Visualisasi Data: Mengungkap Realitas Kependudukan melalui Infografis Inovatif

 


Campusnesia.co.idKlaten, 12 Agustus 2024 – Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai kondisi kependudukan Desa Wiro, Kecamatan Bayat, sebuah proyek inovatif diluncurkan oleh Aulia Rosidah, Mahasiswi Universitas Diponegoro (UNDIP) untuk menyusun infografis kependudukan yang informatif dan mudah dipahami. Infografis ini bertujuan untuk memvisualisasikan data-data penting terkait demografi desa, seperti jumlah penduduk, distribusi usia, tingkat pendidikan, serta kondisi sosial-ekonomi masyarakat setempat.

Di Desa Wiro sendiri belum terdapat visualisasi mengenai data demografi, sehingga pembuatan infografis kependudukan ini ditujukan untuk memudahkan perangkat desa maupun warga desa dalam memahami kondisi kependudukan Desa Wiro. Infografis kependudukan ini berisi mengenai geografi desa, jumlah penduduk desa, mata pencaharian, tingkat pendidikan, agama, serta sarana dan prasarana di Desa Wiro.
 
Infografis tersebut menampilkan geografi Desa Wiro dimana luas Desa Wiro sendiri ±3,38 km², yang terbagi menjadi 9 pedukuhan, dengan 34 RT dan 13 RW. Jumlah penduduk Desa Wiro sebanyak 4188 jiwa, dimana jumlah laki-laki dan perempuan hanya selisih 36 orang, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 2112 jiwa, dan jumlah penduduk perempuannya sebanyak 2076 jiwa. Berdasarkan kelompok umur, jumlah penduduk paling banyak berada pada rentang usia 65 tahun ke atas. Selain itu, data menunjukkan didapatkan bahwa setiap 100 orang di Desa Wiro mempunyai beban tanggungan sebanyak 48 orang yang belum produktif atau dianggap tidak lagi produktif. Mayoritas penduduk bekerja sebagai karyawan swasta, dan dari segi pendidikan, sebagian besar penduduk berpendidikan setingkat SMA/SLTA. Desa Wiro juga mayoritas beragama Islam. 

 
Bentuk fisik dari infografis kependudukan telah diserahkan kepada pihak desa. Dengan adanya infografis ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami kondisi demografis Desa Wiro dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mendukung pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan. Selain itu, infografis ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi pemerintah desa dalam merencanakan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Semoga langkah ini dapat meningkatkan partisipasi aktif warga dalam pembangunan desa dan memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon