Waspada Anemia! Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Kesadaran Ibu mengenai Pentingnya Pemberian Makanan Bergizi dan Konsumsi TTD

  


Campusnesia.co.id - Jayengan (30/7/2024), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) dari Program Studi Kesehatan Masyarakat melaksanakan program monodisiplin “Peningkatan Kesadaran Ibu dalam Mencegah Anemia pada Remaja Putri”. Program tersebut dilaksanakan di Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta pada Minggu, 28 Juli 2024. Dilatarbelakangi oleh temuan kasus anemia pada calon pengantin perempuan di wilayah kerja Puskesmas Jayengan sebanyak 21 calon pengantin, sehingga diperlukan adanya intervensi guna mencegah anemia pada remaja putri.
 

Pelaksanaan Edukasi Cegah Anemia di Kelurahan Jayengan
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Anemia diartikan sebagai suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Anemia dapat menyebabkan berbagai dampak buruk pada remaja putri, diantaranya yaitu menurunnya daya tahan tubuh, konsentrasi, prestasi belajar dan produktivitas, serta meningkatkan risiko Pertumbuhan Janin Terhambat, prematur, BBLR, dan gangguan tumbuh kembang anak. Anemia dapat dicegah dengan meningkatkan asupan makanan sumber zat besi dari sumber pangan hewani dan nabati. Selain dengan konsumsi makanan sumber zat besi, remaja putri perlu mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) untuk memenuhi asupan zat besi.

Program ini menyasar kepada Ibu, hal tersebut dikarenakan Ibu berperan penting dalam memastikan remaja putri terbebas dari anemia dengan menyajikan makanan yang bergizi seimbang serta mengawasi remaja putri untuk rutin mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Kegiatan ini dihadiri oleh 16 peserta yang merupakan Ibu-Ibu PKK RW 6 Kelurahan Jayengan. 

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan anemia, penyebab anemia, gejala anemia, dampak anemia, pencegahan anemia, pengenalan Tablet Tambah Darah (TTD), serta cara mengonsumsi TTD. Ibu diberikan buku saku cegah anemia dimana pada halaman akhir buku tersebut terdapat catatan minum Tablet Tambah Darah (TTD) yang dapat digunakan untuk memantau remaja putri dalam mengonsumsi TTD. 

Setelah diberikan edukasi, selanjutnya terdapat sesi diskusi dimana Ibu dapat menceritakan pemahaman yang didapat selama mengikuti kegiatan edukasi serta sharing pengalaman seputar anemia. Kegiatan ini mendapatkan feedback yang sangat baik dimana peserta yang hadir aktif ketika sesi diskusi berlangsung.



Penulis: 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon