Taat Pajak, UMKM Hebat! Bersama mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023/2024



Campusnesia.co.idPekalongan (09/08/24) - Di era yang semakin maju ini, permasalahan yang sering terjadi adalah perekonomian Masyarakat yang masih cukup rendah. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan Masyarakat di Indonesia dalam rangka meningkatkan perekonomian yaitu dengan mendirikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), karena hanya membutuhkan modal yang sedikit. UMKM di Indonesia berjumlah sekitar 66 juta untuk tahun 2023. Namun dari banyaknya jumlah UMKM tersebut hanya 2,3 juta UMKM yang memiliki NPWP dan tidak semuanya rutin membayar pajak, yang rutin hanya setengahnya bahkan mungkin kurang dari itu (Hestu Yoga Saksama, 2020).

Menurut hasil pendataan ulang UMKM di Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, masih terdapat suatu permasalahan yang hampir terjadi di Sebagian besar dari UMKM tersebut yaitu banyaknya para pelaku UMKM yang belum mengerti apa itu pajak, untuk apa uang dari pajak tersebut dan bagaimana cara menghitung pajak. Hal tersebut menunjukan bahwa tidak semua pelaku UMKM paham mengenai ketentuan dan kewajiban perpajakan.

Bedasarkan permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2023/2024 mengadakan program kerja berupa “sosialisasi perpajakan bagi pelaku UMKM”. Target sasaran program kegiatan ini adalah beberapa pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Program inisejalan dengan sustainanble development goal’s (SDG’s) poin 1 (pengentasan kemiskinan) dan poin 8(mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi). Program ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM memahami pentingnya pajak untuk kemajuan negara.

Program ini dilaksanakan pada hari Jumat (09/08) dengan metode door-to-door dan penyampaian materi melalui booklet kreatif yang telah disusun dengan memuat beberapa informasi penting seperti pengertian pajak, arah uang pajak, cara perhitungan pajak penghasilan, cara perhitungab pajak final 0,5%, cara membayar pajak, hingga pelaporan SPT.


Pelaksanaan program ini mendapat respon positif dan antusias dari para pelaku UMKM yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang aspek perpajakan dan ingin menghitung pajak penghasilan secara mandiri. Salah satunya Ibu Yuli. Beliau mengatakan bahwa lebih bagus jika para pelaku UMKM dapat menghitung pajaknya secara mandiri agar lebih mudah untuk melakukan pembayaran pajak. Dari program ini di harapkan terbentuknya UMKM yang sadar akan perpajakan dan penting pajak untuk kemajuan negara.


Mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2023/2024

Penulis : 
Afif Bilal Febrian Utomo
40011421650211

Fakultas Sekolah Vokasi

DPL : 
Mujiono Hafidh Prasetyo, S.H., M.H., LL.M.

Lokasi KKN : 
Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran
Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon