Solusi Pencatatan Keuangan Praktis! KKN UNDIP Berikan Pelatihan Pembukuan Digital Melalui Aplikasi “CrediBook”

 




Campusnesia.co.id - Tlogotirto, Sragen (31/7/2024) – Berdasarkan data pemerintah Desa Tlogotirto, terdapat lebih dari 50 pelaku usaha UMKM yang diantaranya terdapat toko kelontong, warung makan, UMKM Kuliner, kerajinan, dan pelaku usaha di bidang lainnya. Namun, berdasarkan pengamatan dan informasi yang didapat dari warga sekitar, para pelaku usaha di Desa Tlogotirto masih kurang paham akan pentingnya pengelolaan dana usaha, sehingga banyak usaha yang bertahan hanya dalam waktu yang singkat. 

“Jarang dicatet (keuangan), kalau mau dikeluarin langsung dipake aja uangnya atau   kalau catat, saya masih manual di buku, sering ada yang terlewat atau salah hitung.” kata salah satu pemilik toko kelontong.

Padahal, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menjalankan suatu usaha, keuangan menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jessie Hagen dari U.S. Bank, 82% bisnis gagal karena pengelolaan arus kas (cash flow) yang buruk. Hal tersebut dapat terjadi karena uang yang tidak dikelola dengan baik dan strategis. 

Untuk meningkatkan kesadaran para pelaku usaha, Rif’at Syahira Basri dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis jurusan manajemen selaku mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan pelatihan pembukuan digital menggunakan aplikasi CrediBook sebagai langkah sederhana yang dapat dilakukan para pelaku usaha agar arus keuangannya tetap terjaga. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2024 di Balai Desa Tlogotirto dan dihadiri pemilik usaha lokal. 

Dalam pelatihan ini, mahasiswa memberikan pengetahuan dasar mengenai pentingnya pembukuan yang baik serta cara menggunakan aplikasi CrediBook untuk mencatat transaksi keuangan sehari-hari. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di smartphone, dengan menawarkan berbagai fitur menarik, di antaranya catat transaksi harian, catat dan kelola produk, catat utang dan piutang beserta pengingat jatuh tempo, download laporan keuangan usaha, dan masih banyak lagi.

 

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program, mahasiswa KKN menggunakan leaflet dan pelatihan penggunaan aplikasi “CrediBook” secara langsung. Materi secara lengkap dapat dilihat melalui leaflet yang dibagikan kepada setiap pelaku usaha. Tujuannya agar pelaku UMKM dapat mengakses materi berulang kali, bahkan setelah pelaksanaan program selesai.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Tlogotirto dapat menerapkan pembukuan digital secara konsisten dan menikmati manfaat dari pengelolaan keuangan yang lebih praktis. Program ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKN untuk memberdayakan ekonomi lokal dan modernisasi praktik usaha di desa tersebut. 


Penulis : 
Rif’at Syahira Basri

Prodi : 
S1 – Manajemen

DPL : 
Juang Abdi Muhammad, S.AP., M.AP

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon