Sokong Generasi Cakap Digital, Mahasiswa KKN Undip Hadirkan Pelatihan Menulis Kreatif

 


Campusnesia.co.id - Dagen, Kecamatan Jaten (03, Agustus 2024) - Melihat perkembangan era digital yang cukup pesat, masyarakat tentu perlu bersiap menyokong generasi cakap digital. Generasi cakap digital merupakan generasi  yang mampu menggunakan teknologi digital secara efektif, produktif, dan etis. Salah satu aspek penting dalam menciptakan generasi cakap digital adalah literasi digital. Literasi digital terdiri dari tiga aspek penting antara lain: (1) menemukan dan mengonsumsi konten digital, (2) membuat konten digital, dan (3) kemampuan berbagi serta mengkomunikasikan konten secara aktif. Guna menyokong generasi cakap digital, Zul Fatul Aulia mahasiswa KKN TIM II Undip, program studi Sastra Inggris (FIB) mengadakan Pelatihan Menulis Kreatif atau disingkat dengan TuTif. Kegiatan ini menyasar remaja yang merupakan bagian dari Karang Taruna Irada. 

Pelatihan ini terbagi atas tiga tahapan, antara lain (1) pemaparan materi penulisan kreatif, (2) pengumpulan karya tulis kreatif, (3) pengunggahan karya ke website/blog. Pemanfaatan website/blog dalam pengunggahan karya tulis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis, menerbitkan karya tulis, mendapatkan interaksi pembaca, serta bentuk portofolio digital. Dengan adanya portofolio digital memungkinkan individu menunjukkan eksistensi, kemampuan, karya serta pengalaman mereka.

 

Pemaparan materi kepenulisan dilakukan pada Sabtu, 03 Agustus 2024. Sejumlah remaja anggota Karang Taruna Irada turut meramaikan kegiatan pelatihan ini. Mereka fokus mendengarkan materi sehingga tercipta timbal balik antara pemateri dengan peserta. Kebanyakan dari mereka senang mengikuti kegiatan ini karena  mendapat pengetahuan terkait menulis kreatif.

“Aku senang ada pelatihan menulis ini, sebagai salah satu anak yang gemar menulis, adanya pelatihan ini bikin aku jadi lebih semangat menulis lagi.” ujar Keisha salah satu peserta pelatihan TuTif.

Mahasiswa berharap adanya pelatihan menulis kreatif ini dapat menjadi angin segar bagi anak muda di Desa Dagen, dan menumbuhkan minat menulis serta kepercayaan diri dalam diri mereka. Tak hanya itu, kegiatan ini menjadi wadah para remaja untuk mengasah keterampilan menulis yang nantinya akan berguna di masa depan. 



Penulis : 
Zul Fatul Aulia (Sastra Inggris)

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Sri Widodo Agung Suedy S. Si., M. Si

Editor:
Achmad Munandar

#KKNTIMIIUNDIP #LPPMPUNDIP #P2KKN #MENULISKREATIF

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon