Transformasi Desa Blacanan : Mahasiswa Hadirkan Peta Administrasi dan Sarana

 

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 melaksanakan pembuatan 
dan pemaparan Peta Administrasi dan Sarana Prasarana Desa Blacanan, 
Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan (29/07/2024) Foto: Dokumen Pribadi


Campusnesia.co.idDesa Blacanan (29/07/2024), Peta Administrasi dan Sarana Prasarana membuat kemudahan untuk mencari informasi mengenai Desa Blacanan bagi masyarakat desa dan para pengunjung. Sebelumnya, Desa Blacanan belum memiliki informasi administrasi dan sarana prasarana yang terperinci dan secara mudah dapat dilihat dan diakses oleh masyarakat dan pengunjung. Desa Blacanan memiliki informasi yang minim mengenai daerah administrasi dan sarana prasana desa.

Kurangnya informasi administrasi dan sarana prasarana desa mengakibatkan kesulitan dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya, serta menghambat akses informasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, Anggie Alfharetha (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja berjudul “Pembuatan Peta Administrasi dan Sarana Prasarana Lokasi Desa Blacanan” yang bertujuan untuk membuat peta administrasi yang komprehensif dan mencantumkan sarana umum yang ada di desa, guna mendukung pengembangan dan manajemen desa yang lebih efektif.

Pelaksanaan program dimulai dengan beberapa metode yaitu proses pembuatan peta, proses pencetakan peta, proses penempelan peta, dan pemaparan hasil peta kepada perangkat Desa Blacanan dan Masyarakat Desa Blacanan. Proses pembuatan peta membutuhkan waktu 1 minggu untuk pengumpulan data berdasarkan survey lapangan dan wawancara kepada perangkat desa. Seteleh data sudah didapat, dilanjutkan oleh pengolahan data dengan aplikasi ArcGis 10.8 dan meliputi pengolahan pemetaan dan verifikasi data kepada perangkat desa. Setelah pengolahan dan verifikasi selesai dilanjut dengan penyusunan layout peta, yang mencangkup desain peta.

Hasil Peta Administrasi dan Sarana Prasarana Desa Blacanan dicetak dengan spanduk ukuran A0 dan diberi bingkai. Setelah hasil peta sudah dibingkai dilanjutkan dengan proses pemaparan hasil peta. Pelaksanaan pemaparan hasil peta dihadiri oleh perangkat dan masyarakat Desa Blacanan. Pelaksaan pemaparan meliputi perbatasan Desa Blacanan, perbatasan antar dukuh, jalan desa, dan sarana prasarana yang terdapat pada Desa Blacanan.

Pelaksaaan program berjalan dengan baik dan lancar dengan antusias yang tinggi, dimana perangkat desa dan warga bertanya hal meliputi desa yang sebelumnya mereka belum mengetahui pembagian dan persebaran sarana prasarana Desa Blacanan. "Dengan adanya peta ini sangat membantu kami untuk mengetahui batasa batasan antar wilayah Desa Blacanan ini, dan memberi kemudahan kami dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan sumber daya yang lebih efisien" ungkap Pak Khussen." (Kepala Desa Blacanan)

Pelaksanaan program juga mendapatkan tidak hanya mendapat feedback baik dari hadir yang dapat mengikuti pelaksanaan program, tetapi mendapatkan feedback baik juga dari masyarakat yang tidak dapat hadir pada pelaksanaan. Perangkat desa sangat terbantu dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan, selain itu masyarakat Desa Blacanan juga sangat terbantu dengan adanya Peta Administrasi dan Sarana Prasarana Lokasi Desa Blacanan, karena sangat jelas, dan mudah dimengerti. "Peta ini sangat membantu kami mengentahui sarana prasarana yang ada di Desa Blacanan yang sebelumnya belum kami ketahui, serta pembagian dukuh yang sangat mudah dimengerti", ungkap salah satu warga Desa Blacanan.

Dengan adanya program Pembuatan Peta Administrasi dan Sarana Prasarana Desa Blacanan memberikan kontribusi signifikan terhadap perencanaan dan pengelolaan desa. Dengan informasi yang lebih lengkap dan akurat, diharapkan akan ada peningkatan dalam kemudahan informasi Desa Blacanan.



Penulis : 
Anggie Alfharetha
Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024, Desa Blacanan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon