Stres Bisa Dikelola bahkan Dicegah? Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Melatih Manajemen Stres pada Remaja Joyotakan

 

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP melakukan pelatihan manajemen stres 
dengan memanfaatkan eisenhower matrix dan coloring mandala 
pada remaja SMA Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Surakarta


Campusnesia.co.id  - Surakarta (26/7). Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2024 memberikan pelatihan manajemen stres pada remaja SMA di Kelurahan Joyotakan. 

Pelatihan ini diberikan oleh Aurelia Saputri, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro sebagai salah satu program kerja individual Kuliah Kerja Nyata. 

Pelatihan dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli 2024 di Pendopo Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.  

Pelatihan manajemen stres ini melibatkan remaja SMA Joyotakan yang dilatar belakangi masalah bahwa remaja memiliki beban banyak yang harus dikelola sehingga tidak menimbulkan dampak negatif.

“Kelurahan Joyotakan merupakan kelurahan yang sangat aktif dan memiliki banyak agenda, apalagi ini sudah menuju perayaan Hari Kemerdekaan. Agenda ini biasanya melibatkan banyak pihak salah satunya adalah Forum Anak yang isinya adalah remaja-remaja SMA. Padahal remaja SMA bebannya sudah berat di akademik ditambah agenda kampung. Pasti mereka stres karena beban yang menumpuk ini,” ujar Aurelia memaparkan latar belakang pelatihan.

Pelatihan ini diawali dengan pemaparan tentang stres, langkah-langkah manajemen stres, dan praktik teknik manajemen stres menggunakan matriks eisenhower serta coloring mandala

“Langkah manajemen stres sebenarnya mudah, kenali stres, cari strategi koping atau teknik manajemen stres, terapkan teknik, lalu nilai apakah teknik efektif atau tidak,” kata Aurelia.

Pada pelatihan ini, Aurelia melatih remaja untuk memanajemen stres dengan cara memanajemen waktu. Salah satu alatnya adalah menggunakan matriks eisenhower.

“Terkadang orang itu stres bukan karena beban yang diterima berat, tetapi beban yang diterima kecil-kecil tapi banyak dan orang itu tidak bisa mengelola waktu untuk mengerjakannya. Karena itu belajar mengelola waktu itu perlu, dan memakai matriks eisenhower ini saya rasa sangat mudah. Remaja hanya perlu menentukan kegiatan mana yang penting mendesak, penting kurang mendesak, tidak penting mendesak, dan tidak penting tidak mendesak,” tutur Aurelia.


Selain itu, Aurelia juga mengenalkan coloring mandala sebagai teknik manajemen stres. Coloring mandala merupakan teknik manajemen stres dengan cara mewarnai suatu gambar dengan pola geometris.

“Mewarnai mandala itu bisa membuat tubuh relaks, membantu untuk fokus, sarana menuangkan imajinasi juga. Jadi sangat bisa untuk menurunkan stres,” ujar Aurelia.



Penulis: 
Aurelia Saputri

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon