Wujudkan lingkungan bebas kekerasan seksual, Mahasiswa KKN UNDIP memberikan Pemberdayaan Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual pada Remaja dan Anak-anak

 


Campusnesia.co.id - Wonogiri, Jawa Tengah (21/07/24) - Kurangnya pemahaman mengenai kekerasan seksual di kalangan remaja dan anak–anak Dusun majan dan Pronogaten Desa Jaten, maka dari itu untuk menghindari terjadinya permasalahan kekerasan seksual terutama di kalangan remaja dan anak-anak mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024, Desthita Hanna Nurfitriya Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat angkatan 2021 melaksanakan sebuah program kerja monodisiplin Pemberdayaan tentang tindak kekerasan seksual pada anak-anak dan remaja. 

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para remaja dan anak-anak mengenai tindak kekerasan seksual serta contoh kekerasan seksual yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Tindak kekerasan seksual jika terjadi kepada para anak-anak dan remaja akan merugikan dari sisi pendidikan, kesehatan, bahkan sisi ekonomi untuk kedepannya. Melihat kondisi tersebut jika terjadi sangat berdampak besar dan sangat merugikan, Desthita Hanna Nurfitriya mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Tim II KKN UNDIP merasa perlu mengambil langkah yang tempat dalam memberikan solusi serta pendampingan pada masyarakat 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juli 2024 di Aula Pertemuan Dusun Pronogaten pada pukul 15.30-17.15 WIB. Pelaksanaan program ini dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan posyandu remaja dan target pesertanya adalah remaja dan anak-anak berusia 8-18 tahun yang terdaftar di posyandu remaja, program ini dihadiri juga oleh para kader posyandu Duku Majan dan Dukuh Pronogaten. 

Dalam program Pemberdayaan tentang tindak kekerasan seksual pada anak-anak dan remaja, terdapat beberapa kegiatan, kegiatan pertama yaitu bertukar pendapat mengenai apa itu kekerasan seksual, bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, dan mengenai macam-macam kekerasan seksual yang sering terjadi. Setelah itu sedikit penjelasan mengenai pengertian kekerasan seksual, macam-macam tindak kekerasan seksual, dan bagaimana cara pencegahan tindak kekerasan seksual. 

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Desthita Hanna Nurfitriya mahasiswa Universitas Diponegoro Program Studi Kesehatan Masyarakat untuk memberikan pemahaman terkait tindakan kekerasan seksual pada remaja dan anak-anak. 

Dengan demikian, hal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, pemahaman, serta kewaspadaan diri terhadap tindak kekerasan seksual di lingkungan sekitar. 



Penulis : 
Desthita Hanna Nurfitriya 
(Kesehatan Masyarakat, FKM UNDIP)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon