Upaya Peruwujudan Siswa Melek Teknologi : Mahasiswa KKN TIM II Undip Berikan Pelatihan Pengolahan Data Melalui Spreadsheet dan Excel



Mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Diponegoro, Semarang, melakukan pelatihan pengolahan data kepada para siswa SMP Muhammadiyah 8 Ullujami, Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang (08/08/2024)


Campusnesia.co.idDesa Kaliprau merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Desa ini mempunyai 3 sekolah dasar dan 1 sekolah menengah pertama. Adapun metode pembelajaran yang dilakukan sifatnya masih konvensional menggunakan buku dan kurangnya pengajaran terkait sesuatu yang berkenaan dengan teknologi. Padahal, di era digital saat ini pengenalan siswa terhadap teknologi sangat penting agar bisa tetap mengikuti perkembangan globalisasi yang ada.

Salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2024 berinisasi untuk melakukan pengajaran sebagai bentuk program kerja monodisiplin atau individu yang bertujuan untuk memperkenalkan langkah-langkah pendataan sekaligus bagaimana cara melakukan olah data menggunakan software. Mulanya, para siswa merasa cukup kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran lantaran belum pernah mengenal software Spreadsheet maupun Excel itu sendiri. Akan tetapi, setelah terjun ke praktiknya dan dilakukan secara bertahap, mereka mampu memahami materi dan kemudian mampu mengoperasikannya secara mandiri. 
 

Pelaksanaan program kerja ini menuai antusiasme yang tinggi dari para siswa dan juga didukung oleh guru dari SMP Muhammadiyah 8 Ulujami setempat. Para siswa aktif berdiskusi seraya memperhatikan materi yang disampaikan selama proses pembelajaran. Selain itu, mereka juga tidak segan untuk bertanya apabila terdapat kendala baik secara teknis maupun materi kepada kakak-kakak mahasiswa yang ada. Semangat belajar yang ditunjukkan oleh para siswa menandakan mereka memahami pentingnya memahami software dan berkeinginan untuk beradaptasi dengan perubahan demi kemajuan bersama.

Diharapkan setelah dilakukan pengajaran ini, para siswa tidak melupakan ilmu yang diberikan dan menerapkan pengetahuan ini baik dalam hal mengolah data untuk kepentingan pembelajaran maupun untuk hal berguna lainnya. Keberhasilan program ini menjadi bukti konkrit bahwa dengan adanya kolaborasi antara akademisi dan masyarakat mampu menghasilkan dampak yang positif dan bermanfaat.



Penulis:
Nafissa Hadiningtyas
24050121140180

Mahasiswa Jurusan Statistika
Fakultas Sains dan Matematika

Dosen Pembimbing Lapangan:
Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon