UMKM Berdaya: Mahasiswa KKN UNDIP Bantu UMKM Desa Sidorejo Raih Legalitas Usaha melalui Pembuatan Nomor Induk Berusaha



Campusnesia.co.idSidorejo, Pekalongan (31/07) - Desa Sidorejo memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, terlihat dari banyaknya jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mencapai lebih dari 20 usaha. Namun, untuk menghadapi tantangan ekonomi yang semakin kompetitif, UMKM di desa ini perlu menjadi lebih berdaya dan inovatif. Salah satu langkah penting yang harus diambil adalah pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

NIB merupakan syarat utama bagi UMKM untuk mendapatkan akses ke berbagai bantuan pemerintah dan memperluas jangkauan pasar. Walaupun begitu, masih banyak ditemui pelaku UMKM di Desa Sidorejo yang belum memahami pentingnya NIB. Hal ini terutama disebabkan oleh banyaknya UMKM rintisan yang masih awam dalam pengembangan bisnis.
Menjawab kebutuhan ini, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) meluncurkan program edukasi dan pendampingan untuk membantu UMKM di Desa Sidorejo mengurus NIB.

Program ini mendapat sambutan hangat dari para pelaku UMKM, yang mayoritas belum mengetahui NIB dan belum memahami proses pengurusan NIB. Melalui pendampingan intensif, mahasiswa UNDIP tidak hanya memberikan edukasi terkait manfaat dan proses pembuatan NIB, tetapi juga membantu pelaku usaha dalam mengurus dokumen hingga pendaftaran online.

Pembuatan NIB ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Desa Sidorejo, terutama dalam menghadapi era digital yang menuntut keterbukaan akses ke berbagai layanan usaha. Program ini juga sejalan dengan upaya pemerintah yang gencar untuk mendorong formalitas dan legalitas usaha mikro di seluruh Indonesia.




Penulis: 
Adiska Afifah Zahro 
(Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam 
Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon