Tingkatkan Keterampilan, Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Pengembangan Isi Pesan dan Media Edukasi Kesehatan kepada Forum Anak

  

Campusnesia.co.id - Jayengan (6/8/2024), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) dari Program Studi Kesehatan Masyarakat melaksanakan program monodisiplin “Pelatihan Pengembangan Isi Pesan dan Media Edukasi Kesehatan”. Program tersebut dilaksanakan di Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Peserta yang hadir merupakan remaja yang tergabung ke dalam forum anak Kelurahan Jayengan.
 
 
Pelaksanaan Pelatihan 
Pengembangan Isi Pesan dan Media Edukasi Kesehatan
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Forum anak dilibatkan dalam kegiatan ini dengan harapan forum anak dapat menjadi agent of change yang mempunyai ide serta berkontribusi dalam menghadapi setiap permasalahan kesehatan remaja. Salah satu kontribusi yang diharapkan yaitu, remaja dapat menyebarkan informasi-informasi kesehatan melalui media edukasi kesehatan yang menarik.

Pada era digital, informasi kesehatan dapat disebarkan melalui berbagai media sosial, sehingga remaja perlu dibekali dengan keterampilan dalam menyusun pesan-pesan kesehatan yang efektif. Peserta diberikan buku yang menjelaskan terkait dengan media edukasi kesehatan, cara menentukan isi pesan kesehatan yang efektif, struktur pesan, serta tutorial membuat media  edukasi kesehatan berbentuk poster. 

Dalam kegiatan pelatihan dijelaskan bahwa pesan yang disusun harus dapat dipercaya. Rasa percaya harus dapat dibangun dengan menunjukkan bukti-bukti dari sumber yang kredibel sehingga sasaran tidak meragukan pesan kesehatan yang disampaikan. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan dapat menambah skill remaja serta materi yang sudah disampaikan dapat diimplementasikan dengan baik.



Penulis: 


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon