Sukseskan Pencapaian SDGs : Menjaga Keberlanjutan Ekosistem dan Perubahan Iklim Melalui Gerakan Penanaman Mangrove oleh Tim II KKN UNDIP Desa Blacanan

 
Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Melakukan penanaman mangrove di Desa Blacanan akibat Banjir ROB yang memprihatinkan (03/08/2024) 
(Foto: Dokumen Pribadi)


Campusnesia.co.idSetelah dilakukan pemetaan dan analisis wilayah desa Blacanan dapat diketahui bahwa kondisi Desa Blacanan sangat memprihatinkan. Keadaan yang setiap harinya mengalami Banjir ROB adalah salah satu permasalahan yang membutuhkan perhatian besar dalam penyelesaiannya. Berdasarkan hal tersebut pada hari Sabtu, 03 Agustus 2024 TIM II KKN UNDIP Desa Blacanan telah melakukan gerakan penanaman bibit Mangrove sejumlah 500 buah. Mangrove adalah ekosistem yang sangat penting bagi kelestarian lingkungan. Berfungsi sebagai pelindung garis pantai dari abrasi, mencegah intrusi laut, habitat biodiversitas, menstabilkan daerah pesisir dan lainnya.

Kegiatan penanaman bibit bertempat disepanjang sungai sekitar Pantai Depok Desa Blacanan. Mekanisme penanaman yaitu diberikan penyanggah bambu sepanjang 80 cm dan diikat dengan tali rafia per setiap bibitnya, mekanisme tersebut disampaikan oleh Diva Nadilla Arya Ramadhan Riyanto Mahasiswa KKN dari program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas FISIP, Universitas Diponegoro. 

Bibit ditanam di bagian daerah yang memiliki arus dan gelombang yang tinggi sehingga diharapkan dapat menjadi usaha preventif dalam penanggulangan bencana banjir yang ada di desa Blacanan. Pada saat penanaman juga diberikan edukasi terkait bagaimana kondisi Desa Blacanan yang rawan bencana banjir serta seberapa penting peran dari Mangrove yang disampaikan oleh Vanessa Goretty Naibaho, Mahasiswa KKN dari program studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Melakukan penanaman mangrove di Desa Blacanan akibat Banjir ROB yang memprihatinkan (03/08/2024) 
(Foto: Dokumen Pribadi)

Antusias yang tinggi pada kegiatan ini dapat dilihat dari kehadiran perwakilan perangkat desa, Ibu ibu PKK, Karang Taruna dan juga beberapa orang warga Desa Blacanan saat pelaksanaan penanaman bibit mangrove. Masyarakat juga berperan besar dalam membantu survey lokasi penanaman, pemindahan bibit ke lokasi penanaman, serta ikut dalam melakukan penanaman bibit mangrove.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan didukung cuaca yang cerah. Hasilnya bibit tertanam dengan baik secara keseluruhan. Harapannya bibit yang ditanam dapat bertumbuh dan akan bermanfaat dalam pencegahan banjir yang ada di desa Blacanan.

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 Desa Blacanan.


#kknundiptim2 #p2kknundip #lppmundip #undip #mangrove #pantaidepok

DPL :  
• Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph. D.
• Ichlasul Ayyub, S.S., M.Si
• Dr. Hari Susanta Nugraha, S.Sos., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon