Tabungan Untuk Generasi Emas: Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Memberikan Edukasi Terkait Pentingnya Menabung Sejak Dini

 
Dokumentasi Pelaksanaan Program “Edukasi Budaya Menabung Sejak Dini 
dengan Gerakan Bijak Mengelola Uang Saku SD Sapugarut”


Campusnesia.co.idSapugarut, Buaran, Kabupaten Pekalongan (27/07/2024) – Di tengah derasnya arus informasi dan gaya hidup modern yang serba instan, setiap orang berupaya untuk memenuhi kebutuhannya dengan membeli barang-barang yang menarik dengan semata-mata untuk memuaskan keinginan pribadi mereka. Tidak jarang, seluruh sumber finansial yang didapatkan seseorang, langsung dihabiskan seketika tanpa diklasifikasikan terlebih dahulu untuk berbagai keperluan masa depan. Alhasil, munculnya pinjaman cenderung tak terhindarkan untuk memenuhi kebutuhan mendesak di masa depan. Adanya kebiasaan ini perlu untuk dicegah sedini mungkin. Upaya menabung dapat menjadi pilihan untuk menyimpan dana keuangan darurat dimana dana tersebut dapat digunakan di kemudian hari. Pilihan untuk menabung ini dapat berdampak besar jika mulai dipupuk sejak anak-anak.

Kelurahan Sapugarut merupakan kelurahan yang memiliki jumlah siswa-siswi yang cukup relatif tinggi. Tingginya jumlah anak-anak di kelurahan ini merupakan potensi yang besar jika diajarkan dengan ilmu yang tepat, baik dalam pengajaran ilmu ekonomi, sosial, dll. Pembelajaran ringan yang dapat diberikan terkait ekonomi salah satunya adalah pentingnya budaya menabung. Namun, melihat situasi di salah satu SD di Sapugarut, yaitu SD Negeri Sapugarut, pemahaman siswa-siswinya dapat dikatakan cukup kurang meminati budaya dalam menabung. Hal ini menjadi kendala yang cukup penting diselesaikan dimana siswa-siswi perlu ditanamkan pemikiran bahwa menabung dapat berdampak positif di masa depan.
 

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun 2024 program studi Akuntansi berusaha membantu membangun pola pikir siswa-siswi yang berada di SD Negeri Sapugarut dengan sukses melaksanakan program Edukasi Budaya Menabung Sejak Dini dengan Gerakan Bijak Mengelola Uang Saku di Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Program ini dilakukan dengan cara pengajaran dan sosialisasi materi budaya menabung dan dilanjutkan pembagian celengan gratis.

Kegiatan yang dilakukan di SD Negeri Sapugarut pada pagi hari selama kurun waktu tiga jam ini dimulai dari pemaparan materi mengenai pengertian, manfaat, benefit, hingga pengaplikasian ke dalam kehidupan keseharian dengan pemanfaatan uang saku yang diberikan oleh orang tua mereka masing-masing. Adanya leaflet dan poster yang diberikan kepada siswa-siswi dan pihak sekolah membuat pengingat tersendiri agar budaya menabung ini terus dipertahankan dan dilestarikan. Selain itu, adanya pembagian celengan kepada siswa dan siswi ini dapat dijadikan aksi gerakan nyata terhadap penerapan sosialisasi yang dilakukan.

Program kerja mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang dilakukan oleh Dongan Basar Kristianto Manalu, dengan pembimbingan dari Bapak Mujiono Hafidh Prasetyo, SH., M.H., LL.M selaku dosen pembimbing lapangan, mendapatkan pujian dari para guru SD tersebut dikarenakan siswa-siswi tertarik mengikuti pembelajarannya. Terlaksananya program "Program Edukasi Budaya Menabung Sejak Dini dengan Gerakan Bijak Mengelola Uang Saku SD Sapugarut" ini, diharapkan dapat menjadi daya juang dan semangat baru bagi seluruh siswa/ siswi dalam menjalankan budaya menabung demi terciptanya generasi emas di masa depan.



Penulis: 
Dongan Basar Kristianto Manalu 
(Akuntansi - Fakultas Ekonomika & Bisnis)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon