Tingkatkan Keselamatan Kerja dan Kesejahteraan Para Pekerja, Mahasiswa KKN Undip Gelar Sosialisasi K3 Di Desa Girirejo




Campusnesia.co.id - Dalam rangka meningkatkan keselamatan kerja dan kesejahteraan para pekerja, Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro menggelar sosialisasi mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat bengkel pengelasan di Desa Girirejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, pada tanggal 6 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dan praktik kerja yang aman kepada pekerja di bengkel pengelasan yang merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat setempat.

Sosialisasi ini dilakukan oleh Muhammad Faiz Ramadhani yang merupakan mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro tahun 2023/2024, dari jurusan Teknologi Rekayasa Kontruksi Perkapalan yang di bantu oleh teman-teman KKN Tim II Universitas Diponegoro desa Girirejo. Acara ini diadakan di lokasi Bengkel pengelasan didesa Girirejo. 


Pentingnya Penggunaan APD
Dalam penjelasannya, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024. Muhammad Faiz Ramadhani, menjelaskan bahwa APD berfungsi untuk melindungi para pekerja dari berbagai risiko yang mungkin terjadi selama proses pengerjaan pengelasan . "Penggunaan APD, seperti helm, masker, dan sarung tangan, bukan hanya sekadar formalitas, tetapi merupakan langkah yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja," katanya.

 
Dukungan dan Rencana Ke Depan
Dalam rangka mendukung penerapan K3 yang berkelanjutan, Faiz memberikan bantuan berupa APD antara lain Helm las ,sarung tangan,dan poster pentingnya menjaga K3 dalam pengelasan pada pekerja bengkel las di Desa Girirejo.  


Sosialisasi ini diakhiri dengan penyerahan APD secara simbolis dan pemberian poster mengenai penetingnya penggunaan APD oleh Muhammad Faiz Ramadhani kepada Bapak Tanto selaku pekerja tempat bengkel las di Desa Girirejo . Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan keselamatan kerja semakin meningkat, serta risiko kecelakaan kerja dapat diminimalisir, sehingga kesejahteraan para pekerja di bengkel las Desa Girirejo dapat terjamin dengan baik.
 
Kegiatan KKN ini merupakan salah satu wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sekaligus kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup dan keselamatan kerja di Desa Girirejo. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon