Masyarakat Weron Tegalharjo Pati Gelar Tradisi Rebo Wekasan, Ajak Warga Berkumpul Berdoa Bersama



Campusnesia.co.id - Pati 03/09/2024. Warga Dukuh Weron Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati malam ini menggelar tasyakuran Rebo Wekasan yang diadakan di lapangan Weron Sport Center tepatnya di wilayah RT 01 RW 05.

Mengutip laman Detik.com, Rebo Wekasan yang juga dikenal sebagai Rabu Pungkasan atau Rabu Wekasan. Rabu Wekasan merujuk pada hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Hijriah atau bulan Sapar dalam kalender Jawa. Selain itu, kata "syafar" juga identik dengan kata "sapar" atau nama bulan yang kedua dalam kalender Jawa. Kata "wekasan" sendiri artinya pungkasan atau akhiran.

Tadisi ini dilaksanakan pada Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Hijriah. Warga menggelar tradisi ini dengan berbagai ritual dan kegiatan. Tradisi ini dipercaya sebagai upaya menolak bala (musibah atau bencana) dan wujud rasa syukur. Kegiatan yang dilakukan berkisar pada kegiatan berdo'a, Sholat Sunnah, bersedekah. Rebo Wekasan merupakan wujud Akulturasi Budaya Jawa (Islam dan Jawa).

Acara dihadiri oleh warga dari RT 01, 02 dan 06 mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu hingga bapak-bapak dengan masing-masing membawa berkat berupa nasi lengkap dengan lauk pauk, sayur mayur, jajanan hingga buah-buahan.

Tasyakuran atau yang oleh warga lebih akrab disebut kondangan malam ini dipimpin oleh Bapak Supardi selaku Ketua RT 01 dan untuk doa dipimpin oleh Bapak Reban sebagai tokoh sesepuh Dukuh Weron.




Kegiatan berlangsung selepas Magrib hingga menjelang Isya dalam suasana cuaca cerah dan meriah, tampak warga antusias mengikuti kegiatan. Setelah doa selesai secara bersama-sama dengan penuh kekeluargaan warga yang hadir menikmati berkat yang tadi dibawa, saling bertukar nasi, sayur mayur, lauk pauk, jajanan dan buah. Berkat yang telah didoakan ini dipercaya penuh keberkahan sehingga warga penuh semangat menikmatinya.

Berdasar penuturan warga, tradisi ini sudah berlangsung beberapa kali, selain sebagai upaya nguri-nguri tradisi, ungkapan syukur dan berdoa bersama kegiatan serupa juga bertujuan menjalin silaturahmi menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kerukunan antar warga.

Bagaimana dengan daerah sobat pembaca? apakah ada juga tradisi memperingati Rebo Wekasan juga? ada acara apa saja? share di kolom komentar ya.




Penulis
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon