Stop KS! Mahasiswi KKN Ini Gelar Penyuluhan Perdana Mengenai Pencegahan Kekerasan Seksual Kepada Pemuda-pemudi di Desa Kedungsegog, Batang, Jawa Tengah

 


Campusnesia.co.idabtu, 27 Juli 2024 - Nabilla Zifni Syafira, salah satu peserta dari Tim II KKN Universitas Diponegoro dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hega Bintang Pratama Putra, S. T. P, MSc, di Desa Kedungsegog, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang melakukan penyuluhan perdana mengenai pencegahan Kekerasan Seksual dengan sasaran pemuda-pemudi Karang Taruna “Tunas Muda” Desa Kedungsegog. Acara tersebut berlangsung di Balai Desa Kedungsegog dan dihadiri oleh Karang Taruna “Tunas Muda” Desa Kedungsegog serta anggota Tim II KKN Universitas Diponegoro.


Materi yang disampaikan berupa pengertian dari tindakan Kekerasan Seksual (KS) dan indikator-indikator serta upaya penanganan tindakan Kekerasan Seksual. Dalam sesi pemaparan materi tersebut, Nabilla menghimbau kepada pemuda-pemudi Karang Taruna “Tunas Muda” agar lebih berhati-hati dalam ucapan dan tindakan karena tindak lanjut dari kasus Kekerasan Seksual tidak main-main. 

“Kekerasan Seksual itu masalah yang krusial, bahaya jika dibiarkan karena hal tersebut merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Maka dari itu, dinilai sangat perlu melakukan penyuluhan dengan tema seperti ini karena belum banyak orang yang sadar akan bahaya dari KS (Kekerasan Seksual).” ujar Nabilla. Nabilla juga menyampaikan harapannya agar pemuda-pemudi Karang Taruna “Tunas Muda” Desa Kedungsegog dapat menjadi pionir dari pencegahan Kekerasan Seksual.

Kegiatan ini diapresiasi oleh Riswanto, selaku ketua dari Karang Taruna “Tunas Muda” Desa Kedungsegog. “Penyuluhan dengan tema Pencegahan Kekerasan Seksual ini merupakan penyuluhan perdana di desa kami, tema yang dibawakan juga baru. Sebelumnya belum ada yang membawakan tema ini.” Menurutnya, kegiatan positif harus selalu diadakan agar pemuda-pemudi Karang Taruna “Tunas Muda” mendapatkan wawasan dan pemikiran baru.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon