UMKM Desa Ponowareng Mengetahui Cara Lapor Pajak Dengan Bantuan Mahasiswi KKN




Campusnesia.co.id - Batang, 26 Juli 2024 - Asdya Linka Desfiva mahasiswi Universitas Diponegoro dari jurusan Akuntansi Perpajakan dengan dosen pembimbing lapangan pak Hega Bintang Pratama Putra, S.T.P., M.Sc. menginisiasi program sosialisasi terkait pelaporan pajak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

Program kerja ini merupakan program kerja monodisiplin yang merupakan bagian dari rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Ponowareng secara door to door ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Melalui penjelasan terkait ap aitu pajak? Pentignya membayar dan melaporkan pajak? Serta bagaimana Langkah-langkahnya terutama saat melakukan pelaporan lewat DJP Online? Semua jawaban ada pada modul sederhana yang disusun oleh Asdya Linka selaku mahasiswi KKN tersebut.

Perangkat desa, mengatakan, “Kami melihat masih banyak pelaku usaha di desa yang sudah memiliki NPWP tetapi tidak tau harus membayar pajak, kesulitan dalam memahami dan melaporkan pajak." Oleh karena itu, harapannya program ini dapat menjadi salah satu cara untuk berkontribusi dalam pemahaman Masyarakat dengan memberikan bantuan berupa modul langkah perhitungan dan pelaporan pajak.

Dalam kegiatan ini, memberikan penjelasan mengenai tata cara pengisian Surat Pemberitahuan (SPT), jenis-jenis pajak yang harus dibayar oleh UMKM, serta manfaat dari patuh pajak. Selain itu, mereka juga menyediakan layanan konsultasi pajak secara gratis bagi para pelaku UMKM yang mengalami kendala.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon