FIM Oye Semarang gelar FGD Tentang Konten Positif di Internet



Campusnesia.co.id -- Minggu 15 April 2018, FIM (Forum Indonesia Muda) regional Semarang menggelar FGD bertema konten positif di Internet bertempat di waduk pendidikan Undip.

Tak kurang 35 pemuda dan pemudi dari berbagai kampus di semarang hadir sebagai peserta, bahkan ada pula yang datang jauh-jauh dari Salatiga dan Blora.

"Mereka adalah para calon peserta ajang pelatihan leadership bergengsi di tanah air FIM yang tahun ini memasuki tahun ke 20" jelas Oktavia mahasiswa Undip koordinator FIM Semarang sekaligus panitia penyelenggara.

Sebelum FGD yang digelar hari ini setidaknya 80-an calon peserta dari semarang dan sekitarnya telah diberikan tugas untuk kunjungan ke berbagai komunitas yang ada di semarang dan menelaah tentang sejarah, masalah, dampak, mitra dan manfaat yang di dapat selama aktif di komunitas.

Hari ini, hasil kunjungan dan penelaahan itu dipresentasikan sekaligus didiskusikan lebih lanjut untuk menjajaki pemahaman calon perserta terhadap berbagai masalah sosial yang ada di semarang. Output diskusi ini mereka diminta untuk menawarkan solusi dan komitmen aksi nyata kontribusi mereka terhadap penanganan masalah yang telah diidentifikasi.

Menurut Retno, pengurus dan panitia, dalam proses FGD ini juga bagian dari tahapan penilaian siapa saja yang akan lanjut ke proses selanjutnya yaitu wawancara sebelum akhirnya antara bulan juni-juli akan diadakan pelatihan tingkat regional di Solo, dan tingkat nasional di Jakarta.


Diskusi seru sekali, dipandu oleh alumni FIM semarang yang juga seorang peneliti Suwandi Suwe yang di awali dengan pengantar tentang pentingnya konten positif oleh founder Campusnesia.co.id 

Pasca acara sore ini, para peserta juga harus membuat video yang wajib di upload di Instagram dengan tema konten positif hasil identifikasi masalah yang mereka temukan, solusi yang ditawarkan dan komitmen aksi nyata yang akan mereka lakukan.


Ini strategi yang menarik dari panitia, untuk mewarnai dunia sosial media dengan kampanye konten positif sesuai tema yang mereka angkat hari ini.

Secara keselurahan acara berjalan lancar, dengan peserta yang antusias mengikuti hingga akhir acara. 

penulis: Nandar
fofo    : Nandar

Ramadhan Seru bersama Loetju



Assalamu'alaikumwrwb

Teman-teman yang baik hatinya apa kabar?
Ramadhan nanti mau bikin acara buka bersama?
Ingin acaramu disupport Loetju.com?
Ingin acaramu dipublish & diliput Campusnesia.co.id?

Yuk ikutan acara kita
"Ramadhan Seru bersama Loetju"

Yang akan kalian Dapatkan:
- 1 Proposal Terpilih: 200 Paket Buka Puasa
- Setiap Proposal yang masuk dipublish & diliput Campusnesia.co.id

Caranya:
- Kirim pdf proposal acaramu ke email: Campusnesia@gmail.com
- Tulis pada kolom subjek: Ramadhan Seru
- Sertakan nama & nomor Panitia/PJ
yang bisa dihubungi.

Timline:
~1-15 April Publikasi
~16 April-5 Mei Pengumpulan
~ 6-16 Mei Penjurian
~ 17 Mei Pengumuman

Q&A:
Q: mengapa hanya 1 proposal yang dipilih?
A: dengan berat hati kami sampaikan kemampuan finansial kami baru cukup untuk 1 acara :)

Tapi tenang, bagi sobat yang ingin berpartisipasi & mendukung agar lebih banyak proposal terdanai, bisa support donasi melalui campaign kami di Kitabisa >> https://kitabisa.com/RamadhanSeru

Sebelumnya terimakasih, semoga bermanfaat dan salam kreatif :)

Narahubung:
Nandar (085292613001)

Ramadhan Seru

Lomba Pemimpin Pembangun Masyarakat (PPM)



PPM adalah Program Kepemimpinan yang bertujuan untuk melahirkan tokoh yang hadir di tengah-tengah masyarakat, yang bekerja dan berkorban meningkatkan kualitas hidup masyarakat (sejahtera lahir dan batin).
Download
Dokumen Portofolio Karya atau Aktivitas Sosial Kemasyarakatan [Download]
Dokumen Form Isian Biodata Diri (CV) [Download]
Surat Rekomendasi Peserta [Download]
Life Plan [Download] 

Echoes Sepatu Enceng Gondok Karya Siswa SMA N 3 Semarang



Campusnesia.co.id -- Pagi ini ketka penulis ke CFD simpang lima semarang, ada salah satu stand yang berisi pelajar SMA memajang produk sepatu dan sandal dengan bahan yang tidak biasa. Penulis mendekat dan ternyata  Sepatu itu berbahan enceng gondhok. Di stand banner yang mereka pajang tertulis nama brang produknya ECHOES Enceng Gondhok Shoes.


Karena penasaran, penulis berbincang dengan Adit yang masih duduk dibangku kelas 1 SMA N 3 Semarang. Dia dan 19 orang temanya tergabung dalam Sagasco Student Company didirikan sejak 19 januari tahun 2018.

Adit dengan semangat bercerita tentang ide awal produk mereka, yaitu masalah enceng Gondok di Rawa yang jadi gulma. Untuk produksi mereka memberdayakan pengrajin di daerah Salatiga yang sudah berpengalaman mengolah enceng gondhok.




Satu pasang produk sepatu mereka bandrol 180.000 dan untuk sandal hanya 20.000, tentang kelebihan mereka menyakinkan bahwa produk sepatu mereka adalah yang pertama yang terbuat dari enceng gondhok. Selain desain yang menarik juga nyaman dipakai serta berpartisipasi dalam kepedulian lingkungan dan pemberdayaan pengrajin.

Untuk promosi mereka memanfaatkan bazar dan pameran serta promosi di sosial media, yang mau kepoin produk mereka bisa cek IG nya di @Sagasco .

Oh ya mereka juga sedang ikut kompetisi Student Company yang diadakan oleh Yayasan Prestasi Junior Indonesia dan Citi Foundation.

Keren ya, kita doakan semoga mereka sukses. Semoga bermanfaat, sampai jumpa dan salam prestatif.

penulis: Nandar
foto: Salman

Aneka Tas Keren dari Limbah Plastik karya Siswa SMK 9 Semarang



Campusnesia.co.id -- Plastik, limbah non organik yang tidak bisa hancur dan jadi masalah. Aneka kemasan produk yang sangat menarik namun begitu menjadi sampah seketika jadi masalah bagi lingkungan.

Namun beda nasib limbah plastik ini ditangan siswa-siswi SMK 9 Semarang, lewat ide dan tangan-tangan kretaif mereka limbah plastik ini disulap menjadi aneka kerajinan tas. Berisi 19 anggota mereka menami perusahaan mereka dengan Jolapers Student Company yang ternyata ada kepanjanganya "Jolali mamper guys". 

Pagi ini penulis bertemu Shenta, Diva, Monyca, Labita dan Sholechah di CFD simpang lima, mereka sedang membuka stand memperkenalkan aneka produk mereka, Misalnya Tas Ransel yang dijual kisaran harga 65.000-70.000, ada juga dompet 3 lapis yang sedang promo beli 2 gratis 1 serta tempat pensil yang bisa kamu bawa pulang hanya dengan harga 20.000.




Dengan antusias mereka bercerita, untuk produksi mereka berkolaborasi dengan komunitas bank sampah Resik Becik Semarang. Yang selama ini sudah berpengalaman dalam mengolah limbah plastik menajdi aneka kerjinan. Tim mereka bertugas membuatt ide konsep produk dan memasarkan. 

Wah menarik sekali ya sobat campusnesia, lagi-lagi ada bisnis yang orientasinya bukan hanya untung tetapi juga memiliki vsisi kepedulian pada lingkungan. Untuk kalian yang mau beli produknya langsung cek saja IG mereka di @Jolapers.sc

Dibawah brand Universal Style, selain tas, ransel, dan tepat pensil mereka juga berencana membuat produk kotak pensil gulung berbahan kain jeans. Kita tunggu produk-produk mereka ya. 

Inspiratif kan, semoga bermanfaat sampai jumpa dan salam prestatif.

penulis: Nandar
foto: Salman 

Kaos Ciprat, Hasil Kolaborasi Siswa SMA N 5 Semarang dengan SLB



Campusnesia.co.id -- Usia bukan batasan untuk memulai sebuah usaha, kita tahu kolonel sanders founder kfc memulai bisnisnya diusia yang sudah sepuh. Kali ini redaksi akan hadirkan liputan menarik tentang tema kewirausahaan. Berbanding terbalik dengan kolonel sanders 14 Siswa SMA Negeri 5 Semarang justru memulai bisnis mereka di susia yang masih belia. 

Tergabung dalam Macan Pemuda Student Company, bisnis mereka menghadirkan kaos yang tidak biasa. Diberinama Penta-C plesetan dari kata Fantasi dan huruf C yang kependekan dari Ciprat. Konsep produknya adalah kaos oblong dengan motif cipratan aneka warna tak beraturan. Justru karena tak beraturan itu semakin membuat lebih bernilai seni.

Perusahaan yang mereka dirikan sejak 17 januari 2018 lalu ini bukan sekedar menjual kaos bermotif, Ken divisi marketing saat ditemui penulis di CFD simpang lima semarang menjelaskan, bahwa produk mereka adalah buah karya siswa dan siswi SLB Negeri Semarang. Tujuan mereka selain bisnis juga ingin menepis anggapan negatif sebagian masyarakat tentang siswa SLB. 

Justru meneurut mereka, siswa-siswa SLB memiliki potensi bakat seni yang bisa jadi lebih baik dari pada orang kebanyakan. Melalui kaos Ciprat mereka ingin membuktikan itu serta memberdayakan agar leboh produktif. Inspiratif ya.

Harga satu produk kisaran 75.000 hingga 80.000 dengan bahan kain katun combed dan cat yang digunakan adalah jenis akrilik dengan tujuan selain bagus hasilnya juga awet tidak mudah luntur.



Mereka mempromosikan produk mereka melalui sosial media dan, bazar, CFD dan komunitas-komunitas.

Sementara Salma, divisi produksi ketika ditanya apa tantangan yang mereka hadapi menjelaskan diantaranya adalah pembagian waktu mereka. Antara mengurus usaha dan sekolah, Komunikasi juga bukan hal mudah, karena notabene produk mereka bukan kaos yang bisa diproduksi masal di konveksi tetapi buah karya seni siswa-siswi SLB.

Tapi tantangan itu tak menyurutkan semangat mereka. Wah inspiratif sekali ya sobat campusnesia. Untuk kamu yang mau beli produknya langsung cek Instagram mereka di @Macanpemudasc . Oh ya mereka juga sedang ikut kompetisi bisnis Student Company yang gelar oleh Yayasan Prestasi Junior Indonesia dan Citi Foundation.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa dan salam prestatif.

penulis: Nandar
foto: Salman 

1001 Kamus Istilah dalam Dunia Startup



Campusnesia.co.id -- Sobat, di era digital ini kita sering sekali mendengar istilah Start Up. Perusahaan risntisan yang identik dengan teknologi dan aplikasi. Dari ecomerce, fintech, media dan bidang yang lain. Kitapun jadi sering membaca dan mendengar istilah-istilah baru di dalamnya, katakanlah angel investor, seed funding dll. Nah untuk menambah ilmu kita, redaksi coba menrangkum istilah-istilah dalam dunia startup dan maknanya, apa saja? yuk simak.

1. Startup: Menurut Paul Graham, startup merupakan sebuah perusahaan yang didesain untuk berkembang dengan cepat. Baru dirintis tidak serta merta membuat sebuah perusahaan menjadi startup. Perlu diingat bila startup tidak harus bergerak di bidang teknologi, memperoleh dana dari investor, dan melakukan exit. Hal yang paling penting adalah berkembang dengan cepat. Semua hal yang berkaitan dengan startup akan mengikuti perkembangan perusahaan tersebut.

2. Venture Capital: merupakan perusahaan yang mendapat dan mengumpulkan pendanaan dari sejumlah konglomerat dan instisusi dengan tujuan untuk diberikan kepada perusahaan rintisan. Nantinya venture capital (VC) akan menerima imbalan sejumlah saham dari perusahaan rintisan yang mendapat pendanaan.

3. Angel Investor: Seorang investor yang menggunakan dana pribadinya untuk berinvestasi pada sebuah startup dengan imbalan saham perusahaan tersebut.

4. Seed funding: merupakan istilah bagi startup yang mendapat pendanaan tahap awal atau untuk kali pertama sebelum seri pendanaan berikutnya. Saat ini, besaran seed funding di Indonesia berkisar antara Rp500 juta hingga Rp1,5 miliar.

5. IPO (Initial Public Offering): Dalam bahasa Indonesia disebut juga penawaran publik perdana atau peluncuran ke pasar saham adalah momen saat saham sebuah perusahaan dijual kepada investor institusional yang kemudian dijual ke masyarakat umum di pasar saham untuk kali pertama.

6. API- Application Programming Interface: adalah interface dengan serangkaian fungsi atau rutinitas yang memungkinkan pengembangan untuk menyelesaikan tugas tertentu atau memungkinkan untuk berinteraksi dengan komponen software tertentu.

7. UI (User Interface): atau desain antarmuka yang ditampilkan ke pengguna. Para pelaku di industri ini sering menaruh kedua akronim ini bersamaan ketika berbicara tentang fungsi dan estetika produk tertentu.

8. Growth Hacking: merupakan istilah yang ditujukan bagi tim marketing, sales, atau asosiasi yang berhasil melakukan strategi khusus dengan melakukan “hacking” agar performa mereka meningkat drastis. Penambahan kata “hacking” ini dikarenakan mereka yang berprofesi di ranah nonteknis juga ingin disebut sebagai “hacker”.

9. Pivot: merupakan istilah bagi sebuah startup yang melakukan perubahan saat ia sadar bahwa apa yang sudah dilakukan tidak berjalan. Akan tetapi perubahan yang dilakukan masih sesuai dengan ide awal mereka.

10. Monetisasi: adalah konversi produk, atau aset, menjadi alat pembayaran yang sah. Pada dasarnya, ini adalah cara halus berbicara tentang bagaimana kamu dapat membuat sesuatu yang dapat dikomersilkan.

11. Business-to-Business (B2B): merupakan deskripsi dari sebuah model bisnis yang menargetkan bisnis lain untuk menggunakan produk atau layanan mereka.

12. Unicorn: mengacu kepada startup yang memiliki valuasi senilai 1 miliar dolar Amerika (sekitar 13,1 triliun rupiah) atau lebih.

13. Bootstrap adalah istilah umum pendanaan dengan menggunakan dana pribadi untuk menjalankan startup.

14. Cash on Delivery (CoD)
COD merupakan suatu metode pembayaran e-commerce dimana si pembeli menyerahkan uang atau membayar sejumlah uang kepada si penjual saat terjadi pengiriman barang sesuai kriteria yang telah disepakati.

diolah dari berbagai sumber

Company Visit Mahasiswi Ilmu Gizi Undip ke LOETJU



Campusnesia.co.id -- Hai sobat campusnesia, yang lagi Ujian Tengah Semester mana suaranya? tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatanya ya, semoga nilainya dapat A semua. Di akhir bulan maret ini redaksi hadir kembali di kolom liputan, kali ini tentang serunya company visit dari teman-teman Jurusan Ilmu Gisi Fakultas Kedokteran Undip.

Kedatangan mereka ke Loetju.com sebagai bagian dari tugas mata kuliah Kewirausahaan dimana mereka harus mengunjungi usaha dan wawancara tentang beberapa tema. Selain wawancara mereka juga harus membuat laporan berupa videografi, kata Gita perwakilan kelompok yang berjumlah 8 orang ini.

Rombongan diterima oleh mas Nandar, salah satu pemilik dan pengelola Loetju.com, wawancara dipandu oleh Hana dan Alizza, sementara anggota kelompok yang lain seperti Gita, Afifah, Naadira, Ayu, Juli dan Tiwi masing-masing mencatat, merekam audio dan menyimak perbincangan.

Beberapa pertanyaan yang muncul menarik menurut penulis, misalnya tentang nilai-nilai yang harus dimiliki seorang pengusaha, Manajemen keuangan yang diaplikasikan dan pertanyaan seputar aktivitas Loetju Foundation sebuah divisi nirlaba/sosial yang dimiliki Loetju.com .

Mas Nandar menjawab dengan seksama setiap pertanyaan, tentang nilai-nilai yang harus dimiliki pengusaha beliau menekankan semuanya harus di awali dengan niat yang baik, tulus dan semangatnya adalah memberi solusi, membantu dan memberi manfaat kepada konsumen. Berikutnya juga pentingnya kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan ulet.


Tentang pertanyaan manajemen keuangan pemuda yang ulang tahun pas hari sumpah pemuda ini, berbagi formula yang selama ini di terapkan di Loetju.com cukup unik walau tidak sesuai dengan teori yang ada dalam teks book. Yaitu membagi keuntungan yang didapat ke Pos-pos sesuai kebutuhan. Misal Operasional, Cadangan, Tabungan dan Bagi Hasil yang masing-masing memiliki prosesntase berbeda berdasar prioritas.



Khusus tentang Loetju Foundation, beliau bercerita asal muasalnya divisi ini lahir yaitu dari komitmen menyisihkan 10% laba untuk berbagai kegiatan sosial. Mengutip informasi dari situ Loetjufoundation setidaknya sudah ada 4 program yang rutin dijalankan yaitu KayuLoetju.com tentangpemberdayaan pengrajin plakat kayu, el Library untuk program literasi, L Farm pemberdayaan peternak sapi dan L University kelompok belajar komputer.

Acara diakhiri dengan pengambilan video produk-produk Loetju dan sesi foto bersama. Wah menarik ya sobat Campusnesia, di tengah kesibukan UTS masih harus mengerjakan tugas kuliah. Tetapi penulis yakin pengalaman ini akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu teman-teman tentang dunia entrepreneurship.

Sampai jumpa, dan salam prestatif.