IYSLO 2024 Sukses Diikuti 2.630 Peserta se-Indonesia

  



Campusnesia.co.id - Semarang - (13/10) Rangkaian kegiatan Indonesian Youth Science and Language Olympiad (IYSLO) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/MAK/SMK Tingkat Nasional 2024 telah usai. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Pegiat Sains Madrasah atau biasa disebut PPSM. Tahun 2024 ini merupakan tahun ke-empat penyelenggaraan IYSLO. Sejak 2021 sampai 2024 ini, jumlah peserta terus bertambah, tidak kurang dari 2.630 peserta dari berbagi kota di Indonesia berpatisipasi pada ajang tahunan ini. Ini menunjukkan adanya atensi dari siswa yang memang aktif mengikuti pagelaran olimpiade sains. “IYSLO mempunyai visi yaitu munculnya saintis muda Indonesia yang berkarakter dan berdaya saing” tegas Mohamad Tafrikan, M.Si selaku ketua Panitia dan Ketua PPSM. Tafrikan juga menambahkan tujuan diadakannya IYSLO, dia berharap acara ini mampu (1) Meningkatkan kualitas daya nalar siswa Indonesia menuju generasi 
emas Indonesia 2045, (2) Menyediakan ruang berkompetisi bagi siswa Indonesia untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Bahasa, Sains, Sosial, dan Matematika, (3) Meningkatkan kemampuan emosional dan intelektual siswa Indonesia, dan (4) Terbentuknya jaringan antar saintis muda Indonesia untuk masa depan.

IYSLO merupakan ajang kompetisi yang meliputi mata Pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. Rangkain acara ini dimulai masa pendaftaran dibuka mulai 1 Juli sampai dengan 4 Oktober 2024, kemudian dialnjutkan adanya pembinaan pra lomba tanggal 6 Oktober, Simulasi pada tanggal 12 Oktober, dan Pelaksanaan lomba pada tanggal 13 Oktober. Penentuan peraih medali ditentukan dengan sostem passing grade, yaitu nilai 71 – 100 memperoleh medali emas, nilai 56 – 70 memperoleh medali perak, dan nilai 41 – 55 memperoleh medali perunggu. Sistem aplikasi menggunaan e-ujian dengan setiap peserta login ke https://www.e-ujian.com/ppsm4indonesia paling lambat 30 menit sebelum lomba dimulai. Selain itu, eserta wajib menggunakan PC/Laptop/Tablet yang mempunyai kamera aktif saat mengerjakan soal lomba dan terkoneksi dengan internet. Untuk menjaga kredibilitas, peserta wajib menggunakan HP dan bergabung dengan zoom yang disediakan oleh panitia.




“Sangat menyenangkan, menambah wawasan ilmu, serta melatih otak untuk terus berpikir” tulis Najwa Syahfira Nurmaulida dari MIN 1 Kebumen dalam memberikan kesannya terhadap kelangsungan acara IYSLO 2024. Beberapa komentar dari peserta lain, atas nama SAADAN MALIK RAMADHAN dari SDS PELITA Jakarta juga menyampaikan bahwa IYSLO 2024 sangat baik untuk melatih kemampuan masing-masing anak. “Alhamdulillah senang bisa mencari pengalaman mengerjakan soal dan berkompetisi secara seimbang” ungkap Ardiansyah Rizky Permana dari SMP Negeri 2 Depok. “Sangat membantu untuk meningkatkan pengalaman anak, lebih kompetitif dalam segala bidang dan memiliki mental yang siap/kuat.” tambah Rachmedia Rafif Alghiffari dari PKBM STQ Telaga Ilmu Bantul. 


Mayoritas peserta merespon positif penyelenggaran IYSLO ini, bahkan acara ini diharapkan lebih sering diadakan karena sangat positif. Salah satu yang membuat acara ini menarik adalah adanya pembinaan pra lomba yang merupakan fasilitas untuk peserta dan juga respon cepat panitia kepada peserta yang membutuhkan bantuan atau sedang mengalami masalah teknis. “Semoga IYSLO terus memunculkan talenta anak Indonesia di bidang sains guna menyambut Indonesia Emas” Pungkas Tafrikan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon