Upaya Cegah Stunting, Mahasiswa KKN Undip Berdayakan Kader Posyandu dalam Peningkatan Kualitas Menu PMT Posyandu




Campusnesia.co.idSragen (30/7/24). Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen melaksanakan bimbingan mengenai nutrisi balita dan pemberian makanan tambahan penyuluhan di posyandu kepada kader posyandu pada Selasa (30/7/24). Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan kader dari sembilan posyandu di Desa Tegaldowo di Balai Desa Tegaldowo, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen.

Stunting merupakan masalah gizi pada balita yang ditandai dengan anak dengan perawakan pendek atau sangat pendek berdasarkan kurva panjang atau tinggi badan menurut usia kurang dari -2 standar deviasi menurut kurva pertumbuhan WHO. Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis terutama pada seribu hari pertama kehidupan. 

Pencegahan primer stunting dimulai dari tingkat kader di posyandu, salah satunya dengan pemberian makanan tambahan (PMT). PMT terbagi menjadi PMT Pemulihan dan PMT Penyuluhan. PMT Pemulihan difokuskan untuk memulihkan kondisi kesehatan pada individu yang sudah mengalami masalah gizi. Sementara itu, PMT Penyuluhan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mencegah masalah gizi pada balita yang tidak memiliki gangguan gizi sebagai sarana edukasi dan meningkatkan kehadiran di posyandu setiap bulan. 

Sebagai upaya meningkatkan kualitas PMT Penyuluhan di posyandu, mahasiswa program studi S1 Kedokteran, Nurmaya Dwi Rahmawati, yang termasuk dalam KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 Desa Tegaldowo memberikan materi mengenai pentingnya nutrisi pada seribu hari pertama kehidupan, pemberian makanan pada balita, serta contoh menu PMT Penyuluhan disertai bahan dan cara pengolahannya. 

Para peserta yang hadir menyambut dengan antusias materi yang menjadi salah satu bagian dari acara Rembuk Stunting Desa Tegaldowo. Kegiatan ditutup dengan penyerahan booklet resep menu “Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Penyuluhan di Posyandu” kepada Kepala Desa Tegaldowo, Bapak Sutiyo, Bidan Desa Tegaldowo, Ibu Sulistiyowati, dan Ketua Kader Posyandu Desa Tegaldowo, Ibu Sri Wahyuni sebagai referensi resep menu PMT Penyuluhan di posyandu.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon