Strategi Pemetaan Tata Guna Lahan dan Mengungkap Batas Desa Menuju Pengelolaan dan Pembangunan yang Berkelanjutan

Gambar 1. Foto Bersama Perangkat Desa 


Campusnesia.co.idKondisi Desa Blacanan termasuk kelompok daerah  pesisir yang cukup luas, desa ini dimanfaatkan dengan berbagai tata guna lahan, namun masih belum ada sebaran terkait data penggunaan tata guna lahan dan luasan batas desanya, maka untuk melengkapi administrasi Vanessa mahasiswi KKN TIM II UNDIP merasa sangat terpanggil untuk memanfaatkan keilmuan geologinya dengan membuat Peta Tata Guna Lahan dan Batas Desa Blacanan. 

Pengelolaan dan pembangunan yang berkelanjutan memerlukan pemahaman yang mendalam mengenai tata guna lahan dan batas desa. Pemetaan tata guna lahan dan pengungkapan batas desa adalah langkah krusial dalam mencapai pengelolaan dan pembangunan yang berkelanjutan. Dengan memahami penggunaan lahan dan batas administratif, dapat merencanakan dan melaksanakan pembangunan secara efektif, mengelola sumber daya dengan bijaksana, serta menghindari konflik dan dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat. 
 
“Melihat kelengkapan administrasi dari Desa Blacanan yang sangat memprihatinkan, saya sangat tertarik untuk membuat Peta  Tata  Guna Lahan dan Peta Batas Desa Blacanan sebagai salah satu solusi pengembangan berjelanjutan untuk Desa Blacanan”, ungkap Vanessa dengan semangat. 


Gambar 2. Foto Bersama Perangkat Desa 

Peta ini dibuat dengan melakukan pemetaan, processing, analisis menggunakan software serta evaluasi data. Vanessa juga menyajikan peta dalam bentuk digital dan hardfile dalam bentuk Banner yang diserahkan kepada perangkat desa untuk melengkapi administrasi pada web Desa Blacanan dan Balai Desa Blacanan. 

Setelah peta selesai dibuat, Vanessa melakukan pemaparan terkait hasil peta tersebut dan juga memberikan edukasi terkait bagaimana keadaan dari penggunaan tata guna lahan dan  bagaimana kondisi geografis terkait batas wilayah dari Desa Blacanan berdasarkan analisis keilmuan yang dibutuhkan. Sekretaris Desa Blacanan menyambut baik kegiatan edukasi yang dilakukan oleh Vanessa dan menerima hasil peta yang sudah dibuat “ Berdasarkan edukasi yang sudah dipaparkan dan penjelasan terkait hasil analisis peta, kami menjadi lebih tahu terkait bagaimana pengelolaan dari tata guna lahan dan seberapa luas batasan wilayah dari Desa Blacanan. Peta ini juga membantu kami dalam mengambil langkah-langkah dalam pengembangan berkelanjutan untuk mengatur tata guna lahan Desa Blacanan” ujarnya. 

Kegiatan edukasi dan pembuatan peta yang dilakukan Vanessa menjadi salah satu bukti nyata dari keilmuan yang didalami untuk membantu pengembangan Desa Blacanan. Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 Desa Blacanan. 



#kknundiptim2 #p2kknundip #lppmundip #undip #teknikgeologi #peta

DPL :  
• Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph. D.
• Ichlasul Ayyub, S.S., M.Si
• Dr. Hari Susanta Nugraha, S.Sos., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon