Simbang Wetan Terus Bergerak: Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Legalitas Usaha Masyarakat Simbang Wetan!



Campusnesia.co.idDesa Simbang Wetan, Kec. Buaran, Kab. Pekalongan, 06 Agustus 2024 – Mahasiswa KKN UNDIP menggelar acara bertajuk "BERKAH USAHA: Bersama Kita Tingkatkan Legalitas dan Kapasitas Usaha Masyarakat Simbang Wetan" yang sukses meningkatkan legalitas usaha lokal. Bertempat di Pos PAUD Dewi Maryam, acara ini berlangsung pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh lebih dari 30 warga setempat, yang sebagian besarnya adalah pelaku usaha, serta Bapak Khairudin selaku Kepala Desa Simbang Wetan. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa Tim II KKN Undip dengan Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan. Dalam acara ini, Bapak Ahwan dan Bapak Ari dari dinas terkait memberikan materi tentang pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB), yang bertujuan untuk membantu masyarakat Simbang Wetan dalam memperkuat legalitas usaha mereka. 



Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Bapak Khairudin selaku Kepala Desa Simbang Wetan, yang membuka kegiatan dengan sambutan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB), syarat NIB, manfaat NIB, serta bagaimana prosedur pendaftaran yang disampaikan oleh Bapak Ahwan dan Bapak Ari dari Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan. 

“Pendaftaran NIB yang mitosnya kerap kali disangkut pautkan dengan proses birokrasi yang panjang, memakan waktu dan biaya, persyaratan banyak. Pada kenyataannya singkat, cepat, padat, tanpa biaya, sederhana, dan mudah, yaitu dapat dibuat melalui laman atau website Online Single Submission (OSS) dan syaratnya hanya dengan NIK dan nomor handphone atau whatsapp.”  ujar Bapak Ahwan selaku Narasumber.

Selanjutnya, peserta mengikuti sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan untuk mendalami berbagai aspek teknis dan administratif terkait pendaftaran NIB. Selain pemaparan materi mengenai NIB, masyarakat juga didampingi oleh mahasiswa KKN UNDIP dalam proses pendaftaran NIB. Mahasiswa KKN UNDIP memberikan pendampingan langsung dan memastikan setiap peserta mendapatkan bimbingan serta bantuan yang diperlukan untuk menyelesaikan proses pendaftaran NIB dengan lancar melalui website OSS. 

Acara ditutup dengan penyerahan plakat sebagai tanda ucapan terima kasih kepada narasumber atas dukungan mereka dalam memberikan materi mengenai NIB. Melalui acara ini, diharapkan masyarakat Simbang Wetan dapat lebih memahami dan memanfaatkan pendaftaran NIB untuk mengembangkan usaha mereka secara resmi dan legal, serta meningkatkan kapasitas usaha lokal. 



Penulis:
Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023/2024

DPL:
Mujiono Hafidh Prasetyo., SH., M.H., LL.M

Lokasi KKN:
Desa Simbang Wetan, Kec. Buaran, Kab. Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon