Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Reproduksi, Mahasiswi FK KKN TIM II Universitas Diponegoro 2024 Adakan Posyandu Remaja Pertama di Desa Barang




Campusnesia.co.idKesehatan reproduksi merupakan salah satu aspek penting untuk kehidupan yang perlu diperhatikan, apalagi pada masa remaja. Masa remaja sendiri merupakan masa transisi awal dari anak-anak menuju dewasa yang tentunya memerlukan perhatian khusus atas terjadinya berbagai perubahan aspek, dari mulai aspek fisik hingga aspek psikologis. Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi menjadi perhatian penting bagi Yumni Rahadatul Aisyi, salah satu mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro. Menurutnya, edukasi mengenai kesehatan reproduksi masih menjadi hal yang kurang diperhatikan karena dianggap tabu, sedangkan hal ini justru seharusnya menjadi ilmu dasar dan modal awal yang harus dikenalkan kepada para remaja. 

Berangkat dari permasalahan tersebut, pada tanggal 7 Agustus 2024, bertempat di Desa Barang, Dusun Barang Wetan, Kecamatan Jumo, Temanggung, TIM II KKN Universitas Diponegoro 2024 mengadakan agenda posyandu remaja untuk pertama kalinya. Agenda yang dilakukan diantaranya adalah pemeriksaan tensi, berat badan, dan lingkar lengan atas untuk remaja, serta dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh Yumni Rahadatul Aisyi mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 remaja dan mendapatkan antusiasme yang sangat baik. 


Materi yang disampaikan berisikan 4 poin utama yaitu pengenalan awal tentang masa remaja, apa saja organ reproduksi, bagaimana cara menjaganya, dan apa dampak buruk yang dihadapi apabila tidak menjaga kesehatan reproduksi. Materi ini pun disambut baik oleh para remaja dan disimak dengan seksama serta mendapatkan dukungan penuh dari Bidan serta Ketua PKK Desa Barang. Acara ini berlangsung di malam hari, bertempat di TPQ Desa Barang, dan diisi juga dengan materi dari Bu Wiwik selaku bidan setempat mengenai Gerakan Masyarakat Sehat. 

“Adanya acara perdana untuk posyandu remaja ini, saya harap menjadi pintu awal diadakannya acara rutin untuk memantau kesehatan remaja.” Ucap ibu Budi Utami, selaku Ketua TP PKK Desa Barang. Harapannya acara ini tentunya dapat bermanfaat untuk seluruh pihak yang terlibat, serta dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat khususnya para remaja di Desa Barang. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon