Tingkatkan Etika dan Tanggung Jawab Digital, KKN Tim II UNDIP Beri Edukasi Literasi Sosial kepada PKK

 


Campusnesia.co.id Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, kemampuan untuk berperilaku secara etis dan aman di dunia maya menjadi semakin penting. Menyadari hal ini, Faiza Faradilla, KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) memulai inisiatif inovatif dengan mengadakan pelatihan literasi media sosial untuk pengurus dan anggota PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Program ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta dengan keterampilan kritis dalam memverifikasi informasi, menjaga privasi, dan memastikan keamanan online mereka. Di tengah maraknya berita palsu dan ancaman keamanan digital, pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan perilaku yang lebih cerdas dan bertanggung jawab dalam berinteraksi di dunia maya.

Program ini dilaksanakan di Desa Ngaglik pada Minggu (28/7/2024). Dalam kegiatan ini para peserta diajarkan cara mengenali sumber informasi yang kredibel, teknik memeriksa fakta, serta menggunakan alat dan platform verifikasi informasi untuk memastikan berita dan klaim yang mereka terima adalah akurat. Selain itu, mereka diberikan panduan tentang pentingnya menjaga privasi online dan bagaimana mengatur pengaturan privasi di berbagai platform media sosial. Untuk Facebook, misalnya, peserta belajar cara mengatur siapa yang dapat melihat postingan dan informasi profil serta mengaktifkan fitur "Two-Factor Authentication" untuk menambah lapisan keamanan.

Pelatihan juga menekankan pentingnya melindungi data pribadi dengan menggunakan kata sandi yang kuat, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan waspada terhadap phishing. Peserta diberi tips untuk secara rutin memperbarui perangkat lunak dan memantau aktivitas akun guna mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Selain itu, program ini memberi edukasi bagaimana cara mengelola informasi yang dibagikan, dengan berhati-hati dalam membagikan data pribadi dan menggunakan fitur privasi untuk mengontrol akses ke informasi mereka.
Prinsip-prinsip etika digital juga dibahas, meliputi tanggung jawab atas konten yang diposting, kejujuran dalam komunikasi, dan menghormati privasi orang lain. Peserta diingatkan untuk menghormati hak cipta dan menghindari serta menangani cyber bullying dengan bijaksana. Pelatihan ini bertujuan untuk membangun perilaku online yang positif dan inklusif dengan menghargai perbedaan dan berkomunikasi secara sopan.

Program ini diterima dengan baik oleh peserta terbukti dari aktifnya tanya jawab yang dilakukan serta peserta memperhatikan dengan seksama materi yang dijelaskan. Dengan pelatihan ini, KKN Tim II UNDIP berharap para peserta dapat lebih sadar akan pentingnya etika digital dan mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi diri mereka serta berperan aktif dalam menciptakan lingkungan online yang aman dan bertanggung jawab.



Penulis : 
Faiza Faradilla, Ilmu Komunikasi (2024)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : 
Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum

Lokasi : 
Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon