Upaya Pemutakhiran Data: Mahasiswa KKN TIM II Undip Lakukan Survei Door to Door Untuk Mengetahui Jumlah Data Akurat



Mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Diponegoro, Semarang, melakukan Survei sekaligus bersilaturahmi ke rumah masing-masing ketua RT yang ada di Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang (24/07/2024)


Campusnesia.co.idDesa Kaliprau merupakan satu desa yang terletak di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Desa ini terdiri dari 6 RW dengan total 36 RT. Populasi penduduk yang cukup banyak dan sifatnya berubah-ubah seiring waktu, menjadikan data yang dimiliki sifatnya belum cukup akurat dan dibutuhkan pemutakhiran. Data desa sifatnya sangat variatif karena terdiri atas beberapa kategori, seperti data kependudukan, data infrastruktur, dan lain sebaginya. Data yang berhasil dikolektifkan juga dapat bersifat kuantitatif maupun kualitatif. 

Di Desa Kaliprau sendiri, belum ada satu buku atau platform pencatatan data yang meliputi semua kategori. Maka dari itu, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam Tim II KKN Undip 2024 melakukan suatu survei menyeluruh terhadap masing-masing RT yang ada di Desa Kaliprau tanpa terkecuali. Survei ini mencakup pertanyaan seperti keadaan RT setempat, jumlah rumah, jumlah kartu keluarga, hingga klasifikasi warga berdasarkan jenis kelamin, pendidikan terakhir, usia, hingga pekerjaan. Pekerjaan ini terlihat sederhana dan mudah dikerjakan, tetapi jangan salah, program ini memerlukan waktu yang sangat lama dan kesabaran yang ekstra karena harus berkeliling demi mendapatkan data yang asli sesuai fakta di lapangan.

Survei dilakukan kurang lebih selama satu bulan dan melakukan pencatatan berdasarkan data di kartu keluarga keluaran terbaru kemudian dilakukan rekapitulasi menggunakan Google Spreadsheet. Disini, terlihat jelas data kependudukan dalam angka sehingga mampu membuat persentase dari masing-masing kategori data. Selain data kependudukan, mahasiswa turut menghimpun data kondisi infrastruktur jalan dan juga kondisi penerangan yang ada di Desa Kaliprau. Diperoleh hasil 45,7% jalanan dengan kondisi baik serta 61,1% penerangan tidak terdapat gangguan. 

Pengumpulan data ini sifatnya penting dan sangat diperlukan utamanya bagi perangkat desa karena apabila kedepannya nanti hendak ada pembagian bantuan atau program pemerataan pembangunan, data ini bisa berperan sebagai pemetaan dasar dan bisa membantu memberikan gambaran awal mengenai rancangan anggaran dan biaya yang nantinya dibutuhkan. 
 

Pelaksanaan survei yang merupakan rangkaian dari program kerja ini menuai respons positif dari warga setempat, khususnya dari para ketua RT. Tidak jarang, ketua RT sangat antusias untuk bercerita kepada para mahasiswa hingga memberikan beberapa suguhan sebagai bentuk sambutan hangat mereka. Adapun harapan mahasiswa denganterbentuknya booklet berisikan statistik kependudukan dan pembangunan Desa Kaliprau yakni semoga bisa bermanfaat bagi perangkat desa, warga setempat, dan juga nantinya stakeholders yang nantinya membutuhkan. 



Penulis:
Nafissa Hadiningtyas
24050121140180

Mahasiswa Jurusan Statistika
Fakultas Sains dan Matematika

Dosen Pembimbing Lapangan:
Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon