UMKM Naik Level: TIM II KKN UNDIP Wujudkan Strategi Jitu Pemanfaatan Sosial Media dan Jaringan Kerja Sama

Gambar 1 - KKN TIM II Universitas Diponegoro 
melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Kadipaten 
mengenai optimalisasi UMKM, Minggu (04/08/2024) 
(foto: dokumentasi pribadi)


Campusnesia.co.id - Pekalongan, Minggu (04/08/2024) - KKN TIM II Universitas Diponegoro melaksanakan program multidisiplin optimalisasi UMKM dalam pemanfaatan sosial media dan jaringan kerja sama di Desa Kadipaten.

Salah satu fokus masalah yang ingin ditekankan oleh Tim Mahasiswa KKN selama mengabdi ialah terkait perkembangan UMKM yang memiliki kontribusi untuk potensi ekonomi di Desa Kadipaten.

Ditinjau dari pengamatan dan wawancara pada sebagian masyarakat bahwa Desa Kadipaten memiliki banyak rumah produksi tahu, tempe, dan konveksi batik. Tidak hanya itu, beragam aneka penjualan makanan dan minuman juga tersebar di Desa Kadipaten yang memiliki 3 RW dan 12 RT.

Kemudian, Tim Mahasiswa KKN merancang rangkaian kegiatan guna mengoptimalisasikan UMKM di Desa Kadipaten, seperti melaksanakan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada setiap UMKM yang berkenan untuk dibuatkan, pembuatan materi booklet terkait pencerdasan digitalisasi UMKM dan informasi NIB, pembuatan akun sosial media UMKM Desa Kadipaten, dan pemanfaatan Google Maps kepada pelaku UMKM.

Pelaksanaan program mulai dilakukan dengan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara door-to-door kepada pelaku UMKM yang berkenan untuk dibuatkan izin usahanya. Salah satu pelaku UMKM yang dibuatkan NIB secara langsung bernama Ibu Istiqomah dengan produk penjualan tahu dan toko kosmetik.

“Saya sangat berterima kasih kepada KKN TIM II Undip yang telah membantu pembuatan izin usaha NIB untuk pelaku UMKM seperti saya,” Ujar Ibu Istiqomah di rumah kediamannya.
 
Gambar 2 - Pelaksanaan program multidisiplin 
pada salah satu usaha UMKM, Minggu (04/08/2024) 
(foto:dokumentasi pribadi)

Selain itu, Tim Mahasiswa KKN memberikan edukasi kepada pelaku UMKM yang tersebar di Desa Kadipaten terkait digitalisasi UMKM dan informasi NIB. Hal tersebut mendapat respons positif dari salah satu pelaku UMKM yang berjualan makanan. Pemberian materi booklet juga dilakukan oleh Tim Mahasiswa KKN sebagai dasar peningkatan kapasitas dan kemampuan digital pelaku UMKM.

“Rangkaian kegiatan ini menjadi bentuk pengabdian kami sebagai mahasiswa kepada masyarakat. Harapan kami dengan adanya program ini supaya UMKM di Desa Kadipaten dapat berkembang lebih baik kedepannya dengan pemanfaatan teknologi dan meningkatkan potensi ekonomi desa,” ujar Satria, salah satu mahasiswa TIM II KKN di Desa Kadipaten.

Pemanfaatan akun sosial media dan google maps untuk pelaku UMKM di Desa Kadipaten telah dilakukan sebagai wujud nyata penjaringan kerja sama dalam meningkatkan jumlah pelanggan dan mempromosikan usaha UMKM terkait produk yang dijual. Harapannya, pelaksanaan program optimalisasi UMKM ini dapat berdampak secara positif bagi masyarakat dan berkelanjutan di Desa Kadipaten.



Penulis: 
Tim II KKN Undip 2023/2024

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D.

Lokasi: 
Desa Kadipaten, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon