Sosialisasi Dan Pembuatan Alur K3 Di Salah Satu Engkel Motor Desa Pendowo Demi Wujudkan “Zero Accident”

 
Gambar 1. Foto Sosialisasi

Campusnesia.co.idPemalang (24/07/2024) – Melihat kurangnya perhatian terhadap pentingnya keselamatan, kesehatan, kerja yang ada di bengkel-bengkel motor sederhana dan nantinya akan memberikan resiko besar dimasa yang akan mendatang. Oleh karena itu, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro, Desa Pendowo, Andry Afriansyah Bachri (21), memiliki pengetahuan untuk dapat mensosialisasikan betapa pentingnya K3 dalam melaksanakan kegiatan dibengkel motor sederhana.

Program edukasi dan Sosialisasi K3 dilakukan oleh Andry Afriansyah Bachri (21), mahasiswa Program Studi Rekayasa Perancangan Mekanik atau yang akrab disebut Teknik Mesin yang dijadikan sebagai program kerja monodisiplin. Program ini dilaksanakan pada minggu ketiga kegiatan TIM II KKN Undip 2023/2024 di Desa Pendowo, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Program Sosialisasi dan Edukasi Alur K3 ini disertai pula oleh pemberian Alat bantu K3 yaitu Apron sebagai pelapis badan saat melaksanakan kerjaan dibengkel Motor dan juga pemberian Stiker maupun Poster Peringatan K3.

 Gambar 2. Edukasi K3 melalui Stiker K3

Andry menjelaskan bahwa sangat penting dalam menjaga K3 dalam kehidupan sehari- hari dimana akan mempengaruhi kesehatan dimasa mendatang jika tidak memperhatikan K3 dalam kehidupan bengkel, sebagaimana jika kita melakukan penggantian oli pada kendaraan, potensi untuk oli dapat merusak jaringan kulit sangat tinggi dikarenakan bahan yang terkandung dalam oli itu sendiri, dan juga pembuangan oli itu tidak boleh sembarangan dikarenakan akan mempengaruhi lingkungan, jadi perlu wadah khusus untuk penampungan oli bekas.
 
Gambar 3. Dokumentasi Bersama

Dari program ini, diharapkan pak Warnai selaku pemilik bengkel bisa lebih menjaga kondisi K3 pada bengkelnya, dan juga dapat menerapkan K3 yang sudah menjadi kewajiban yang diterapkan khususnya dalam keseharian Bengkel Motor.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon