Tingkatkan Sistem Informasi Desa, Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2024 Melakukan Pendampingan Pengelolaan Situs Web Desa


Gambar 1. Pendampingan perangkat desa Morobongo 
mengenai pengelolaan website desa

Campusnesia.co.idTemanggung (13/8/2024) - Di masa sekarang ini, kemajuan teknologi sudah semakin pesat. E-Government adalah kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan oleh pemerintah. Hal tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi dan meningkatkan efisiensi layanan yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini mendukung tujuan ke-9 dari Sustainable Development Goals (SDG’s), yang tercantum dalam target 9.c, yaitu meningkatkan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Situs web desa adalah salah satu bentuk E-Government yang dimaksud. Situs web merupakan media digital penting yang meningkatkan transparansi dan kesejahteraan, serta menyediakan informasi akurat tentang desa. Kabupaten Temanggung sendiri sudah memberikan ruang untuk pengembangan situs web desa, salah satunya di Desa Morobongo yang berada di kecamatan Jumo. 

Berdasarkan persoalan di atas, mahasiswa tim II KKN UNDIP 2023/2024, Valentinus Aryo Saputro, melihat potensi untuk meningkatkan efisiensi pada pengelolaan situs web desa dengan menujukan program kerja monodisiplinnya kepada perangkat Desa Morobongo. Kegiatan pendampingan kepada perangkat desa tersebut dilaksanakan di kantor desa pada Senin, 13 Agustus 2024, pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Program kerja ini bertujuan agar perangkat desa mampu mengelola situs web desa dengan melengkapi data-data Desa Morobongo, sehingga informasi desa dapat diakses secara lengkap dan faktual. Selain itu, masyarakat Desa Morobongo dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan, seperti pengaduan dan permohonan melalui situs web desa.

 

Gambar 2. Tampilan dashboard website 
Desa Morobongo

Dalam situs web Desa Morobongo, terdapat 18 menu untuk mengelola website desa sebagai administrator. Dengan menggunakan situs web desa yang dibentuk oleh Dinas Kominfo Temanggung, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pendampingan kepada perangkat desa bagaimana cara mengelola situs web desa dan mengenalkan fitur – fitur yang ada baik dari sisi pengguna dan admin. Program kerja telah terlaksana dengan lancar yang kemudian dipaparkan kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa Morobongo serta memberikan modul pengajaran yang berisi penjelasan menu yang ada pada situs web desa untuk menambah wawasan kepada perangkat desa tentang pentingnya mengelola situs web desa.

Program kerja yang bertajuk “Pendampingan Perangkat Desa Mengenai Pengelolaan Website Desa” ini disambut baik oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa dan harapannya perangkat desa mampu mengelola situs web desa dengan baik serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi desa dan dapat mempromosikan desa. 



Penulis : 
Valentinus Aryo Saputro 
( 21120121140100 – Teknik Komputer)

Lokasi : 
Desa Morobongo
Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung

Dosen Pembimbing Lapangan : 
Sukiswo, S.T., M.T.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon