Tingkatkan Intelektualitas Hukum, Warga Desa Bendo Ramai Ikuti Pelatihan Pembuatan Kontrak Sederhana

 


Campusnesia.co.id - Dewasa ini, kontrak bukanlah suatu hal yang baru di masyarakat. Hampir semua orang tahu apa itu kontrak berikut dengan fungsinya. Namun, lain halnya ketika yang dibicarakan adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan kontrak tersebut, dan bagaimana membuat kontrak yang baik dan benar. 

Melihat kurangnya kesadaran tersebut pada warga Desa Bendo, Mahasiswa Fakultas Hukum KKN UNDIP Tim II Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Monika Triani Raja Guk Guk di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, Riza Susanti, S.T., M.T., mengadakan Pelatihan Penulisan Kontrak Sederhana sebagai langkah edukasi serta mencegah adanya tindak penipuan dengan modus perjanjian di kemudian hari. 

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin, 29 Juli 2024 di Aula Balai Desa Bendo dan dihadiri sekitar 20 orang warga dari berbagai dusun. Kegiatan dimulai dengan pemaparan mengenai pengertian kontrak, manfaat dan pentingnya kontrak dalam kehidupan sehari, hingga bagaimana cara menulis kontrak yang baik dan benar sesuai struktur yang sudah banyak digunakan dalam praktik hukum. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh warga yang hadir, sebelum akhirnya ditutup dengan ucapan terima kasih dan sesi foto bersama. 


Dalam penyampaiannya, saudara Monika selaku pemateri menggunakan teknik bertanya untuk menjelaskan. Pemateri akan melontarkan berbagai pertanyaan yang kemudian dijawab oleh peserta yang hadir. Jika ada peserta yang kesulitan menjawab, maka pemateri akan membantu peserta untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebagai tambahan, saudara Monika juga menggunakan alat bantu lainnya seperti modul yang memudahkan dalam memberikan edukasi, serta nantinya berguna untuk jangka panjang. 

Di sisi lain, warga Desa Bendo sebagai peserta yang hadir dalam kegiatan ini memberikan respon yang sangat positif. “Pelatihannya sangat membantu warga yang ingin membuat kontrak”, ucapan penutup dari Ibu Fatmi dari Kebayanan Nginggil, Desa Bendo, mewakili peserta yang hadir (29/7/24)

“Harapan saya, agar pengetahuan yang saya berikan ini kelak akan berguna bagi masyarakat Desa Bendo. Menjauhkan kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan”, demikian ucapan penutup dari saudara Monika, sekaligus mengakhiri kegiatan pada hari itu.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon