

Tips Menulis ala Anis Matta, Menulis Membangun Peradaban



Campusnesia.co.id – Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti sebuah webinar live streaming youtube yang berjudul Bincang Menulis “Menulis Membangun Peradaban” dengan narasumber bapak Anis Matta. Dalam dunia kepenulisan beliau dikenal dengan buku-bukunya tentang politik, dakwah, kepemimpinan dan pengembangan diri. 


Beberapa judul buku populer yang ditulis oleh Ust. Anis Matta diantaranya Menikmati Demokrasi (2002), Model Manusia Muslim: Pesona Abad ke-21 (2002), Membentuk Karakter Cara Islam (2003), Mencari Pahlawan Indonesia (2004), Dari Gerakan Menuju Negara (2006), Integrasi Politik dan Dakwah (2007), Serial Cinta (2008), Delapan Mata Air Kecemerlangan (2009), Momentum Kebangkitan (Kumpulan Pidato) (2014) dan Gelombang Ketiga Indonesia (2014).

Acara berlangsung selama 1,5 jam dengan materi yang padat dan diskusi interaktif yang menarik, akan kami coba rangkum tips menulis ala Anis Matta semoga bisa bermanfaat untuk pembaca Campusnesia yang punya minat yang sama dan bisa segera praktik mengetikan kata demi kata hingga menjadi sebuah tulisan.

1.  Kejujuran
Dalam tulisan yang kita tulisan kita harus paham ada di level mana. Level pertama adalah pengetahuan, level kedua pengalaman dan level ketiga adalah kearifan. Jadi ilmu yang sudah kita amalkan adalah jadi pengalaman dari kombinasi ilmu dan pengalaman itu kita akan mendapatkan  kebijaksanaan. 

Tulisalah apa yang kamu yakini dari kebenaran atau ilmu yang kita jalani, agar apa yang kita tulis memiliki energi dan emosi. Orang tidak ingin membaca seluas apa yang kamu tahu, tetapi ingin mendapatkan kebijaksanaan dari ilmu yang kamu jalani.

2. Titik pertemuan ide dan relevansi
Untuk menentukan sebuah tulisan relevan atau tidak, kita harus tentukan terlebih dahulu tulisan ini untuk siapa. Pesannya untuk apa dan  Apa yang mereka butuhkan sehingga ide kita punya relevansi dalam kehidupan nyata.

3. Makna
Makna yang kita sampaikan harus memiliki dua unsur, kebaruan dan keunikan. Seni menemukan kata yang mewakili makna yang ingin disampaikan. 

Ada pertanyaan menarik dalam sesi interaktif, seorang partisipan bertanya tips agar kita percaya diri ketika mempublikasi tulisan kita.

Ust. Anis Matta memberikan tips, yang harus ditentukan adalah Apa yang baru dari tulisan kita, dan mengapa orang harus membaca tulisan kita. Tips sebelum menulis sebuah tema riset dulu apa saja yang sudah ditulis orang lain dalam tema itu dan apa kontribusi baru kita ketika menulis dalam tema yang sama.

Untuk sobat campusnesia yang ingin menonton video versi rekamannya, silahkan ke channel youtube Anis Matta, klik di sini.

Menelaah Pagelaran Wayang Kulit, Streaming dan Pandemi



Campusnesia.co.id – Untuk generasi 90-an mungkin saya terdengar kuno dan ndeso karena suka dengan pagelaran wayang kulit. Jika ditanya alasannya setidaknya ada 3, pertama karena hype pagelaran wayang ramai dengan penonton, banyak penjual jajanan dan mainan kenangan indah masa kecil ini selalu mengharu biru hingga dewasa saat mendatangi pementasan wayang kulit. 

Kedua, karena sedikit banyak paham dengan bahasa jawa kawi yang digunakan, jadi bisa memahami dialog antar tokoh dan plot ceritanya, ini asyik lho. Ketiga, mendengarkan wayang dari radio membantu saya tidur lebih cepat sebagaimana orang-orang yang mendengarkan musik klasik atau natural instrument sambil tidur.

Banyak yang mengira wayang kulit dan pagelarannya mulai tergerus zaman sejak dunia perlahan tapi pasti mulai bergeser ke arah digital dan masuknya budaya baru seperti dangdut koplo hingga K-pop. Nyatanya tidak demikian walau tanpa hingar bingar ternyata wayang dan pagelarannya tetap eksis melintas masa. 

Dari panggung  ke panggung “tanggapan” dari acara sedekah bumi, mantenan, sunatan dll serta lahirnya inovasi pagelaran dengan menghadirkan bintang tamu dari kalangan pelawak dan biduan, mungkin pembaca akrab dengan nama-nama pelawak muda seperti Cak Percil, cak Yudho dan Kuntet, Niken Salindri dll. Besar dan terkenal dari panggung wayang kulit.

Ketika datang era digital, wayangpun mampu menyesuaikan diri pagelaran wayang kini bisa disaksikan secara live melalui channel streaming youtube. Sejak 2018 saya menemukan sebuah channel bernama PWKS kepanjangan dari Penngemar Wayang Ki Seno, merujuk pada semacam fans club dari dalang kondang asal Yogyakarta ki Seno Nugroho. 

Komunitas ini sangat militan, dalam sebuah kesempatan Ki Seno pernah bercerita kemanapun beliau pergi manggung selalu ada saja anggota komunitas yang datang untuk menonton secara langsung, bukan hanya sekitar yogyakarta, sering juga hingga luar kota bahkan pulau jawa.

Jika dalam benak pembaca berfikir bahwa pagelaran wayang hanya dinikmati oleh orang-orang yang sudah sepuh eits, buang jauh-jauh hipotesis itu, hari ini mereka yang tergabung dalam komunitas-komunitas pecinta wayang kulit banyak dari kalangan anak muda, salah satunya saya yang masih generasi 90an. 

Tentang penonton juga demikian, jika di masa lalu pagelaran wayang hanya disaksikan ratusan orang sekitar lokasi manggung, dengan teknologi streaming dan youtube kini bisa menjangkau audiens lintas daerah bahkan lintas negara, pada malam saya menulis artikel ini 19/06/2020 agar lebih menjiwai saya sambil menonton secara live penampilan Ki Seno Nugroho di channel Dalang Seno, penonton siaran live itu mencapai 7.823 orang dan banyak dari luar negeri seperti para pekerja migran di Taiwan, Hong Kong, Korea dll. Untuk ukuran acara streaming dengan segmen yang niche sekali seperti wayang, jumlah tersebut banyak sekali.

Ki Seno Nugroho akhirnya juga membuat channel sendiri, yang diberi nama Dalang Seno saat artikel ini ditulis 19/06/2020 sudah ditonton sebanyak 78.062.346 kali  dan mendapat 359 ribu subcribers. Selain menayangkan secara live channel ini juga kadang menyajikan konten keseharian Ki Seno sebagai dalang dan para sinden serta tim penabuh gamelan saat persiapan maupun sedang latihan.

Ada 2 hal yang saya salut dari channel Dalang Seno, pertama komitmen beliau tentang hasil adsense diperuntukan para kru dan ketegasan dalam hal hak cipta, kita mafhum bahwa banyak sekali reuploader di youtube yang mendapat adsense dari karya orang lain. 

Khusus channel Dalang Seno melarang keras reuploader pementasan beliau tanpa ijin, jika nekat akan ditakedown dan tidak segan-segan melaporkan ke pihak youtube. Sudah banyak channel-channel aji mumpung yang kena take down walau masih saja ada yang mengabaikan. 

Pekerja Seni dan Pandemi
Sejak diberlakukan PSSB di seluruh Indonesia untuk mengurangi penyebaran corona, tidak bisa dipungkiri salah satu sektor yang terdampak adalah para seniman, pertunjukan hiburan dibatalkan dan acara dengan kerumunan dilarang demi memutus mata rantai penularan virus covid-19.

Padahal sebagaimana masyarakat yang lain, kebutuhan hidup tetap berjalan dan ada yang mungkin masyarakat awam tidak paham, para seniman ini tampil bukan hanya untuk sekedar mencari nafkah tapi bagian dari aktualisasi diri. 

Bayangkan beberapa bulan harus tetap di rumah dan tidak melakukan hal seperti nDalang, nyinden atau nabuh gamelan seperti biasanya pasti ada stres yang dialami perlu disalurkan.

Sekali lagi saya acungi jempol, Ki Seno Nugroho membuat inisiatif dan inovasi dengan menggelar wayang secara online streaming Youtube, dari yang awalnya hanya beliau tampil seorang diri di depan kamera dengan tokoh bagong, kemudian tampil dengan tim lengkap sinden dan penabuh walau tidak selengkap pagelaran saat sebelum pandemi, namun inisiatif ini menunjukan hasil.

Pada tanggal 23 April 2020 channel Dalang Seno mengumumkan hasil penggalangan dana untuk masyarakat seniman da warga yogyakarta terdampak corona dengan total dana terhimpun Rp  177.482.866.- wow luar biasa.

Inovasi berikutnya adalah pagelaran Wayang Climen, menurut Ki Jlitheng Suparman yang menggagas wayang climen beliau menjelaskan ”Wayang Climen sebenarnya wayang minimalis. Kami mencoba menggarap dengan serba praktis, sederhana namun ceritera atau lakon bisa sampai dan dipahami penonton,” kami kutip dari Suaramerdeka.com edisi Selasa, 26 Desember 2017.

Dalam pagelaran Wayang Climen Ki Seno Nugroho, kita sebagai penonton bisa interaksi dengan beliau di sesi Goro-goro atau Limbukan dengan mengirimkan salam-salam atau request tembang melalui kolom komentar Youtube maupun nomer whatsapp yang disediakan. Penonton juga bisa memberi sawer melalui nomer rekening yang disediakan, kreatif sekali bukan? Hasilnya tentu untuk semua kru agar tetao berpanghasilan selama pandemi.

Penonton juga bisa berperan sebagai Pennaggap atau sponsor utama layaknya pegelaran offline, misalnya malam ini Jumat 19 Juni 2020 pagelaran Wayang Climen Ki Seno Nugroho dipersembahkan oleh Bapak Toegiman Eko Wijono, Purworejo untuk anaknya tercinta dalam rangka  ulang tahun pernikahan yang ke-16 th. 

Luar biasa ya sobat campusnesia, kalau ingin memberi surprise sekaligus membantu para seniman selama masa pandemi, bisa nih nanggap Ki Seno Nugroho melalui streaming youtube. Semoga bermanfaat sampai jumpa, yang penasaran langsung saja ke Channel Youtube Dalang Seno, Klik Di Sini.

Penulis: Nandar

Update: Inna lillahi Wa Inna Illaihi Roji'un, kabar duka datang dari dunia perwayangan, Ki Seno Nugroho dalam artikel kami telah berpulang pada Selasa, 3 November 2020 pukul 22.15 WIB di Yogjakarta. Segenap keluarga besar dan Redaksi Campusnesia menghaturkan bela sungkawa yang sedala-dalamnya, semoga Allah SWT menerima amal ibadah beliau, amin.

Terinspirasi Drama Korea Itaewon Class, Seorang Jomblo Nekat Buka Warung



Campusnesia.co.id - Banyak yang bilang nonton drama korea berdampak negatif, tidak dipungkiri salah satu hal negatif yang dimaksud adalah memakan waktu paling tidak 1 jam untuk setiap episodenya, hal ini bisa disiasati dengan menonton disaat waktu-waktu luang untuk rehat dan relaksasi bukan waktu produktif.

Tapi bukan berarti tidak ada hal positif yang bisa diambil, tema yang beragam, plot cerita yang inspiratif serta dialog antar karakter dalam drama yang bisa dipetik pelajaran dan inspirasinya.

Seperti apa yang dilakukan oleh seorang pemuda ini, Nandar namanya nekat membuka warung makan burjo setelah menonton drama korea yang populer di awal tahun 2020 kemarin yaigu Itaewon Class.

Drama yang diangkat dari webtoon dan dibintangi duet maut Park Seo Joon dam Kim Da Mi ini bercerita bagaimana perjuangan Park Sae Royi mewujudkan impiannya membuka restoran dan menjadi perusahaan kuliner nomer 1 seantero korea selatan, ia memulai dari hal kecil yang bisa ia lakukan, menabung selama 7 tahun, bekerja sebagai nelayan hingga akhirnya memulai sebuah kedai kecil. Namun perjuangan belum berakhir karena lokasi yang sepi akhirnya ia bertemu dengan Jo Yi Seo (Kim Da Mi) blogger kuliner yang membantu marketingnya.

Gara-gara plot drama Itaewon Class itu, Nandar nekat membuka warung burjo kecil-kecilan bersama partnernya.

"Iya, gara-gara drama Itaewon Class saya jadi pengin buka usaha warung makan, yang mengelola dan masak teman saya yang sudah pengalaman, saya sebagai investor dan membantu promosinya" katanya.

Warung burjo yang diberi nama "Burjo Doi" (Doa Ibu) itu bisa didatangi di alamat Jl. Kiyai Mojo Komplek PKL No.2  Srondol Semarang, samping lapangan TNI jalan masuk ke LPMP dan depan Bank BCA Srondol.


Start by Gaho - ost. Itaewon Class


"Menu andalanya bubur kacang hijau dan ketan hitam, enak banget dinikmati hangat maupun dingin apalagi ditambah roti tawar, kami juga menyediakan aneka olahan mie instan" kata nandar penuh semangat.

Sempat tutup setelah sebulan buka pertama karena pandemi, kini warungnya sudah buka kembali dengan menerapkan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah seperti menyediakan tempat cuci tangan, pembeli dan penjual harus mengenakan masker dan jumlah pengunjung makan di tempat diurangi untuk menjaga jarak.

“Teman-teman silahkan mampir dan mencicipi menu Burjo Doa Ibu, saya tunggu ya” kata Nandar menutup wawancara.

Wah keren ya, dari nonton drama korea jadi punya usaha, kalau kamu apa inspirasi yang didapat dari nonton drama korea? Jagan lupa share di kolom komentar ya.


Penulis: Muna
Editor: Mumun

Baca Juga:

Ingin Mengirim Paket ke Hong Kong? Begini Caranya



Campusnesia.co.id – Pekan lalu saya dapat kesempatan kedua untuk mengerjakan pesanan souvenir dari Dompet Dhuafa Hong Kong berupa plakat kayu sebanyak 10 pcs, kesempatan pertama gagal saya manfaatkan karena kecelakaan yang saya alami september tahun lalu memaksa harus istrirahat total selama 4 bulan.

Ada pepatah bijak mengatakan, "selalu ada pengalaman pertama, jalani saja." Itulah yang saya alami, ini kali pertama mengirimakan paket pesanan merchandise berupa plakat ke luar negeri. 

Beruntung Pihak Dompet Dhuafa memberi referensi ekspedisi yang biasa digunakan untuk mengirimkan paket ke hong kong yaitu JPBAI (Jasa Paket Bintang Al Ikhlas).

Setelah paket berisi 10 plakat saya packing rapi dengan bubble warp dan menambahkan styrofoam di sekeliling kardus, saya menghubungi pihak ekspedisi dan mengirimkan ke alamat kantornya yang di semarang. Kita cukup menulis nama dan nomer handphone atau whatsapp penerima paket di hong kong. Untuk ongkos akan dibebankan pada penerima paket di sana.

Customer servicenya menyampaikan pengiriman dilakukan setiap hari kamis, bagi pembaca yang di semarang bisa datang ke alamat JPBAI di Jalan Lemah Gempal 7A No 24 RT 3 RW 4 Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan kota Semarang koe pos 50245 jawa Tengah kontak yang bisa dihubungi  082314009440.

Pihak hong kong memberi kabar bahwa paket sudah diterima hari rabu 17 juni 2020, paket datang dengan selamat dan tidak rusak, biayanya sebesar HK$26 per Kg, paket plakat kemarin seberat 7 kg jadi biayanya HK$252 atau sekitar 450.000 Rupiah.

Mahal? iya. Jika dibanding dengan harga plakatnya yang cuma Rp 35.000 per pcs atau total Rp 350.000. Tetapi mengapa memilih pesan dari Indonesia khususnya ke Loetju.com? pak Imam Baihaqi General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong menjelaskan "iya lebih mahal dari cetaknya, cuma kalau cetak di sini jauh lebih mahal dan untuk request desain-desainya ribet" jawab beliau melalui pesan whatsapp.

Pengalaman yang menarik, dan untuk sobat pembaca yang punya pengalaman pertama mengirim barang ke luar negeri khususnya Hong Kong tidak perlu bingung, bisa hubungi ekspedisi terdekat, semoga bermanfaat semoga bermanfaat, terima kasih Dompet Dhuafa Hong Kong.

Penulis: Nandar

Sudah gajian? Saatnya Qurban bersama Solo Peduli 2020



Ketika mendengar kabar gajian sudah di transfer itu bak menemukan mata air di tengah padang gurun. Bahagia poll.... Adem bawaannya.

Heitzz... Tahan dulu, ada kabar yang lebih membahagiakan lagi untuk Bapak/ibu, Sahabat semua.

Segera Pesan Qurban Tahun ini Pilihan Anda.
Dapatkan giveaway Al Qur'an Ekslusif Solopeduli setiap pemesanan khusus Sapi Kolektif.

Buruan catat nomor, rekeningnya, dan pesan Qurbannya. 
Berlaku tanggal 1-3 Juli 2020.
Jangan sampai kelewatan. 

Berbagi Hewan Qurban:
Sapi Kolektif (1/7 Bagian)
Rp. 2.600.000
(Harga sudah termasuk biaya operasional)

Rekening transfer:
BSM.          : 704 444 1114
Muamalat   : 521 003 3456
A.n Yay. Solopeduli Ummat

Konfirmasi & layanan Jemput Donasi:
wa.me/6285640549539 (Sutarno Solopeduli)





[Promo Qurban]
Tersisa 15 Ekor Domba Standar (tanggal 14 Juni 2020)

Segera Pesan Qurban Tahun ini Pilihan Anda.
Dapatkan harga Promo Spesial di bulan Syawal.
Buruan catat nomor, rekeningnya, dan pesan Qurbannya.
Jangan sampai kelewatan. 

Harga Promo Rp. 1.800.000 /ekor
*Tersisa 15 Ekor *
Khusus Domba Standar

Rekening transfer :
BSM.          : 704 444 1114
Muamalat   : 521 003 3456
A.n Yay. Solopeduli Ummat

Konfirmasi & layanan Jemput Donasi :
wa.me/6285640549539 (Sutarno)

www.solopeduli.com

Cara Mendapatkan 10 Juta Pertama dari Facebook



Campusnesia.co.id – Sobat campusnesia di masa pendemi yang mengharuskan kita #dirumahaja jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ya, harus menjaga produktifitas dan menambah ilmu serta skill dalam hal tertentu, pandemi ini membuat manusia beradaptasi salah satunya adalah banyak acara yang diselenggarakan secara online, bisa kita ikuti kapan saja hanya dari rumah bermodal handphone dan kuota internet.

Sabtu, 13 juni 2020 kemarin saya beruntung bisa ikut dalam sebuah webinar bertajuk class online digitalk cara mendapatkan 10 juta pertama dari facebook yang diadakan oleh teman-teman program studi manajemen pemasaran Polines sebagai bagian dari tugas akhir. Pembicaranya pak Arief Eka Atmaja founder webcreator.id agency marketing online.

Facebook aplikasi sosial media besutan mark zuckerberg memang fenomenal, aplikasi pertemanan yang digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga hingga profesional itu kini telah memiliki 2,4 M pengguna aktif di seluruh dunia, 2 kali lipat dari jumlah penduduk china yang “hanya 1,2M” atau gabungan antara jumlah penduduk China dan India,  dan untuk di Indonesia facebook digunakan oleh 120 juta orang berarti separuh dari penduduk indonesia punya akun facebook. 

Jumlah yang banyak ini bisa menjadi peluang sebagai platform marketing yang potensial, selain sambat dan curhat jika digunakan dengan baik, facebook bisa jadi tempat jualan yang hebat.

Saya akan coba rangkum materi yang disampaikan semoga bisa memberi manfaat untuk pembaca campusnesia yang sedang dan atau mau memulai usaha.

Pembicara memulai materi dengan membahas hal sederhana yaitu berapa target produk yang ingin dijual, dengan demikian bisa ditentukan berapa banyak prospek dan traffic yang harus dibuat agar bisa terjadi penjualan. Rumus yang biasa dikenal dari traffic akan tersaring menjadi 1-5% prospek dan tersaring lagi menjadi 5-10 penjualan. Sederhanya jika ingin menjual 10 produk harus bisa mendapat 100 prospek dan 1000 traffic.

Pemilihan facebook sebagai sarana promosi dan jualan juga perlu memperhatikan jenis produk dan segmen pasarnya. Produk dengan kategori “interest” seperti fashion, makanan dan hiburan biasanya lebih tepat sebab pertimbangan orang membeli karena ketertarikan bisa berpotensi lebih sering dibeli. Berbeda dengan produk dengan kategori “demand” seperti obat, rental mobil, bengkel yang hanya dibeli saat dibutuhkan saja.

Menentukan segmen pasar juga penting, kira-kira siapa saja target pasar yang akan disasar dengan harga jual produknya serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk kita.

Nah berdasar pemahaman saya, kunci materi webinar cara mendapatkan 10 juta pertama dari facebook yang saya ikuti kemarin adalah bagaiman cara menaikan traffic facebook kita.
Bisa dimulai dengan memakasimalkan jumlah pertemanan untuk akun personal yang bisa hingga 5000 akun dan membuat akun fanspage untuk bisnis kita agar bisa membuat facebook ads jika diperlukan.

Kunci menaikan traffic dan engagement adalah interaksi, jangan pelit untuk like, komen dan share status teman di beranda facebook kita karena ini berpengaruh dengan traffic.

Berikutnya adalah konten yang menarik dan ter-manage dengan baik, tidak asal membuat status galau atau curhat colongan saja. Khusus dalam hal konten ini pembicara berbagi beberapa tips, diantaranya:

1. Membagi jadwal konten
Minimal sehari 3 kali, pagi siang dan malam hari kayak minum obat saja ya ha ha. Pagi hari bisa diisi dengan posting berbagi kegiatan pribadi atau status inspiratif, siang bisa disi dengan promosi dan malam konten interaktif.

2. Bentuk konten
Contoh misalnya konten interaktif tujuannya menarik orang untuk memberi komentar, like dan komentar. Isi konten bisa berupa pertanyaan, opini, kisah inspiratif, tips, berita atau info dan bisa juga bagi-bagi hadiah atau istilah kerennya give away.

3. Konten activity
Tujuan posting konten ini untuk membangun kepercayaan dan kesan profesional calon customer, misalnya menampilkan proses produksi, menampilkan suasana tempat kerja dan tim atau yang lainnya.

4. Konten promosi
Dalam konten promosi bisa dimasukan aspek kelebihan produk, penawaran khusus yang membuat orang segera membeli (call to action) dan garansi atau jaminan. Hal-hal detail juga harus ditampilkan misal pengiriman, after sale, potongan harga, garansi kerusakan, kebijakan return, testimoni pembeli, dll.


Cara meningkatkan traffic di atas bisa dilakukan secara organik atau iklan berbayar dengan Ads, cara organik memiliki kelebihan Gratis dan memiliki kelemahan berupa lambat dalam hal menaikan traffic, harus konsisten dalam mengupload konten dan tidak bisa menarget audiens. Sedangkan jika berbayar menggunakan facebook ads memiliki kelebihan cepat menaikan traffic, bisa ditarget dan retargetting audiens kelemahannya jelas berbayar.

Pembicara juga menyarankan pemilik usaha harus mempunyai website atau landing page agar lebih mudah memperoleh prospek, karena di web atau landingpage bisa memuat banyak informasi secara terstruktur.

Oke sobat campusnesia itu tadi sedikit rangkuman hasil webinar dengan judul cara mendapatkan 10 juta pertama dari facebook yang saya ikuti tempo hari, bagi yang ingin menyaksikan tayangan ulang versi video, bisa klik di sini
Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis: Nandar