TIM KKN II UNDIP Kelurahan Kemlayan Gelar Pelatihan Senam Kaki Bagi Penderita Penyakit Diabetes Melitus


Campusnesia.co.id - Kemlayan, Surakarta, 11 Agustus 2024.  Dalam upaya pencegahan komplikasi pada penderita penyakit diabetes melitus, Tim KKN II Undip Kelurahan Kemlayan mengadakan pelatihan senam kaki bagi penderita penyakit diabetes melitus. Pelatihan yang diadakan oleh Tim KKN II Undip Kelurahan Kemlayan ini khusus diikuti oleh penderita penyakit diabetes melitus yang tinggal di Kelurahan Kemlayan. 

Pelatihan dilakukan dalam satu hari yang dilaksankan di Gedung Serbaguna Kemlayan pada tanggal 11 Agustus 2024. Pelatihan ini dihadiri oleh 21 orang yang merupakan penderita diabetes melitus. Pelatihan ini disambut antusias dan semangat oleh para peserta yang terlibat. 

Pelatihan diawali dengan perkenalan dengan Tim KKN II Undip Kelurahan Kemlayaan sambil dibagikan poster terkait senam kaki. Kemudian dilanjutkan dengan edukasi terkait senam kaki baik pengertian, manfaat, dan kapan serta dimana senam kaki dapat dilakukan. Pelatihan dilanjutkan dengan melakukan senam kaki yang dipimpin oleh mahasiswa KKN dengan bantuan video. Kemudian dilanjutkan dengan senam kaki tanpa bantuan video. Acara pelatihan ditutup dengan sesi tanya jawab. 


Penderita diabetes melitus harus mewaspadai komplikasi yang akan. Komplikasi dapat menyerang ke seluruh tubuh, mulai dari mata hingga ujung kaki, oleh karena itu penting dilakukan pencegahan. Senam kaki penting dilakukan karena dapat mencegah terjadinya komplikasi bagi penderita diabetes melitus. Selain itu, senam kaki dapat memberikan manfaat lainnya yaitu memperlancar aliran darah, memperkuat otot-otot kecil kaki, mencegah sendi agar tidak kaku, dan mencegah kelainan dalam bentuk kaki. 

Pelatihan ini menjadi langkah nyata sebagai upaya pencegahan komplikasi penyakit diabetes melitus agar penyakit diabetes melitus yang diderita oleh warga Kelurahan Kemlayan tidak terjadi komplikasi. Pelatihan ini mendorong semangat dan motivasi warga Kelurahan Kemlayan untuk melakukan senam kaki sebagai upaya mencegah komplikasi penyakit diabetes melitus. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon