Tingkatkan Citra, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Branding Sosial Media kepada Karang Taruna “Cakar Mas” Desa Juwangi

 

Mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan Program Kerja Monodisiplin 
“Optimalisasi Branding Sosial Media Karang Taruna ‘Cakar Mas’ Juwangi” 
pada Periode KKN Undip 2023/2024


Campusnesia.co.idJuwangi, Boyolali, 26 Juli 2024 - Margaret Carmel Iman Sukandar, seorang mahasiswi dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, telah melaksanakan program kerja monodisiplin bertajuk “Optimalisasi Branding Sosial Media Karang Taruna ‘Cakar Mas’ Juwangi.” 

Karang Taruna “Cakar Mas” merupakan salah satu karang taruna yang terdapat di Desa Juwangi, khususnya Dusun Karangmanis. Karang taruna ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda-pemudi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, dengan kegiatan utama di bidang kesenian yaitu barongan dan sinoman. 


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Karang Taruna “Cakar Mas” telah memiliki akun sosial media yaitu Instagram. Namun, dalam pengelolaannya dinilai masih kurang kreatif dan belum konsisten dalam mengunggah konten. Padahal, kesenian barongan dan sinoman yang menjadi kegiatan utama dari Karang Taruna “Cakar Mas” ini dapat menjadi potensi agar Desa Juwangi lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Dalam era digitalisasi yang semakin pesat, keberadaan dan citra positif di media sosial menjadi aspek penting bagi sebuah organisasi untuk meningkatkan partisipasi dan dukungan masyarakat. Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan branding digital dari Karang Taruna “Cakar Mas” Desa Juwangi, Boyolali, guna memperkuat eksistensi mereka di dunia digital dan memperkenalkan kesenian Desa Juwangi, terurama melalui platform media sosial. 

Untuk menunjang program ini, Margaret Carmel Iman Sukandar menggunakan aplikasi Canva sebagai alat desain grafis online dan poster berisi informasi terkait pentingnya branding bagi sebuah organisasi sehingga dapat memudahkan pemuda Karang Taruna “Cakar Mas” untuk mendesain branding sosial media mereka. 



Penulis:
Margaret Carmel Iman Sukandar

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon