UMKM Desa Tombo Bertransformasi! Mahasiswa KKN Undip Bawa Solusi Digital yang Bikin Keuangan Melesat




Campusnesia.co.id - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) kembali menunjukkan kontribusi nyatanya dalam membantu masyarakat desa melalui program kerja inovatif. Kali ini, tim KKN di Desa Tombo, Kabupaten Batang, memperkenalkan sebuah program cerdas yang berfokus pada pemanfaatan digitalisasi untuk pengelolaan keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

Bank Indonesia telah meluncurkan aplikasi SIAPIK yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui smartphone. Aplikasi ini dirancang sebagai alat pencatatan keuangan yang mudah digunakan, membantu menghasilkan laporan keuangan yang terstruktur dan sesuai dengan SAK EMKM, standar pelaporan keuangan yang berlaku bagi UMKM. Dengan sifatnya yang praktis dan sistematis, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan oleh pelaku usaha, terutama UMKM
 
Program ini dilaksanakan pada 3 Agustus 2024 dengan melakukan kunjungan langsung ke beberapa UMKM di Desa Tombo untuk memperkenalkan pencatatan transaksi melalui aplikasi SIAPIK. Program ini digagas karena banyak pelaku UMKM di Desa Tombo masih belum familiar dengan pembukuan digital, dan sebagian besar dari mereka masih melakukan pencatatan keuangan secara manual. Bahkan, beberapa dari pelaku UMKM mengaku tidak melakukan pencatatan sama sekali dan kinerja keuangannya hanya diukur dari penambahan stok barang tanpa melihat kondisi keuangannya.


Program ini secara khusus menyasar empat jenis UMKM di Desa Tombo, yaitu toko kelontong, toko baju, catering, dan laundry. Dengan diperkenalkannya aplikasi SIAPIK, pelaku usaha di sektor-sektor tersebut kini memiliki alat yang dapat membantu mereka melakukan pencatatan keuangan dengan lebih mudah dan sistematis. Respons dari para pelaku UMKM sangat positif. Salah satu pelaku UMKM mengungkapkan, "Saya memang sudah lama merasa membutuhkan pelatihan mengenai digitalisasi pencatatan keuangan untuk toko saya.”

Diharapkan program ini dapat mempermudah UMKM di Desa Tombo dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien. Dengan pencatatan yang lebih rapi dan terstruktur, usaha mereka dapat tumbuh lebih pesat secara berkelanjutan karena dapat membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan kondisi keuangan.



Penulis:
Khairul Insan Al Amin 

Dosen Pembimbing Lapangan:
Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si.
Dr. Yusniar Hanani Darundiati S. TP.,M. Kes
Apip, S.E., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon