Tingkatkan Minat Pemuda Bekerja Di Dunia Maritim, Mahasiswa KKN Undip Gelar Sosialisasi Dunia Maritim Di Desa Girirejo




Campusnesia.co.id - Dalam rangka meningkatkan minat para pemuda untuk bekerja di dunia maritim, Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro menggelar sosialisasi penyuluhan mengenai Edukasi Dunia Maritim di Kantor pertemuan di Desa Girirejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, pada tanggal 6 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai luasnya pekerjaan di sektor maritim dan perkapalan , karena kebanyakan pemuda yang berdomisili di Desa Girirejo bekerja di industry dan sedikitnya pemahaman dan pengetahuan tentang dunia maritim. 

Sosialisasi ini dilakukan oleh Muhammad Faiz Ramadhani yang merupakan mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro tahun 2023/2024, dari jurusan Teknologi Rekayasa Kontruksi Perkapalan yang di bantu oleh teman-teman KKN Tim II Universitas Diponegoro desa Girirejo. Acara ini diadakan di Kantor pertemuan di Desa Girirejo.


Penjelasan Singkat dunia maritim 
Dalam penjelasannya, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024. Muhammad Faiz Ramadhani, menjelaskan bahwa Pendidikan maritim yang dimaksud tidak hanya untuk menyediakan tenaga kerja terampil atau mencetak buruh untuk mengisi lapangan pekerjaan di sektor kelautan dan perikanan. Pendidikan maritim yang diperlukan saat ini, adalah yang mengupayakan penguatan karakter dan wawasan tentang maritim kepada anak muda di Desa Girirejo .

Pendidikan maritim untuk anak muda harus direncanakan dengan baik, strategis dan jangka panjang. Karena harus diakui, membangun karakter sebuah bangsa jauh lebih susah daripada membangun ribuan gedung pencakar langit. Namun, mau tidak mau pendidikan maritim harus menjadi prioritas. Agar anak muda, calon generasi penerus, kembali menjadikan laut sebagai urat nadi kehidupan berbangsa dan bernegara.
 

Dukungan dan Rencana Ke Depan
Dalam rangka mendukung Edukasi Dunia Maritim yang berkelanjutan, Faiz memberikan Poster yang berisikan Daftar galangan yang ada di Indonesia yang kepada pemuda karang taruna di Desa Girirejo.  
 
Kegiatan KKN ini merupakan salah satu wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sekaligus kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup dan keselamatan kerja di Desa Girirejo. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon