Ubah Limbah Rumah Tangga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Perikanan

 
Kegiatan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) 
oleh Mahasiswa Tim II KKN UNDIP yang berlokasi 
di Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan (04/08/2024) 
(foto: dokumentasi pribadi)


Campusnesia.co.id - Pekalongan (04/08/2024)-Pembatasan penggunaan pupuk kimia untuk pertanian dilakukan untuk menjaga ekosistem disekitar lahan pertanian karena terlalu banyak masyarakat menggunakan pupuk kimia untuk tanaman. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan limbah hasil rumah tangga menjadi alasan Nurul Hikmah, Mahasiswi KKN UNDIP TIM II memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC).

Pupuk organik cair merupakan pupuk yang berwujud cair terbuat dari bahan-bahan organik melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan pembusukan. Penggunaan pupuk anorganik dikhawatirkan dapat merusak tanah serta isu pencemaran lingkungan. Sumber bahan baku organik ini dapat diperoleh dari berbagai limbah rumah tangga seperti limbah hasil perikanan, sayurann dan buah-buahan. Biasanya untuk membuat pupuk organik ini ditambahkan mikroorganisme seperti EM4 untuk mempercepat pendegradasian.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dalam 2 hari dengan rangkaian kegiatan 1 meliputi pemaparan materi terkait pupuk organik cair, penayangan video pembuatan POC, bahan yang digunakan dalam pembuatan POC, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab bersama Warga dan Karang taruna. Kegiatan 2 dilanjutkan dengan pelatihan secara langsung pembuatan POC dari air budidaya ikan lele di Dusun 1.

Kegiatan ini menghasilkan respon positif dari warga dan karang taruna karena harga pupuk kimia yang terus meningkat dan langka. Banyaknya pertanyaan yang diajukan warga dan karang taruna mengenai materi pemanfaatan limbah yang telah di sampaikan. 

“Terimakasih untuk Mahasiswa KKN Undip yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan Pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair dari limbah hasil perikanan. Harapannya ilmu yang telah diberikan dapat dipraktekkan dan dilanjutkan, serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Podo sekaligus menginspirasi tentang pentingnya pemanfaatan limbah organik” ujar M. An-im Vatahillah Arrafi selaku Ketua Karang Taruna Desa Podo

“Terimakasih untuk Mahasiswa KKN Undip yang telah melaksanakan kegiatan Pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair dari air budidaya ikan lele. Harapannya nanti warga dapat mempraktekkan kembali dengan memanfaatkan air budidaya lele mereka karena hal tersebut juga menjadi peluang usaha bagi warga sekitar” ujar M. Fatah R. selaku Warga Desa Podo


Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) ditutup dengan pembagian produk POC dan melakukan dokumentasi bersama Karang taruna dan warga Desa Podo.



Tags: KKN UNDIP, KKN UNDIP 2024, Mahasiswa KKN Undip


Dosen Pembimbing Lapangan: 
Yayuk Astuti, Ph. D.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon